InvestasiMata uang kripto
Trending

XRP DAN ETC KOIN MANA YANG LAYAK UNTUK INVESTASI JANGKA PANJANG?

Mengenal Lebih Jauh ETC dan XRP

Aset digital merupakan instrumen investasi yang saat ini sangat digemari terutama bagi anak muda. Hal ini dikarenakan anak muda mulai bereksplorasi yang mencari usaha apa yang bagus untuk jangka panjang dan kenapa atau mengapa mereka harus melakukan investasi sejak dini. Investasi jangka panjang adalah jenis investasi yang diharapkan akan memberikan imbalan yang tinggi dimasa yang akan datang berkisar antara 1 tahun lebih. Dan Investasi di aset digital seperti XRP dan ETC cukup menjanjikan entah itu untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

ETC artinya Ethereum classic merupakan salah satu aset digital dengan kapitulasi pasar yang cukup besar dan masuk di no 20 di coinmarketcap.com, saat ini kapitulasi pasarnya sebesar $5,505,073,124. Kepanjangan ETC atau Ethereum Classic adalah jaringan dari buku besar blockchain yang terdistribusi, cryptocurrency asli (ETC) serta ekosistem dari aplikasi dan juga layanan on-chain yang kuat yang digunakan untuk mengelola aset digital tanpa perantara. Jadi arti ETC sebagai kelanjutan dari tumpukan teknologi Ethereum asli yang diluncurkan pada tahun 2015. Jadi jika bitcoin merupakan aplikasi blockchain pertama, maka jika anda bertanya-tanya apa itu ETC, ETC menjadi platform blockchain umum yang digunakan untuk menjalankan lebih banyak aplikasi dari pada bitcoin.

Sedangkan XRP bukanlah kripto tapi sebuah token dari Ripple Network. Ripple labs Inc adalah sebuah perusahaan yang menciptakan produk Ripple. Jadi Ripple artinya sebuah produk yang dibuat untuk transaksi antar negara yang sudah terdistribusi dengan baik dan memiliki tingkat likuiditas yang tinggi, bahkan kapitulasi pasarnya mencapai 30 miliar dollar Amerika. Meskipun banyak sekali masalah yang menerpa, namun masih banyak orang yang percaya bahwa memegang koin XRP dalam jangka panjang akan memberikan keuntungan yang besar.

Prediksi ripple tahun 2018 masih cukup positif sampai pada bulan April 2021 ripple mencapai harga tertingginya, disekitar 1,9$. Sampai saat ini XRP army Sebutan bagi fans atau pemegang koin xrp garis keras terus mencoba prediksi harga ripple semakin meroket, meskipun faktanya ripple saat ini menyentuh harga 0,6$ dan sulit merangkak naik. Bahkan grafik yang ditampilkan tidak bisa memberikan arti tolak ukur sebuah koin layak atau tidak untuk dijadikan instrumen investasi jangka panjang, karena banyak sekali masalah dibalik ripple ini. Ditambah lagi masalah dengan dunia SEC yang menginingkan laporan keuangan perusahaan sekelas Ripple dipublikasi. 

Salah satu alasan terbesarnya adalah 90% koin XRP ini dipegang oleh pemiliknya, salah satunya adalah Jed McCeleb, Dia merupakan tokoh yang sering kali membuat dumping pasar Ripple, ditambah lagi suplai token ini sangat banyak. Bahkan di tahun pertamanya berdiri, tokenomic ripple dicetak sebanyak 100 Milyar token, dan bisa ditambah lagi. Artinya anda tidak perlu khawatir tidak bisa membeli token ini karena stoknya sangat banyak, bahkan tidak akan habis sampai 70.000 tahun yang akan datang. Jadi secara sederhana, karena banyaknya supply inilah yang menyebabkan harga token ini sulit naik meskipun proyeknya sangat bagus yaitu membuat transfer uang secara real time dengan biaya murah.

Antara ETC dan XRP

Jika anda berminat untuk berinvestasi di bidang kripto, maka wajar jika anda bertanya-tanya koin mana yang dapat digunakan untuk investasi jangka panjang, dan yang mana jangka pendek. Singkatan ETC atau Ethereum Classic menjadi salah satu aset digital yang bisa digunakan untuk investasi jangka panjang, saat ini harga ETC berada di kisaran 46$ dan harganya tentu jauh lebih mahal dibandingkan dengan XRP.

Sedangkan XRP adalah jenis tokenomic untuk investasi jangka pendek. Meskipun produk yang dimiliki sangat bagus, yaitu membuat transaksi keuangan antar negara jauh lebih efektif dan efisien, namun perlu dicatat, Ripple menjual teknologi yang dimilikinya, sedangkan XRP merupakan tokenomic yang dimilikinya dan jumlahnya sangat banyak. Bahkan tidak habis sampai 70.000 tahun kedepan. Ditambah lagi kepemilikan xrp di dominasi oleh foundernya, sehingga foundernya sering kali melakukan dumping, meskipun founder xrp sudah berjanji dan memiliki batasan dalam menjual xrp yang dimilikinya.

