Belajar trading

Trading Emas Online, Cara Lain Menghasilkan Uang Di Tengah Pandemi

Diverifikasi oleh Profesor – Hanif Muhammad

Memberikan informasi tentang trik trading emas dan trading yang aman sehingga bisa memberikan pendapatan disaat pandemi seperti ini. Cara trading emas online yang bisa dilakukan oleh siapapun juga.

Emas adalah salah satu jenis investasi yang tahan dengan inflasi. Dan dari dulu juga orang sudah tahu bahwa emas memiliki nilai jual dan bisa dijadikan sebagai alat untuk menyimpan kekayaan. Jika dulu orang menyimpan emas hanya dalam bentuk fisiknya saja, bisa berupa emas batangan ataupun perhiasan, dengan bantuan teknologi yang kian maju dan juga berkembang, saat ini banyak juga orang yang berinvestasi emas secara online.

Trading Emas Secara Online

Sebenarnya konsep perdagangan emas dengan cara online memang sudah dilakukan di beberapa tahun terakhir ini. Hal ini dilakukan dengan bantuan teknologi seperti internet dan juga komputer atau smartphone. Pergeseran perdagangan emas secara tradisional menjadi perdagangan emas secara online tidak lepas dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

ilustrasi koin emas dan juga grafik perdagangan emas online
Trading emas

Menariknya cara trading emas online ini cakupannya jauh lebih besar, bahkan bisa menjangkau pasar global lho. Dan keuntungan yang didapatkan dari hasil trading emas ini berasal dari selisih positif dari besarnya harga beli dengan harga jualnya. Karena trading emas secara online ini menjangkau pasar global, maka anda memiliki kebebasan untuk memilih waktu yang tepat masuk pasar, baik melakukan pembelian ataupun penjualan.

Di pasar Global, emas atau gold dikenal dengan XAU dan pasangannya biasanya USD atau Dolar Amerika. Dengan sistem perdagangan CFD atau Contract For Different, maka anda bisa melakukan aksi jual tanpa harus membeli dahulu. Jadi konsepnya, anda harus melakukan analisis pasar terlebih dahulu, kemudian tentukan arah pergerakan pasarnya, jika harga akan turun, maka anda harus memasang posisi sell, dan juga harga akan naik, maka anda harus memasang posisi buy. Selisih antara harga buy dan sell inilah yang bisa menjadi keuntungan atau kerugian bagi anda.

Ilustrasi broker forex untuk trading emas online
Broker

Cara Trading Emas

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika perdagangan emas secara tradisional biasanya dilakukan di toko emas, jadi jika anda membeli atau menjual emas yang anda miliki, maka anda harus pergi ke toko emas terlebih dahulu. Namun perdagangan emas secara online konsepnya berbeda, tidak peduli anda tinggal dimana, ada atau tidak toko emas fisik di sekitar anda, selama perangkat anda terhubung dengan internet, maka anda bisa melakukan perdagangan emas secara online. Jadi anda tidak buang-buang waktu untuk mendatangi toko emas tersebut.

Namun trading emas harus dilakukan melalui sebuah broker atau pialang, tanpa adanya broker atau pialang, maka anda tidak akan memiliki akses untuk memasuki pasar tersebut, apalagi melakukan transaksi perdagangan. Sebuah broker akan memberikan layanan kepada anda yang tertarik trading gold online. Dan saat ini sangat mudah menemukan broker untuk bisnis trading emas, ada broker lokal maupun broker Internasional, anda bisa memilih broker mana saja yang anda inginkan. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk trading emas secara online yaitu :’

  • Membuat akun di salah satu broker yang terpercaya
  • Melakukan deposit agar anda bisa melakukan trading. Broker yang profesional dan terpercaya biasanya memiliki segregated account, dimana rekening terpisah dibuat agar dana yang dimiliki trader tetap aman.
  • Memulai untuk melakukan trading emas.

