Bursa & SahamInvestasi

Cara Beli Saham Google 2022 untuk Pemula

Panduan membeli saham perusahaan Google, serta informasi terkait cara investasi saham untuk pemula dan juga panduan cara membeli saham perusahaan luar negeri dengan aman dan mudah.

Investasi Dengan Membeli Saham Google

Investasi memang menjadi salah satu cara agar kita bisa memiliki kebebasan secara finansial sedini mungkin. Namun tidak semua orang memiliki pengetahuan tentang investasi membuat mereka mulai takut berinvestasi. Ditambah lagi saat ini banyak sekali penipuan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan investasi. Bahkan tidak tanggung-tanggung kerugian yang diderita akibat penipuan terhadap investasi fiktif ini sampai ratusan juta bahkan milyaran rupiah.

Dengan banyaknya informasi terkait investasi bodong ini, maka banyak orang mulai peduli dan ingin belajar investasi, banyak juga yang bertanya beli saham dimana?, cara beli saham untuk pemula bagaimana? Dan tips berinvestasi dan membeli saham bagi pemula. Investasi khususnya saham memang susah-susah gampang, sebagai investor kita diwajibkan untuk memiliki dasar dan juga pengetahuan tentang saham dan perusahaan-perusahaan yang memiliki potensi besar berkembang pesat, sehingga nilai sahamnya juga bisa meningkat.

ilustrasi aplikasi Google dan Facebook pada smartphone
ilustrasi aplikasi Google dan Facebook pada smartphone

Dan saham teknologi biasanya paling diminati, karena saat ini dunia sudah berkembang dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, hampir semua bisnis membutuhkan teknologi untuk berkembang. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika anda beli saham google ataupun atau saham Facebook. Google dan Facebook/FB merupakan perusahaan yang berasal dari luar negeri. Lantas bagaimana cara beli saham Google dan cara beli saham Facebook tersebut?. Berikut ini ada beberapa langkah yang harus dilalui bagaimana cara bermain saham untuk pemula:

1. Pilihlah Broker Yang Memiliki Reputasi Yang Baik

Saat ini banyak sekali broker online yang beredar, dan sangat mudah bagi anda yang pemula sekalipun memiliki akun di sebuah broker saham. Karena cara main saham untuk pemula langkah awal yang harus dilakukan adalah memilih broker. Tanpa adanya broker maka kita tidak akan bisa memiliki akses ke bursa dan melakukan transaksi penjualan dan pembelian saham. Saham google yang berada di luar negeri ini masuk kedalam bursa saham Nasdaq. Harga saham Google hari ini berada di kisaran 2.729 $ memang jual beli saham perusahaan ini cukup menguntungkan, mengingat banyak sekali orang yang membutuhkan layanan teknologi saat ini.

Dengan banyaknya permintaan atas layanan teknologi yang sudah disediakan oleh Google, maka tidak heran jika banyak investor yang optimis harga saham Google akan semakin naik dan dianggap menguntungkan bagi investor baik dalam jangka waktu yang lama ataupun singkat. Namun pada umumnya seorang investor saham akan berinvestasi dalam jangka waktu yang lama. Bisa saja mereka memegang saham suatu perusahaan dalam beberapa tahun dan melepaskannya disaat mereka meyakini bahwa mereka sudah mendapatkan cukup profit atas saham yang dimilikinya tersebut. Dan memilih broker yang mempunyai kredibilitas baik merupakan suatu keharusan, karena jika tidak, uang yang anda investasikan akan terancam hilang jika ternyata broker tersebut melakukan penipuan. Salah satu broker yang bisa anda gunakan untuk membeli saham Google yaitu Interactive Brokers.

2. Membuka Akun

Setelah menemukan broker saham, seperti IB atau Interactive Brokers Indonesia, anda bisa mengunjungi website resminya langsung untuk melakukan registrasi dan mendapatkan akun dari broker saham tersebut. Untuk melakukan registrasi dibutuhkan alamat email yang masih aktif, dan juga identitas diri seperti KTP ataupun Passport. Isi semua data yang disediakan seperti email, username dan juga kata kunci. Setelah selesai melakukan pendaftaran, cek kembali email anda, dan lakukan konfirmasi pendaftaran dengan mengklik tautan yang diberikan pada email tersebut.

