Robot

Rekomendasi Software Gratis Untuk Analisa Teknikal Saham

Informasi tentang berbagai software yang bisa digunakan oleh para trader dan juga investor saham untuk melakukan analisis saham secara teknikal, dan membantu para investor dan juga trader dalam mengambil keputusan.

Rekomendasi Beberapa Software Analisa Teknikal Saham

yang Bisa Digunakan Secara Gratis

Software gratis analisa teknikal saham menjadi salah satu pilihan bagi para investor saham maupun trader saham yang bisa membantu mereka dalam melakukan analisa harga saham. Software ini khusus digunakan untuk analisa secara teknikal agar para investor mengetahui kapan waktu yang paling tepat untuk membeli dan juga menjual saham. Software yang bisa digunakan untuk membantu melakukan analisa secara teknikal ada banyak sekali di pasaran saat ini. Namun ada juga software gratis analisa teknikal untuk membantu dalam melakukan analisis secara teknikal ini.

Analisa Teknikal Pada Saham

Analisa teknikal saham merupakan salah satu metode yang bisa digunakan untuk melakukan analisa terhadap harga saham dan kemana arah pergerakan harga saham tersebut. Teknik analisis ini tentu membutuhkan keahlian dalam merangkum data harga saham baik secara bulanan, tahunan, nilai tertinggi saham dan nilai terendah saham tersebut. 

Analisis saham secara teknikal ini bisa dilakukan dengan bantuan software gratis khusus analisis teknikal. Tapi perlu diketahui, bahwa banyak sekali software analisa teknikal saham yang gratis yang tidak aman digunakan, karena kemungkinan data privasi bisa saja bocor. Ditambah lagi terkadang software tersebut tidak akurat, jadi meskipun sudah menggunakan software analisa teknikal untuk saham, anda harus tetap bijak dalam mengambil keputusan, dan tidak hanya mengandalkan software saja untuk melakukan analisa tersebut.

Fungsi dari Analisa Teknikal Pada Saham Bagi Investor

Analisa teknikal tentu memiliki fungsi dan juga manfaat bagi trader dan juga investor saham. Oleh sebab itu banyak sekali orang yang menggunakan software gratis analisa teknikal maupun software analisa teknikal yang berbayar. Berikut ini adalah fungsi atau tujuan dari analisa teknikal bagi investor:

1. Dasar Atau Landasan Untuk Jual Beli Saham

Salah satu manfaat menggunakan software untuk melakukan analisis teknikal adalah agar investor mengetahui harga yang paling tepat untuk membeli saham dan juga harga yang pas untuk menjual saham.

2. Untuk Mengetahui Arah Pergerakan Saham

Analisis teknikal ini bekerja dengan cara membaca chart atau grafik harga saham, sehingga investor bisa mengetahui kemana arah pergerakan saham tersebut, meskipun tidak bisa menjamin 100% berhasil, namun setidaknya dengan melakukan analisis maka anda bisa memperkirakan kemana arah pergerakan harga saham tersebut jika tanpa ada gangguan dari berita-berita fundamental.

3. Mengatur Profit

Dengan menggunakan analisa teknikal saham ini, maka anda bisa mengukur seberapa besar profit yang anda targetkan dan juga jangka waktu dalam investasi dan trading tersebut.

Beberapa Rekomendasi Software Analisa Teknikal Saham Yang Gratis

Berikut ini adalah beberapa software analisa teknikal yang bisa anda gunakan secara gratis untuk membantu anda dalam menentukan harga dan juga waktu yang tepat dalam membeli ataupun menjual saham :

1. Chartnexus

Chartnexus adalah salah satu software gratis yang bisa digunakan untuk membantu anda dalam melakukan analisis teknikal. Meskipun memiliki fitur yang standar dan sederhana, namun software ini cukup akurat dan bisa membantu anda dalam mengambil keputusan terkait trading saham.

unduh

2. Meta Traders

Meta Traders merupakan software yang paling terkenal dan yang paling sering digunakan oleh trader dan juga investor untuk melakukan analisis secara teknikal. Fitur-fitur yang ada pada metatrader cukup lengkap, sehingga software ini cukup digemari oleh banyak investor di seluruh dunia. Ada dua jenis Metatrader yang paling sering digunakan oleh para investor, yaitu Metatrader 4 (MT4) dan juga Metatrader 5 (MT5). Meskipun tidak jauh berbeda, namun masing-masing software analisa teknikal ini memiliki penggemar masing-masing dan yang paling penting, semua data dan juga harga disediakan secara realtime pada aplikasi ini.