Broker yang mampu menawarkan bisnis trading emas dengan aman, akan memberikan berbagai fasilitas penunjang bagi para tradernya, agar bisa melakukan transaksi perdagangan lebih mudah. Trading yang aman dengan platform trading yang sudah memiliki fitur-fitur penunjang, seperti chart di beberapa frame waktu, indikator penunjang yang bisa membantu trader dalam menganalisis arah pasar, dan juga fasilitas pendukung lainnya.

Ilustrasi trading emas online
Ilustrasi trading emas online

Trading CFD Emas Secara online

Trading CFD ini sudah umum terjadi jika kita melakukan perdagangan secara online. Kontrak perjanjian CFD harus melibatkan sebuah broker, jadi anda tidak bisa melakukannya secara mandiri dengan sistem tradisional ya. Dalam sistem trading emas CFD, anda bisa melakukan perdagangan emas tanpa harus memiliki emas secara fisik.

Jadi emas yang anda beli atau jual itu berdasarkan kontrak CFD dengan satuan yang biasanya digunakan adalah Troy Ounce, 1 Troy ounce sama dengan 31,103 gram. Jika harga emas saat ini sekitar Rp.947.000 jadi harga 1 troy ounce sama dengan Rp.29.454.541. Jumlah yang tidak sedikit tentunya.

Sistem kontrak CFD untuk trading emas online
Kontrak CFD

Namun keuntungan trading melalui broker dengan kontrak CFD ini, anda tidak perlu memiliki uang 30 juta untuk melakukan trading, karena broker akan membantu anda dengan permasalahan ini, yang disebut juga dengan leverage. Jadi dalam kontrak CFD ini berlaku berbagai leverage yang bisa anda pilih dan biasanya broker juga sudah menyediakan leverage tersebut. Misalnya anda memilih leverage 1 :100 dan harga emas dunia saat ini $1.803 maka modal yang anda butuhkan hanyalah 1% dari $1.803 sedangkan 99% lagi broker yang akan menalanginya. Tujuan adanya kontrak CFD ini adalah, agar anda sebagai trader bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

Dengan harga emas dunia sebesar $1.803 maka modal yang anda butuhkan hanyalah sebesar $18.03 saja, sedangkan sisanya adalah uang broker. Disaat anda masuk pasar dengan posisi beli di harga emas saat itu $1.803 kemudian anda keluar  disaat harga emas menjadi $1.833, maka ada selisih antara harga beli dengan harga jualnya sebesar $30. Nah $30 itulah keuntungan yang anda terima. Namun jika anda masuk pasar di harga $1.803 kemudian harga emas terus turun dan akhirnya anda keluar dari pasar di harga $1.783, maka kerugian yang anda derita sebesar $20.

Kelebihan dan kekurangan trading emas online
Trading Emas Online

Keuntungan dan Kerugian Trading Emas Secara Online

Trading secara online memang ada sisi positifnya dan juga sisi negatifnya, begitu juga dengan trading emas, sebelum anda memutuskan untuk trading emas secara online, sebaiknya anda memahami terlebih dahulu apa saja keuntungan dan juga kerugian dari kegiatan tersebut :

Keuntungan Trading Online Emas 

  • Adanya fasilitas leverage, dengan adanya fasilitas leverage yang diberikan oleh broker, maka kita bisa melakukan trading dengan modal yang tidak begitu besar. Misalnya, saat anda memilih leverage 1:100 maka dana yang anda butuhkan untuk trading emas dengan nilai 100$ hanya 1$ saja modal yang harus anda miliki, 99$ dipinjam dari broker. Dan dengan sistem leverage ini, maka semua orang bisa melakukan trading yang menguntungkan.
  • Lebih Hemat, bisa anda bayangkan jika membeli emas fisik dana yang anda butuhkan tentu tidak sedikit, mengingat harga emas saat ini cukup tinggi. Jika anda tidak memiliki modal yang besar, maka akan sangat sulit bagi anda untuk membeli emas, apalagi melakukan transaksi jual beli. Sedangkan trading emas secara online dianggap lebih menguntungkan karena modal yang dibutuhkan juga tidak begitu besar, ditambah lagi broker menyediakan leverage yang bisa membantu kita untuk bisa memasuki pasar global.
  • Tempat dan waktu yang fleksibel, nah salah satu keunggulan trading emas lainnya adalah anda memiliki kebebasan waktu dan tempat untuk melakukan trading, yang anda butuhkan hanyalah jaringan internet dengan perangkat yang sudah tersambung dengan internet. Trading online sangat mudah karena broker sudah menyediakan platform dan juga aplikasi yang bisa anda unduh di perangkat anda, sehingga kegiatan trading bisa anda lakukan kapan saja dan dimana saja. Pasar akan buka selama 24 jam dalam 5 hari secara non stop.