Setelah melakukan verifikasi email, maka masuk kembali ke akun anda dengan menggunakan alamat email dan juga kata kunci yang sudah anda buat saat melakukan pendaftaran. Setelah itu pilihlah jenis atau tipe customer yang anda inginkan, mata uang yang akan digunakan, dan bagaimana anda bisa mengenal broker saham ini. Untuk bagian customer type pilihlah individu, dan mata uang yang digunakan bisa anda pilih USD. Setelah itu untuk melengkapi data pribadi anda, anda harus mengisi formulir yang sudah disediakan pada akun anda tersebut. Data pribadi ini meliputi nama, alamat, tanggal lahir, kode pos dan juga informasi kontak anda. Untuk panduan panduan lengkap dalam membuka akun di Interactive broker anda bisa mengunjungi tautan berikut ini.

3. Melakukan Deposit

Setelah akun anda berhasil dibuat, maka langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah melakukan deposit. Tanpa melakukan deposit maka anda tidak akan bisa melakukan transaksi baik membeli atau menjual saham di bursa. Oleh sebab itu anda harus melakukan deposit agar anda bisa dengan mudah membeli saham apa saja yang anda inginkan di bursa. Cara main bursa saham itu tidaklah sulit, namun menentukan saham mana saja yang layak untuk dijadikan investasi itu yang tidak mudah, karena dibutuhkan analisis baik dari segi internal maupun eksternal perusahaan. Salah satunya adalah menggunakan laporan keuangan sebagai parameter untuk melihat kemampuan manajemen perusahaan dalam memajukan perusahaan tersebut.

4. Beli Saham Google

Setelah anda berhasil membuat akun di sebuah broker saham dan berhasil melakukan deposit, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mencari saham yang anda inginkan termasuk saham google, keuntungan membeli saham luar negeri memang agak rumit, karena hanya broker-broker tertentu saja yang menyediakan layanan untuk membeli saham di luar negeri, oleh sebab itu jika anda masih bingung untuk membeli saham dari luar negeri anda bisa mencari panduan investasi saham dan cara membeli perusahaan luar negeri melalui orang terdekat anda yang lebih memahami cara membeli saham perusahaan asing atau ikuti seminar-seminar investasi yang biasanya diadakan oleh komunitas investor saham.

Dengan mengikuti beragam komunitas investasi saham, maka anda akan mendapatkan teman-teman dan informasi seputar saham, bahkan tak jarang dari mereka kadang memberikan tutorial saham secara gratis dan cara memilih saham bagi pemula. Investasi di pasar modal memang menarik, namun anda juga harus mempertimbangkan resikonya ya, karena investasi dalam bentuk apapun tetap memiliki resiko. Jadi tetap waspada dan hati-hati dalam memilih saham, saham Google memang bagus, namun harganya tidak murah, jadi butuh modal yang tidak sedikit untuk membelinya.

5. Amati Posisi

Setelah melakukan pembelian saham, bukan berarti semuanya sudah selesai. Anda memiliki tugas baru, yaitu mengamati posisi saham anda di pasar secara berkala. Jika dari saham tersebut nilai investasi anda naik dan anda sudah mendapatkan keuntungan, anda bisa melepaskan saham tersebut atau menjualnya, dan membeli saham lagi disaat harganya sedang turun. Sebagai investor yang cerdas, anda harus terus belajar dan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membeli saham, dan kapan waktu yang tepat untuk menjualnya. Karena harga saham itu akan naik dan turun secara berkala. Oleh sebab itu, anda harus mengeceknya secara berkala. Jangan sampai kehilangan kesempatan menjual saham di harga tinggi atau membeli saham di harga terendahnya.

Tentang Saham Google

Google merupakan sebuah perusahaan raksasa teknologi yang berkantor pusat di di California, Amerika Serikat. Google menjual produk-produk jasa internet dan berkembang sangat pesat. Saat ini harga saham Google harganya diatas 2.700$ pada saat artikel ini ditulis, meskipun harga sahamnya tergolong mahal, banyak sekali orang yang tertarik untuk membeli saham perusahaan ini. Hal ini dikarenakan perusahaan ini adalah sebuah perusahaan jasa internet yang sangat besar, dan banyak sekali investor yang tertarik untuk berinvestasi di berbagai perusahaan teknologi seperti Google dan juga facebook. 

Tampilan harga saham facebook dan google di bursa
Tampilan harga saham facebook dan google di bursa

Masa depan perusahaan teknologi memang sangatlah cerah, karena saat ini semua orang membutuhkan layanan teknologi. Dan semua lini bisnis sudah mulai beralih ke dunia digitalisasi. Karena kebutuhan akan teknologi yang semakin meningkat, maka perusahaan penyedia layanan internet dan juga teknologi seperti Google dan Facebook juga semakin berkembang pesat. Dan harga saham dari perusahaan ini juga semakin naik dari waktu ke waktu.

