Belajar trading

Memahami Lebih Jauh Tentang Analisis Fundamental dan Teknikal

Membahas tentang pentingnya memahami dan melakukan analisis saham sebelum memutuskan untuk membeli saham dari sebuah perusahaan publik. Serta memahami lebih jauh tentang jenis analisis teknikal pada saham dan juga fundamental saham.

Memahami Lebih Jauh Tentang Analisis Fundamental dan Teknikal

Analisis fundamental saham adalah sebuah teknik analisis yang digunakan untuk menganalisa sebuah saham perusahaan dengan mengandalkan data perusahaan dan juga berita-berita terkait dengan perusahaan emiten tersebut. Namun untuk membeli saham sebuah perusahaan tidak hanya cukup berdasarkan analisis fundamental saja, terkadang analisis teknikal juga sangat membantu. Dengan demikian investor bisa menentukan saham mana yang bagus untuk berinvestasi dan saham mana yang tidak layak untuk berinvestasi. Sebenarnya baik analisis secara fundamental maupun secara teknikal memiliki peran penting bagi seorang investor untuk mengambil keputusan investasinya. Dan perlu diketahui bahwa setiap investor pasti memiliki gaya dan teknik analisis sendiri, ada yang lebih menyukai analisis saham secara fundamental yang biasanya dilakukan oleh seorang investor, dan ada juga yang lebih menyukai analisis saham secara teknikal, yang umumnya dilakukan oleh para trader saham.

Jika anda merupakan investor yang ingin mempelajari tentang analisis fundamental saham dan analisis teknikal saham, maka anda wajib membaca artikel ini sampai habis, karena artikel ini akan membahas lebih dalam tentang investasi saham dengan menggunakan analisis fundamental dan analisis teknikal.

Analisis Fundamental

Ilustrasi Analisis Fundamental
Analisis Fundamental

Analisis fundamental adalah sebuah analisis yang sangat erat kaitannya dengan kondisi sebuah perusahaan emiten. Sebagai seorang investor anda tentu ingin menginvestasikan uang anda ke saham-saham yang bisa memberikan keuntungan bagi anda dimasa yang akan datang. Namun masalahnya ada banyak sekali saham yang ada di bursa saat ini, sehingga anda harus melakukan analisis perusahaan mana yang sahamnya memiliki masa depan cerah. Nilai saham perusahaan yang semakin tinggi tentu akan didorong oleh kinerja perusahaan tersebut. Lalu bagaimana cara untuk mengetahui kinerja sebuah perusahaan?

Salah satu fungsi dari analisis fundamental ini adalah agar anda bisa mengetahui kinerja sebuah perusahaan melalui laporan keuangannya. Anda bisa membandingkan data keuangan paling sedikit 3 tahun terakhir untuk mengetahui bagaimana kinerja perusahaan tersebut. Perhatikan detail pada laporan keuangan tersebut seperti ROE dan juga peningkatan keuntungan yang diperoleh perusahaan tersebut dalam kurun beberapa tahun terakhir. Semakin sehat laporan keuangan sebuah perusahaan, maka perusahaan tersebut bisa dikatakan layak untuk kita beli sahamnya.

Jika anda mampu menganalisa dan menyaring data perusahaan-perusahaan yang memiliki sertifikasi baik berdasarkan laporan keuangannya, maka anda bisa mengetahui perusahaan-perusahaan mana saja yang layak sahamnya anda beli dan mana yang tidak. Dan biasanya seorang investor yang melakukan analisis secara fundamental ini merupakan seorang investor jangka panjang. Karena tujuannya adalah tumbuh bersama perusahaan tersebut dan mendapatkan keuntungan dari investasi saham tersebut.

Analisis Teknikal

ilustrasi seseorang yang sedang melakukan analisis teknikal
Analisis Teknikal

Analisis teknikal adalah sebuah teknik analisis yang mengandalkan data dan juga histori harga yang pernah terjadi di pasar saham. Analisis teknikal ini sangat berguna bagi para investor untuk menentukan kapan waktu yang paling tepat untuk membeli atau menjual saham. Analisis teknikal ini bisa dipelajari dan juga bisa diterapkan oleh semua investor saham. Dan biasanya orang yang menggunakan analisis teknikal adalah orang yang berinvestasi di bidang saham untuk jangka waktu yang pendek atau disebut juga sebagai trader saham.

