BeritaTak Berkategori

BUMN Bertransformasi Mengikuti Perkembangan Teknologi Dan Bertahan Di Masa Pandemi

Mengenal BUMN lebih dalam, BUMN dalam bentuk perseroan dan BUMN dalam bentuk perusahaan umum. Macam-macam BUMN, contoh perusahaan BUMN, contoh Perum,  gambar BUMN. Sistem pengelolaan dan sumber modal, serta Badan Usaha Milik Daerah.

BUMN, BUMD dan Sistem Pengelolaannya.

Seperti yang sudah tertulis di UUD 1945. Bahwa pemerintah memiliki hak untuk melakukan pengelolaan atas kekayaan negara ini. Dan kita juga mengalami bonus demografi, dimana jumlah penduduk dengan usia produktif sangat banyak. Pemerintah Indonesia melalui BUMN dan BUMN mengelola kekayaan negara tersebut dengan memanfaatkan semua yang ada di bumi pertiwi ini. Contoh perusahaan BUMN adalah PT. Pertamina.

Yang termasuk dalam badan usaha punya pemerintah adalah badan usaha yang memiliki hak sumber daya bahkan memiliki hak monopoli atas sumber daya tersebut. Namun tahukah anda, masa pandemi ini banyak sekali perusahaan pemerintah yang mengaku mengalami kerugian, dan banyak juga perusahaan perintah yang melakukan ekspansi bisnis mengikuti perkembangan teknologi, karena sebagian besar karyawannya harus bekerja dari rumah sehingga pengembangan teknologi di perusahaan tersebut juga semakin meningkat.

Sedangkan Badan Usaha Milik Daerah yaitu perusahaan yang dikelola, dimanfaatkan dan juga didirikan oleh pemerintah setempat. Contoh badan usaha milik daerah adalah BPD dan Perusahaan penyedia air daerah. Biasanya perusahaan milik daerah ini mengelola aset-aset yang ada pada daerah tersebut. Seluruh kegiatan dan operasionalnya dilakukan sepenuhnya oleh pemerintah daerah dan hasilnya tentu akan masuk dalam kas daerah. Jadi daerah itu memiliki pendapatan yang asli dari daerah tersebut

BUMN dan Sistem Pengelolaannya

BUMN merupakan salah satu contoh bahwa pemerintah juga berperan dalam kegiatan pembangunan perekonomian. Bentuk bumn terdiri atas persero dan perum contoh badan usaha berbentuk persero adalah PT. Pembangunan Perumahan, PT. Mandiri, PT. Pos merupakan contoh dari BUMN perseroan juga. BUMN memiliki beberapa lini bisnis dan bentuk berdasarkan badan hukumnya. Macam-macam perusahaan BUMN berdasarkan status badan hukumnya meliputi BUMN Perum dan badan usaha milik negara yang sudah berbentuk persero. 

Jenis BUMN bentuk perseroan adalah jenis BUMN yang saham terbesarnya dimiliki oleh pemerintah dan sebagian kecil lainnya dijual ke masyarakat. Contoh badan usaha bentuk perseroan adalah PT Industri Kereta api yang menjadi salah satu contoh BUMN persero di industri pengolahan. Contoh perusahaan perseroan di sektor konstruksi adalah PT. Waskita Karya. Contoh perusahaan persero di sektor informasi dan telekomunikasi ada PT. Telekomunikasi Indonesia. Contoh perseroan di bidang real estate kita memiliki PT. TWC Borobudur, serta contoh persero di bidang pengadaan listrik ada PT. PLN. Contoh Badan Usaha Milik Negara adalah PT. Pembangunan Perumahan.

Meskipun perusahaan BUMN tersebut berstatus perseroan, dan anda sebagai orang biasa juga bisa membeli sahamnya, dan ada juga yang sepenuhnya dimiliki oleh pemerintah saja. Jika anda ingin memiliki saham BUMN, maka carilah perusahaan BUMN dengan kode Tbk dibelakang nama perusahaannya. Karena itu merupakan kode bahwa perusahaan tersebut merupakan sebuah perusahaan terbuka yang sahamnya bisa dimiliki oleh masyarakat luas. Jika disebutkan contoh persero yang menjual sahamnya ke masyarakat antara lain Bank mandiri, PT. PGN dan juga PT. Bukit Asam. Contoh badan usaha milik negara yaitu PT. Semen Baturaja yang juga menjual sahamnya ke publik. Jenis perusahaan BUMN tidak semua menjual sahamnya ke publik, karena jenis perusahaan bumn itu ada 2 yaitu perum dan persero. Perseroan yang merupakan usaha milik negara adalah PT. Aneka Tambang. Sedangkan perum contoh bentuk badan usaha milik negara yaitu PERURI. Dan beruntungnya macam-macam BUMN dimiliki oleh pemerintah.