Kerugian atau kekurangan Trading Online

Setelah membahas kelebihannya maka sekarang saatnya kita akan membahas tentang apa saja kekurangan dari trading emas online ini, karena dalam investasi pasti ada sisi positif dan negatifnya yang perlu kita ketahui. Langsung saja, inilah sisi minus dari trading emas online :

  • Besarnya return sama dengan besarnya resiko, Broker memang memberikan kemudahan bagi trader dengan modal minim, sehingga keuntungan yang bisa kita dapatkan dari trading online ini memang maksimal, namun kerugiannya juga sama besarnya, jadi tidak ada istilah trading emas tanpa loss dalam trading CFD ini. Oleh sebab itu, diperlukan kehati-hatian dan juga kemampuan analisis yang benar sebelum memutuskan untuk mengambil posisi di pasar.
  • Ada biaya yang harus ditanggung, Broker sebagai jembatan anda untuk memasuki pasar akan memberlakukan biaya layanan yang harus anda bayar, seperti swap dan lain sebagainya, bahkan broker lokal biasanya memberlakukan biaya trading sebesar 35$ per lot, namun banyak broker asing yang memberikan bebas biaya layanan, namun dengan spread tinggi. Jadi berhati-hatilah saat memilih broker, pastikan broker tersebut terpercaya, biaya layanan yang transparan dan lain sebagainya agar anda bisa trading aman dan nyaman.

Trading Emas Online Aman dan Efektif

Ada banyak sekali broker baik yang lokal maupun yang internasional. Namun untuk keamanan anda sendiri, sebaiknya pilihlah broker yang sudah memiliki izin yang jelas dan regulasi yang jelas juga. Dengan banyaknya jumlah broker saat ini, memang sangat sulit bagi anda untuk memilih broker mana yang bisa dipercaya, yang bisa menjadi partner yang baik untuk kelancaran trading anda.

Broker online biasanya menawarkan banyak sekali pasangan aset yang bisa anda perdagangkan selain emas. Namun cara trading emas yang benar adalah anda harus memahami pasar itu sendiri. Mengingat emas adalah aset yang tidak akan terpengaruh dengan inflasi, biasanya harga emas akan melonjak disaat dolar kehilangan kendalinya. Oleh sebab itu, diperlukan latihan dan juga jangan pernah bosan untuk selalu belajar trading.

Dalam trading dengan sistem kontrak CFD, ada 2 jenis metode analisis yang bisa anda gunakan yaitu :

Kalender ekonomi yang biasanya digunakan sebagai acuan analisis fundamental
Kalender Ekonomi

1. Analisis Fundamental

Analisis fundamental adalah jenis analisis pasar dengan mengandalkan berita-berita yang sedang terjadi saat ini. Berita tersebut bisa saja berupa berita politik, ekonomi, keuangan dan juga bencana. Trader yang berpengalaman pasti akan mengecek kalender ekonomi setiap kali ingin melakukan trading, karena dengan mengecek berita ekonomi, maka mereka akan mengetahui berita apa saja yang akan dirilis hari ini dan seberapa besar akan mempengaruhi pasar secara keseluruhan. Karena jika berita tersebut memberikan dampak yang besar maka analisis teknikal tidak akan berguna sama sekali.

2. Analisis Teknikal

Analisis teknikal adalah jenis analisis yang dilakukan berdasarkan grafik dan juga histori harga sebelumnya. Analisis teknikal bisa dilakukan dengan cara membaca pola pada grafik dan juga menggunakan bantuan indikator yang sudah disediakan pada platform. Analisis teknikal ini bisa digunakan saat tidak ada berita yang dirilis. Namun ketika ada berita yang dirilis, maka anda wajib hati-hati, karena bisa saja harga akan berfluktuasi sangat tinggi.