Analisis teknikal bisa membantu trader untuk mengetahui harga saham yang pas untuk dibeli dan harga yang tepat untuk menjual saham. Tidak perduli harga saham itu murah atau mahal, mereka tetap akan membelinya selama hasil analisis mereka mengatakan bahwa saham yang akan dibelinya tersebut akan naik dalam waktu singkat. Dan setelah harga saham naik, maka mereka akan menjualnya. Sehingga mereka bisa menghasilkan keuntungan tanpa harus menunggu waktu yang lama.

Ilustrasi Laporan Keuangan
Laporan Keuangan

Pertanyaan Tentang Teknik Analisis Saham

Banyak sekali investor dan trader saham baru yang belum memahami cara melakukan analisis saham yang benar. Dibawah ini ada beberapa jenis pertanyaan seputar saham dan analisis saham yaitu:

1. Apa fungsi dari analisis fundamental untuk saham

Jawaban : analisis fundamental pada saham memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu sebagai bahan pertimbangan bagi investor sebelum membeli saham perusahaan yang diinginkannya. Saham yang akan dibeli sebaiknya dianalisis dengan benar terlebih dahulu, perhatikan data keuangan perusahaan emiten yang bersangkutan, kondisi keuangan dan kinerja perusahaan. Dengan menganalisa data keuangan perusahaan emiten yang sahamnya akan anda beli, maka anda memiliki alasan yang kuat mengapa memilih untuk membeli saham perusahaan tersebut.

2. Apa saja yang termasuk dalam analisis fundamental?

Jawaban : Yang termasuk dalam analisis fundamental antara lain:

  • Memilih perusahaan yang stabil dan juga solid
  • Memahami laporan keuangan perusahaan emiten yang sahamnya akan anda beli.
  • Perhatikan harga saham acuan
  • Mendapatkan informasi dari sumber yang terpercaya
  • Selalu pertimbangkan Margin Of Safety untuk mengatasi ketidakpastian harga saham.

Selain poin-poin diatas, analisis saham secara fundamental juga harus mempertimbangkan perekonomian baik secara makro ekonomi, mikro ekonomi dan juga analisis industri. Analisis industri ini bersifat spesifik terhadap lini bisnis perusahaan yang sahamnya akan anda beli. Misalnya jika anda ingin membeli saham perusahaan property, maka anda harus mengetahui berita apa saja yang terkait dengan bisnis properti akhir-akhir ini. Semakin valid suatu berita, maka semakin baik pula hasil analisa yang mungkin anda dapatkan.

3. Apa yang dimaksud dengan analisis saham?

Jawaban : Analisis saham adalah suatu teknik yang digunakan untuk mengetahui kemana arah harga saham suatu perusahaan. Analisis saham ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu teknik analisis saham secara fundamental, yaitu dengan mengandalkan informasi-informasi yang berkaitan erat dengan kondisi internal dan eksternal perusahaan, termasuk kinerja perusahaan dan juga kestabilan perusahaan. Selain itu ada jenis analisis teknikal saham yaitu analisis yang digunakan dengan cara melihat histori harga saham terdahulu, yang digunakan untuk mencari waktu yang paling tepat untuk membeli atau menjual saham.

4. Apa resiko membeli saham tanpa melakukan analisis terlebih dahulu?

Jawaban : Resiko yang sudah pasti mengancam para investor jika membeli saham tanpa melakukan analisa terhadap saham yang akan dibeli tentu akan menyebabkan kerugian. Setiap investor yang ingin mendapatkan keuntungan dari investasi sahamnya wajib melakukan analisa terhadap harga saham yang akan dibeli, baik menggunakan analisis secara fundamental maupun secara teknikal. 

Jika anda ingin berinvestasi di bidang saham namun tidak memahami bagaimana cara melakukan analisis baik secara fundamental maupun analisis secara teknikal, maka anda bisa mempelajarinya secara otodidak maupun mengambil kelas sertifikasi saham. Karena dengan memahami cara menganalisis saham dengan baik, maka kesempatan anda semakin terbuka untuk mendapatkan keuntungan dari investasi saham ataupun dari trading saham.

Abdurrahman Wahid II

Abdurrahman sudah menggeluti dunia investasi dari tahun 2010 dan terus menggali pengetahuan di dunia investasi dan keuangan dari berbagai sumber.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button