Performa Google

Beberapa tahun belakangan ini saham Google semakin meroket harganya, Sejak IPO di tahun 2004, harga saham Google berada di kisaran harga 50,22$, dan di tahun 2010 naik menjadi 257,24$ di tahun 2018 harganya mencapai lebih dari 1.000$ dan saat ini harganya mencapai 2.700$. Dengan performanya yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, dan dibuktikan dengan harga sahamnya yang semakin meningkat. Ini adalah sebuah bukti, bahwa perusahaan teknologi ini mampu bertahan dan juga semakin berkembang pesat.

Banyak hal yang melatarbelakangi pertumbuhan perusahaan sekelas Google ini, salah satunya kebutuhan masyarakat akan teknologi dan informasi berbasis internet yang semakin meningkat dari waktu ke waktu. Dan juga sistem digitalisasi hampir di semua lini kehidupan dan juga bisnis yang memberikan perubahan baru bagi masyarakat untuk hidup lebih praktis dengan bantuan teknologi.

Saham Google Dari 2018 sampai Agustus 2021

Perubahan positif saham google dalam 5 tahun
Grafik saham google

Performa saham Google dari tahun 2018 sampai dengan Nov 2021 terlihat sangat positif, dari grafik diatas nampak memang saham Google naik dan turun, namun secara umum saham ini bergerak naik sampai hari ini. Dan hal ini membuktikan bahwa turunnya harga saham Google ini hanya sebagai koreksi sesaat saja. Sampai akhirnya mencapai harga tertingginya mencapai di kisaran harga 2.922$.

Membeli Saham Google Saat Ini.

Bisa dipastikan bahwa saat ini adalah harga tertinggi dari saham Google, Namun apakah ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan investasi di saham google ini? Jawabannya adalah tidak. Karena membeli saham suatu perusahaan di harga tertinggi tentu sangat beresiko. Karena bisa saja setelah mencapai harga tertingginya maka salah tersebut malah berbalik arah dan melakukan koreksi karena terlalu jenuh. Oleh sebab itu, sebaiknya menunggu sampai saham ini selesai melakukan koreksinya. Jika memang ingin membeli saham sebuah perusahaan, maka belilah disaat harganya berada di titik terendahnya, bukan saat berada di titik tertingginya seperti yang terjadi pada saham Google saat ini.

Mempelajari Cara membeli Saham Dengan Akun Demo

Jika banyak dari kalian yang merupakan investor saham pemula dan membutuhkan tutorial saham secara gratis, maka anda bisa melakukannya dengan menggunakan simulator online. Banyak sekali broker yang menyediakan simulator online yang bisa anda gunakan secara gratis beserta guide atau petunjuknya bagaimana cara menggunakan simulator tersebut. Dan bagi Indonesian, jangan khawatir banyak sekali broker-broker internasional yang menerima investor dari Indonesia yang ingin membeli saham di perusahaan-perusahaan internasional.

Simulator perdagangan saham online ini bisa anda dapatkan secara gratis, tujuan para broker memberikan fasilitas gratis ini adalah, agar investor pemula memahami bagaimana caranya membeli saham secara online dan paham menggunakan platform perdagangan saham tersebut. Karena jika tidak mengerti bagaimana caranya menggunakan platform perdagangan online tersebut, maka para investor akan kesulitan saat akan melakukan transaksi di bursa.

Dan jangan khawatir, meskipun simulator trading ini bisa didapatkan secara gratis, simulator ini memang sangat berguna dan cara penggunaannya sama dan tidak ada bedanya, yang membedakan hanyalah uang yang digunakan pada simulator atau akun demo hanyalah uang fiktif yang tidak bisa kita cairkan jika kita berhasil mendapatkan keuntungan, dan kita juga tidak akan rugi, jika pada akhirnya trading yang kita lakukan merugi.

Tujuan simulator ini hanyalah sebagai sarana belajar bagi pengguna baru atau investor baru, untuk lebih memahami bagaimana caranya menggunakan platform trading dengan baik dan benar, daji jika pada akhirnya mereka akan memutuskan untuk berinvestasi, maka mereka sudah mengetahui bagaimana caranya menggunakan platform tersebut dan mengerti cara kerja platform tersebut.

Dana Yang Dibutuhkan Untuk Membeli Saham Google

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa saat ini harga saham Google mencapai $2.729 per lembarnya. Jika dirupiahkan dengan rate 1$ setara dengan Rp.14.381 maka uang yang dibutuhkan untuk membeli 1 lembar saham Google adalah sekitar 39 jutaan dan jika anda ingin membeli 10 lembar saham, maka dana yang anda butuhkan adalah 390 jutaan, Dan ini bukanlah jumlah yang sedikit, apalagi bagi investor pemula.