Contoh analisis teknikal perdagangan emas secara online
Contoh Analisis teknikal

Kedua teknik analisis tersebut sebenarnya bisa anda praktekan dengan menggunakan akun demo. Jadi anda bisa trading emas tanpa modal, karena dengan membuka akun demo, maka sudah disediakan modal. Karena itu adalah akun demo, jadi jangan berharap anda bisa menarik keuntungan jika hasil trading di akun demo anda ternyata profit. Akun demo itu dibuat dan ditujukan sebagai sarana belajar.

Sama seperti forex ataupun saham, sebelum masuk ke pasar anda wajib melakukan analisis terlebih dahulu. Praktekan dengan menggunakan akun demo, gunakan teknik analisis apapun yang anda ketahui dan tradinglah dengan akun demo seolah-olah anda trading dengan menggunakan akun riil. Jadi  anda bisa dengan sungguh-sungguh melakukan analisa tersebut. Akun demo sangat dianjurkan untuk para trader pemula, terutama untuk mengenal berbagai fitur yang tersedia pada platform trading.

Tips Dan Trik Trading Emas

Perlu diketahui bahwa trading emas secara online merupakan salah satu business dan juga investasi dengan resiko tinggi, oleh sebab itu anda harus mempersiapkan diri, bukan hanya saat anda berhasil mendapatkan keuntungan, namun kenyataan bahwa anda harus merugi juga perlu dipersiapkan. Tingkat kerugian sebenarnya bisa diminimalisir dengan manajemen risiko yang baik. Dan sebelum trading, ada beberapa trik dan juga tips untuk anda :

  • Berlatihlah Dahulu Dengan Menggunakan Akun Demo.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, akun demo sangat membantu anda terutama para pemula untuk lebih mengenal platform perdagangan beserta fungsi-fungsi dan indikator yang ada pada platform tersebut. Akun demo juga bisa digunakan sebagai sarana untuk melatih kemampuan anda dalam menganalisis yang menentukan hasil trading. Akun demo ini biasanya sudah terdapat dana virtual yang bisa anda perdagangkan. Namun karena ini dana virtual tentunya hasil trading tidak akan mempengaruhi kondisi keuangan anda. Ketika anda bisa menghasilkan profit di akun demo, maka uangnya tidak bisa dicairkan, begitu juga sebaliknya, ketika pada akun demo merugi, maka anda tidak akan kehilangan uang sepeserpun.

  • Perhatikan Manajemen Resiko

Manajemen risiko sangat penting saat anda melakukan trading emas dengan kontrak CFD, tujuan manajemen risiko tersebut adalah untuk mengendalikan resiko yang mungkin saja terjadi, sehingga tidak akan berdampak besar dan membahayakan modal yang anda miliki. Tanpa manajemen risiko, maka dana investasi yang anda miliki akan terancam hilang yang diakibatkan tingkat fluktuasi harga yang tidak terkendali sementara modal yang anda miliki tidak mampu menahannya, akibat terburuknya bisa terjadi margin call. Jadi jangan pernah lupa untuk menggunakan manajemen resiko setiap kali trading, baik memasang stop loss, take profit maupung trailing stop.

  • Perhatikan Sentimen Pasar

Analisis fundamental menuntut anda untuk selalu update atas berita apapun yang sedang terjadi di dunia, karena ada saja berita yang memberikan dampak negatif dan positif bagi pasar. Hindari trading saat berita akan dirilis, karena saat berita akan dirilis biasanya arah pergerakan pasar belum jelas. Oleh sebab itu, kebanyakan investor akan bersikap menunggu, namun ada saja aktivitas investor besar dunia yang kadang ikut mempengaruhi harga pasar. Oleh sebab itu tetap berhati-hati saat berita fundamental akan muncul.