unduh

3. IDX Mobile

IDX Mobile merupakan software yang disediakan Bursa Efek Indonesia secara gratis. Dengan menggunakan IDX Mobile maka investor bisa mengecek harga saham secara real time dan juga membaca chart yang disediakan pada software tersebut. Dan sebagai investor anda bisa mengunduh software ini secara gratis.

unduh

4. Amibroker

Amibroker termasuk software yang cukup membantu anda dalam mengambil keputusan dalam investasi saham, karena software ini memiliki fitur yang cukup menarik, salah satunya adalah peringatan kapan harus menjual saham dan kapan waktu yang tepat untuk membeli saham tersebut.

unduh

Perbedaan Analisa Saham Secara Fundamental dan Analisa Teknikal

Setelah membahas tentang software gratis analisa teknikal khusus saham, sekarang mari kita pahami lebih dalam apa perbedaan antara analisis secara fundamental saham dengan analisis secara teknikal untuk saham ini. Karena kedua jenis analisis ini memang tidak bisa dipisahkan dalam suatu kegiatan investasi seperti saham ini. Dan mari memahami fungsi dari masing-masing jenis analisis ini dan manfaatnya bagi para investor. Perhatikan tabel dibawah ini untuk memahami perbedaan masing-masing analisis investasi tersebut:

NoJenis PerbedaanFundamentalTeknikal
1.PengertianAnalisis fundamental saham merupakan jenis analisis yang menggunakan laporan keuangan perusahaan emiten, berita-berita terkait perusahaan, nilai aset perusahaan dan juga berita-berita ekonomi yang bisa mempengaruhi kegiatan perusahaan dan kinerja perusahaan.Analisis teknikal saham adalah jenis teknik analisis yang menggunakan chart atau histori harga saham suatu perusahaan, termasuk harga tertinggi dan juga harga terendah saham tersebut.
2.KegiatanSebagai alat untuk memantau faktor-faktor lain di luar harga saham namun faktor tersebut bisa memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap harga saham.Sebagai alat yang digunakan untuk memantau harga saham dengan menggunakan chart atau grafik serta histori harga saham tersebut.
3.DurasiWaktu yang digunakan biasanya berdasarkan durasi seperti bulanan, kuartal, semester dan juga tahunanWaktu yang digunakan sangat fleksibel, anda bisa mengaturnya mulai dari 15 menit, 30 menit, 1 jam, 4 jam, harian, bulanan bahkan tahunan, sehingga kapan saja anda membutuhkan histori harga, anda bisa melihatnya langsung melalui grafik tersebut.
4Tujuan Analisis fundamental umumnya digunakan oleh orang-orang yang bertujuan investasi, sehingga waktu yang digunakan umumnya jangka panjang.Analisis teknikal biasanya digunakan oleh para trader yang ingin mendapatkan keuntungan dalam waktu yang singkat dan jangka pendek, oleh sebab itu, analisis teknikal biasanya digunakan oleh para trader, bukan para investor.
Perbedaan Analisa Saham Secara Fundamental dan Analisa Teknikal

Setelah melihat penjelasan pada tabel diatas, bisa dipastikan bahwa antara analisis secara fundamental dan analisis secara teknikal sangat jauh berbeda. Dan orang-orang yang menggunakan masing-masing analisis ini tentu mempunyai tujuan yang berbeda pula. Investor biasanya akan menggunakan analisis secara fundamental, oleh sebab itu mereka akan selalu membaca laporan keuangan perusahaan yang sahamnya akan dibeli, selain itu kinerja perusahaan dan lini bisnis perusahaan juga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi para investor tersebut sebelum mengambil keputusan investasi.

Sedangkan para trader biasanya akan menggunakan analisis teknikal sebelum memutuskan untuk membeli atau menjual saham yang dimilikinya. Tak jarang juga para trader ini memanfaatkan indikator-indikator yang sudah disediakan secara gratis dari software gratis analisis teknikal ini, karena indikator-indikator tersebut bisa membantu para trader untuk membaca kemana arah pergerakan pasar.

Abdurrahman Wahid II

Abdurrahman sudah menggeluti dunia investasi dari tahun 2010 dan terus menggali pengetahuan di dunia investasi dan keuangan dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button