Dengan banyaknya stok xrp, maka anda bisa memiliki xrp kapanpun anda inginkan. Cara beli ripple paling mudah adalah dengan memiliki akun di exchanger seperti Binance, Indodax ataupun Toko Crypto. Dan anda juga bisa melakukan ripple trade di exchanger tersebut, trading merupakan salah satu cara mendapatkan ripple dan cara lain mendapatkan xrp gratis yaitu dengan free xrp faucet. Xrp faucet adalah cara mendapatkan ripple coin secara gratis yaitu melalui coinfaucet.io.

Pertimbangkan Koin-Koin Lain Untuk Investasi

Sebenarnya banyak sekali koin-koin di market yang potensial, namun belum tentu koin yang berada di market bisa bertahan lama, oleh sebab itu, anda perlu berhati-hati dalam memilih koin mana yang tepat untuk investasi jangka panjang dan jangka pendek. Salah satu koin yang tidak terkenal seperti BCA BTC atau Bitcoin Atom, yang dengan kapitalisasi pasar yang tidak sampai 1.000$, mungkin saja dimasa depan bisa menjadi besar jika projek yang dimilikinya benar-benar bagus. Namun banyak juga shit coin yang memiliki kapitalisasi pasar besar dan besar karena komunitas meskipun proyeknya tidak bagus. Namun kita tidak pernah tahu koin mana yang bisa bertahan 4 – 5 tahun kedepan.

Bitcoin masih menjadi salah satu aset digital yang wajib dimiliki untuk investasi jangka panjang, selain itu jumlah bitcoin juga dibatasi itu juga menjadi alasan kenapa bitcoin bisa ditambang. Dan anda bisa mendapatkan bitcoin dari hasil penambangan bitcoin ini selain itu anda juga bisa menggunakan aplikasi coins.id untuk mendapatkan BTC secara gratis. Selain bitcoin banyak orang juga bisa mendapatkan uang dari nambang ETH. selain itu untuk mendapatkan ethereum secara gratis, banyak orang juga menggunakan faucet ethereum 2017 sampai saat ini.

Ada beberapa faucet terbaik 2017 salah satunya adalah freebitcoin. Banyak orang memilih menggunakan faucet untuk mendapatkan uang dibanding melakukan penambangan karena kegiatan penambangan membutuhkan modal yang cukup besar. Ditambah lagi dengan isu-isu tidak ramah lingkungan karena energi yang digunakan untuk menambang tersebut.

Selain koin-koin diatas, ada juga Litecoin yang juga menarik perhatian. Litecoin ini juga bisa dijadikan alat investasi jangka panjang. Selain trading cara mendapatkan Litecoin adalah dengan cara nambang Litecoin, dengan demikian anda bisa mendapatkan Litecoin free.  

XRP dan Berbagai Masalahnya

Sebenarnya XRP memang memiliki fundamental yang baik, namun meskipun banyak sekali berita baik dari XRP namun tetap saja harga XRP sampai saat ini masih merangkak dan tidak ada perubahan signifikan. Namun banyak dari XRP Army yang percaya ramalan the simpsons yang belum terjadi, dimana di salah satu episodenya menggambarkan XRP to hit 589$. Namun tentunya kita tidak harus mempercayainya 100% karena bagaimanapun perubahan pada teknologi itu pasti ada, dan apa yang diramalkan the simpsons bisa saja terjadi bisa juga tidak, itu hanya sepenggal adegan dalam film kartun saja.

Di dunia Investasi semua bisa terjadi, Ripple vs Bitcoin yang mana yang lebih baik? Untuk saat ini tentu bitcoin. Dan investasi di dunia kripto memang tricky dan anda juga harus memahami arti tricky tersebut agar bisa cuan dan bukan hanya ikut-ikutan. Bila perlu anda bisa bertukar informasi dengan teman-teman yang juga merupakan investor kripto atau btc yang menjadikan komunitas anda sebagai tempat berbagi tentang apapun termasuk apa yang dimaksud dengan ilustrasi digital sebuah koin atau bahkan menjadi sebuah family btc yang solid.

Meskipun XRP tidak seperti bitcoin, namun anda juga perlu mengetahui bahwa ada beberapa poin penting dari XRP yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan anda untuk melakukan investasi, antara lain :

  1. XRP sudah dipercaya lebih dari 300 institusi di dunia termasuk Bank of America dan American Express
  2. XRP diciptakan untuk sistem transfer uang secara reltime dan pertukaran mata uang asing dengan biaya rendah dan cepat.
  3. Termasuk dalam koin hemat energi.

Jadi Bijaklah dalam berinvestasi terutama investasi di mata uang kripto, pilihlah koin-koin yang memiliki potensi tinggi baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Baca dulu isi white paper dari masing-masing koin sebelum anda membelinya, karena banyak sekali koin yang harus terdepak dari market karena tidak memiliki komunitas yang kuat dan juga projek yang bagus.

Abdurrahman Wahid II

Abdurrahman sudah menggeluti dunia investasi dari tahun 2010 dan terus menggali pengetahuan di dunia investasi dan keuangan dari berbagai sumber.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button