  • Pahami Dengan Benar Cara Menggunakan Platform Trading

Platform trading yang tersedia biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai fitur. Banyaknya fitur tersebut kadang membuat para trader kebingungan, terlebih lagi trader pemula yang baru saja mengenal fitur-fitur utama. Platform trading seperti MT4 dan MT5 memiliki banyak sekali fitur yang biasanya digunakan untuk melakukan analisis secara teknikal. Indikator-indikator yang tersedia juga bisa anda gunakan untuk membantu anda dalam melakukan analisis secara teknikal. Jadi pelajari semua fitur yang diperlukan, dengan memahami fungsi-fungsi yang ada pada platform, maka anda akan lebih mudah melakukan analisis.

  • Kenali Garis Support dan Resistance

Support dan resistance merupakan sebuah garis yang sangat menentukan arah pergerakan harga. Dengan mengenal support dan resistance, maka anda akan tahu kapan waktu yang tepat untuk masuk pasar.

Mengenal garis support dan resistance dalam analisis teknikal
Garis Support dan resistance

Kesimpulan

Trading emas secara online memang menarik, karena modal yang dibutuhkan tidak besar, namun resiko juga sebanding dengan tingkat keuntungan yang bisa saja anda dapatkan. Karena ini adalah investasi yang resiko tidak tanggung-tanggung, maka sebaiknya anda berhati-hati, tidak semua orang bisa sukses dalam trading, namun trading bisa dipelajari jika anda menginginkannya, maka anda juga bisa menjadi trader yang sukses di kemudian hari.

Tidak ada trader yang sukses dalam sekali mencoba, oleh sebab itu sebelum anda memutuskan untuk membuka akun riil di sebuah broker, sebaiknya anda membuka akun demo terlebih dahulu, pelajari semua tentang trading, mulai dari cara menganalisa sampai dengan cara menggunakan fitur-fitur yang ada pada platform. Untung dan rugi dalam trading adalah hal yang biasa, namun akan menjadi luar biasa saat anda pada akhirnya bisa konsisten untuk menghasilkan keuntungan meskipun keuntungan itu tidak seberapa. Itu jauh lebih baik dibandingkan merugi dan berakhir pada kebangkrutan.

Dan satu lagi, hindari bersikap rakus dan kurang bersyukur dalam trading, kendalikan emosi anda, jangan pernah masuk pasar ketika emosi anda tidak stabil, karena disaat emosi anda tidak stabil, maka besar kemungkinan keputusan yang anda ambil saat trading biasanya salah, dan ini sangat beresiko terhadap modal anda. Dan jangan lupa, tetap fokus pada tujuan dan juga gunakan manajemen resiko, karena hanya manajemen risiko yang mampu mengendalikan besarnya tingkat kerugian yang mungkin saja terjadi saat anda salah dalam mengambil keputusan dalam trading. 

Ilustrasi manajemen resiko dalam trading online
Manajemen Resiko

Trading emas secara online ini adalah bisnis yang beresiko, jadi jangan pernah main-main saat anda mengelola akun riil anda, jika anda ingin bereksperimen, maka gunakanlah akun demo, karena akun demo bisa digunakan oleh siapa saja, bukan hanya untuk mereka yang pemula, untuk mereka yang berpengalaman, akun demo bisa dipakai untuk mengkonfirmasi analisis yang sudah dilakukan namun masih diragukan. Bukankah lebih baik anda merugi di akun demo daripada merugi di akun riil?, Jadi tetap hati-hati dan waspada, bukan pada broker saja, namun saat anda mulai memasuki pasar juga. Pilihlah broker yang memiliki legalitas resmi, dan jangan lupa juga baca testimoni tentang broker tersebut, karena sangat mudah mencari review sebuah broker perdagangan emas di Internet. Ikuti forum-forum perdagangan online, karena disana banyak sekali trader senior yang tak segan membagikan ilmunya secara gratis kepada anda. Dan hal ini tentu akan sangat menguntungkan, selain memperbanyak teman, anda juga mendapatkan ilmu secara gratis.

Abdurrahman Wahid II

Abdurrahman sudah menggeluti dunia investasi dari tahun 2010 dan terus menggali pengetahuan di dunia investasi dan keuangan dari berbagai sumber.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock detected

Please, disable the adblocker. Otherwise, we will not be able to show all the beauty of the content on this page