Memulai investasi dengan modal yang besar memang sangat beresiko dan juga banyak orang yang tidak berani melakukannya, karena mereka belum memiliki pengalaman, sehingga bayang-bayang akan kegagalan dan merugi masih sangatlah tinggi. Berbeda dengan orang yang sudah memiliki pengalaman dengan investasi, mereka akan bisa melihat peluang apapun dari investasi yang akan dilakukan. Namun jangan khawatir, bagi anda yang memiliki dana minim, namun ingin membeli saham Google, maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan trading saham CFD.

Contract Of Different Untuk Trading Saham Google

CFD adalah sistem trading dengan bantuan margin dari broker, jadi jika anda memiliki dana minim namun masih ingin membeli saham Google, Trading CFD adalah solusinya. Misalkan anda memilih leverage 1 : 1000, maka dana yang anda butuhkan untuk membeli saham Google adalah hanya 1/1000 dari harga tersebut, sedangkan 999 lagi broker yang menyediakan.

Contohnya misal harga saham Google saat ini 2.700$ dan anda trading dengan sistem CFD dengan leverage 1 : 1000, maka modal yang anda perlukan untuk trading adalah 1% dari 2.700$ yaitu 2,7$ saja per lembar sahamnya, namun trading dalam kontrak CFD biasanya per lot dan minimal 0,01 lot. 1 lot terdiri dari 100.000 unit artinya 0,01 lot itu setara dengan 1.000 unit. Jadi untuk membeli saham Google dengan leverage 1:1000 dan jumlah lot 0,01 maka dana yang dibutuhkan adalah 270$ saja.

Apa Itu CFD?

CFD atau Contract Of Different merupakan salah satu jenis kontrak dimana pembeli dan penjual membuat sebuah kesepakatan untuk membayar selisih harga dari perdagangan yang ada di market. Broker akan memberikan pinjaman kepada trader supaya trader bisa melakukan transaksi perdagangan meskipun dengan modal minim. Namun meskipun modal minim, namun ada batasan minimal modal yang diterapkan oleh broker kepada para trader agar bisa memasuki pasar.

Menganalisa Saham Google

Jika anda melakukan transaksi menggunakan CFD, maka cara menganalisa saham google sama seperti  saat anda melakukan analisa forex. Perdagangan saham juga dipengaruhi oleh berita-berita fundamental. Baik yang berasal dari dalam perusahaan itu sendiri, maupun dari negara tempat perusahaan tersebut berasal. Berita fundamental ini memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap harga saham.

Selain berita-berita fundamental, bisnis perusahan juga sangat mempengaruhi cara manajemen perusahaan mengendalikan jalannya perusahaan tersebut. Pada saham, laporan keuangan memiliki peranan yang sangat penting bagi investor dan juga calon investor. Mengapa? Karena dengan melihat laporan keuangan sebuah perusahaan, maka kita akan mengetahui bagaimana kinerja perusahaan dari waktu ke waktu. Semakin baik sebuah laporan keuangan, maka akan berpengaruh positif terhadap harga saham di pasar.

Kesimpulan

Setelah membahas panjang lebar terhadap saham Google, maka bisa kita simpulkan bahwa Google memang sebuah perusahaan teknologi yang sangat besar, pertumbuhan perusahaan yang semakin meningkat dari tahun ke tahun membuat banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi dan membeli saham google. Meskipun harga saham google cukup tinggi, masih banyak sekali investor yang tertarik untuk berinvestasi di perusahaan raksasa jasa teknologi internet tersebut.

Pertumbuhan perusahaan dari tahun ke tahun juga semakin baik. Dan Agustus 2021 Google berhasil mencapai harga saham tertingginya. Hal ini membuktikan bahwa pandemi memberikan dampak yang luar biasa pada pertumbuhan teknologi dunia, dan semua orang membutuhkan jasa Google karena semua lini bisnis mulai melakukan digitalisasi secara masal. Namun Jika anda ingin membeli saham Google sekarang, secara CFD mungkin bisa memberikan keuntungan. Namun membeli saham Google melalui broker saham mungkin sedikit beresiko, mengingat saat ini Google sedang mencapai harga tertingginya. Karena agar investasi anda berhasil, sebaiknya anda membeli saham di saat harga saham itu rendah dan menjualnya kembali jika harga saham tersebut naik.

Abdurrahman Wahid II

Abdurrahman sudah menggeluti dunia investasi dari tahun 2010 dan terus menggali pengetahuan di dunia investasi dan keuangan dari berbagai sumber.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock detected

Please, disable the adblocker. Otherwise, we will not be able to show all the beauty of the content on this page