Perusahaan perum adalah lembaga BUMN yang sahamnya seutuhnya milik pemerintah. Ada macam-macam perum berdasarkan lini bisnis yang dilakukan. Contoh BUMN perum di bidang pengelolaan air yaitu Perum Jasa Tirta, contoh perusahaan perum di bidang percetakan uang ada Perum Peruri, contoh perusahaan umum perum perencanaan dan perlindungan hutan ada Perum perhutani. Berbeda dengan perseroan, fokus utama terbentuknya perum adalah untuk memberikan layanan yang produksi barang dan jasa dengan tingkat kualitas tinggi untuk masyarakat secara umum. Dulu Indonesia juga memiliki jenis perusahaan jawatan. Contoh perjan atau perusahaan jawatan yaitu PJKA namun sekarang sudah berubah menjadi perseroan yaitu PT. KAI. Dan jika diberikan contoh perusahaan jawatan di bidang pertelevisian dulu kita juga memiliki TVRI. Namun Perjan atau perusahaan jawatan sudah tidak ada, BUMN juga mulai berinovasi dengan teknologi.

BUMN dan Contoh Perusahaannya

Badan usaha punya negara berdasarkan status hukum yang dimiliki di Indonesia yaitu perum dan perseroan. Contohnya PT. PLN jadi perusahaan yang mempunyai hak monopoli atas pengadaan listrik di Indonesia. Selain itu kita masih punya banyak sekali perusahaan negara yang lain, seperti Bank BRI yang bergerak dibidang perbankan. RRI yang bergerak dibidang radio dan penyiaran, Telkom bergerak dibidang telekomunikasi, Pos untuk jasa pengiriman barang, dokumen dan pengiriman uang, karena PT. Pos sudah melakukan inovasi terhadap produk layanannya.

Jika di jelaskan jenis usaha yang dikelola oleh bumn adalah jenis usaha yang fundamental, karena pemerintah memiliki hak untuk mengelola aset-aset negara termasuk sumber daya alam dan kekayaan alam lainnya. Selain itu BUMN juga menguasai jenis usaha jasa publik. Seperti Pos Indonesia, Bank BRI, Bulog, Peruri, Pelindo dan masih banyak lagi, yang semuanya itu didirikan untuk memberikan layanan publik yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

BUMN itu milik pemerintah bertujuan untuk memberikan kekuatan ekonomi negara, selain tujuan utamanya adalah menyediakan baik barang maupun jasa bagi masyarakat umum, keuntungan yang diperoleh juga digunakan untuk pengeluaran negara. Pos indonesia, garuda indonesia airways dan asuransi jiwasraya adalah contoh perusahaan negara berbentuk perseroan dan yang termasuk BUMN untuk memenuhi apa yang masyarakat butuhkan. Jenis usaha BUMN sangatlah beragam, contoh badan usaha milik negara bumn di bidang pertambangan adalah PT. Bukit Asam

Selain BUMN, di Indonesia ada juga badan usaha yang tidak dimiliki oleh pemerintah, bukan juga pemerintah daerah, namanya BUMS. Berikut yang bukan contoh bentuk badan usaha milik negara yaitu PT. DJarum, PT Danone, PT Agung Podomoro dan masih banyak lagi. Perusahaan-perusahaan tersebut bukan BUMN tapi memiliki pengaruh untuk ekonomi negara kita. Anda juga bisa memiliki saham perusahaan tersebut karena perusahaan tersebut berbentuk perseroan terbuka yang sahamnya bisa anda beli di bursa.

BUMN Sebagai Aset Negara

Jika anda ingin lebih jauh mengetahui tentang pengertian BUMN dan contohnya dapat melihat dari sumber lain. Dan kita juga mengetahui bahwa BUMN menjadi lembaga negara yang bisa menjadi perpanjangan tangan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya. BUMN memiliki peranan penting bagi perekonomian negara kita, terutama dalam pengelolaan sumber daya yang ada. Tahukah anda bahwa dengan adanya BUMN maka penyerapan tenaga kerja juga meningkat dan ini bisa mengurangi pengangguran yang ada.

Salah satu contoh BUMN adalah PT. INKA yang berhasil mengekspor produknya berupa kereta api ke negara lain. Selain itu kita juga punya Perusahaan lain seperti Telkom, Damri dan PT Kereta Api Indonesia adalah contoh dari perusahaan pemerintah yang juga menyerap banyak sekali tenaga kerja. BUMN yang ada di Indonesia di kelola oleh pemerintah di bawah pengawasan kementerian BUMN. Pengelolaannya harus transparan karena BUMN didirikan bukan hanya untuk melayani masyarakat namun sekaligus menghasilkan laba bagi negara. 

Ada 2 jenis perusahaan milik pemerintah berdasarkan status hukumnya yaitu bentuk perseroan dan bentuk perum. Contoh bumn perum yang didirikan untuk memberikan pelayanan umum adalah perum bulog yang bertugas menjamin ketersediaan beras dalam negeri. BUMN di Indonesia memiliki peranan yang sangat penting. Nama BUMN akan semakin baik di mata masyarakat jika BUMN tersebut mampu menunjukkan kinerjanya dalam melayani masyarakat. Contoh BUMN Perum adalah jasa tirta dan juga perum pegadaian.

Jika disebutkan contoh perusahaan yang termasuk BUMN, Indonesia beruntung karena banyak sekali BUMN di Indonesia, hampir semua lini bisnis pemerintah Indonesia memilikinya. Contoh bentuk BUMN yang menguasai pasar listrik nasional adalah PLN. PT. PLN adalah satu satu contoh perusahaan milik negara yang memiliki hak monopoli atas pasar listrik di Indonesia. Kita tidak akan menemukan perusahaan lain yang memiliki bisnis pasokan listrik selain PLN. Gambar usaha BUMN sudah jelas dan kegiatannya dilindungi oleh undang-undang. Dan BUMN juga memiliki aset yang bisa dibilang tidak sedikit. Contoh-contoh BUMN dengan aset terbesar adalah PT. PLN, Bank Mandiri dan Bank BRI. Sedangkan perusahaan yang memiliki aset terbesar dan bukan termasuk BUMN adalah PT. Bank Central Asia.

Semua bisnis BUMN itu penting bagi masyarakat. Contoh usaha BUMN yang sangat penting adalah BBM. BBM adalah gambar usaha PT. Pertamina, karena PT Pertamina menguasai produksi dan distribusi BBM dalam negeri. Jika disebutkan badan usaha milik negara yang merugi juga banyak ditambah lagi disaat pandemi seperti ini. Bahkan lebih dari 15 contoh bumn salah satunya PT. Garuda Indonesia. DIkarenakan pandemi Perusahaan BUMN sekelas Garuda juga bisa merugi. Contoh perusahaan negara yang juga merugi adalah PT. Pertamina dan masih banyak lagi contoh-contoh BUMN yang merugi di tahun 2020-2021 ini.

Contoh perusahaan pemerintah yang berhasil mendapatkan keuntungan di masa pandemi yaitu PT. Telekomunikasi Indonesia. Perusahaan ini adalah contoh badan usaha bumn di bidang telekomunikasi.  PT Telkom dan Telkomsel adalah contoh bumn dan bums yang mampu bertahan karena banyak orang yang membutuhkan jasa mereka. Hampir semua kegiatan sekolah dan pekerjaan dikerjaan secara online. Jika disebutkan 3 bentuk perusahaan negara ada 3 jenis yaitu BUMN, BUMD dan BUMS. Ketiganya bersinergi bersama untuk membangun negeri.

JIka ada daftar perusahaan seperti PT. PLN, PT. KAI dan Bank BCA, Berikut adalah contoh perusahaan milik negara kecuali Bank BCA, karena Bank BCA merupakan BUMS. Memang BUMN dibuat pemerintah agar semua warga negara mendapatkan manfaat yang sama. Dan pemerintah bertanggung jawab atas ketersediaan barang dan jasa. BUMN akan melakukan apa saja agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Dan ditengah himpitan pertumbuhan ekonomi dan juga teknologi, BUMN terus berusaha berinovasi menjadi perusahaan digital yang bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Jika tidak berinovasi secara digital, maka BUMN bisa ketinggalan dan bukan menjadi penopang perekonomian malah menjadi beban perekonomian negara karena terus merugi apalagi di tengah pandemi seperti ini.

Abdurrahman Wahid II

Abdurrahman sudah menggeluti dunia investasi dari tahun 2010 dan terus menggali pengetahuan di dunia investasi dan keuangan dari berbagai sumber.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button