Tak Berkategori

Ripple, Token Dengan Berita Yang Selalu Baik Tapi Harga Jarang Naik.

Mengenal Ripple Lebih Jauh

Sebelum kita membahas lebih jauh, maka hal mendasar yang perlu kita ketahui adalah apa itu Ripple dan pengertian ripple itu sendiri. Ripple adalah salah satu aset digital dengan marketcap sebesar $28,622,517,739 yang berada di urutan ke 6 di website coinmarketcap.com. Anda juga bisa melihat informasi tentang cryptocurrency market cap di website tersebut. Xrp market memiliki volume transaksi sebesar $2,030,955,088 dalam kurun waktu 24 jam, artinya transaksi di koin ini sangat besar. Dan peredaran suplainya mencapai 46,216,687,135 XRP. Nah sudah bisa dibayangkan bukan bahwa xrp coinmarketcap sebesar itu.

Jika kita mendengar XRP news akhir-akhir ini, ada beragam berita baik dan buruk yang menerpa XRP, seperti kasusnya dengan SEC yang merupakan komisi sekuritas dan bursa di Amerika Serikat terkait dengan kegiatan ICO yang dianggap oleh SEC sebagai kegiatan ilegal karena tidak dilaporkan atau didaftarkan, sehingga mengakibatkan bentrok antara SEC dan Ripple. meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa Ripple XRP mempunyai proyek yang luar biasa, dimana teknologi yang dimilikinya menawarkan transaksi transfer dan pembayaran dengan cepat, bahkan Bank of America sudah menjadi klien mereka. 

Namun bisa saja Ripple berambisi untuk menjadikan XRP sebagai alat tukar dikemudian hari, seperti sejarah uang, dimana uang diciptakan sebagai satuan alat tukar dan alat pembayaran. Ripple bisa saja menjual teknologinya, dan untuk menikmati teknologinya harus menggunakan koin nya atau dengan kata lain xrp menjadi Swift coin agar transfer antar negara bisa dilakukan dengan cepat. Jadi Ripple artinya memiliki teknologi yang tidak dimiliki oleh bank, sehingga para investor percaya xrp ripple akan menjadi salah satu coin yang memiliki harga tinggi di masa depan. Fans XRP Indonesia bahkan sangat optimis dengan peluang investasi di ripple market.

Ripple ini didirikan pada tahun 2012, dan teknologi yang dikembangkannya melalui Ripple lab adalah mempercepat transaksi lintas batas berbiaya rendah. Tujuan utama dari sistem pembayaran lintas batas tanpa memerlukan kode SWIFT seperti bank. Kepanjangan SWIFT adalah Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication, tanpa adanya kode SWIFT maka uang yang anda transfer tidak akan sampai ke tujuan. Dan parahnya biaya transaksi tersebut tetap harus anda bayar, dan tentunya tidak murah, saat ini rata-rata biaya transaksi transfer ke luar negeri dengan nominal 100$ kebawah dikenakan biaya 25$, dan biaya ini tentu tergolong mahal. Oleh sebab itu, ripple memberikan jaringan mata uang agar bisa ditransfer dengan biaya murah dan cepat.

Jika dibandingkan dengan bitcoin marketcap, maka xrp market cap jauh di bawahnya. Ripple adalah tokenomic sedangkan bitcoin adalah blockchain. Ada cara untuk mendapatkan ripple coin yaitu dengan trading xrp/btc. Xrp mining atau mining xrp  mungkin saja dilakukan, tapi mengingat harganya yang sangat murah maka untuk mendapatkan ripple lebih baik dengan cara beli ripple di exchanger. Jika anda penasaran 1 XRP berapa rupiah, maka 1 xrp hanya sekitar Rp.8.900 dan xrp btc berada di kisaran 0,00001883 btc. Bahkan harga xrp lebih murah jika dibandingkan dengan nexcoinz (Nex) yang harganya lebih dari 1 dolar meskipun marketcaps berada di urutan 520. Artinya peminat ripple coin Indonesia sangat besar, komunitas ripple Indonesia sering disebut juga sebagai ripple army, sedangkan hatersnya sering disebut tonokers. Dan tak jarang mereka saling singgung di sosial media.

Ripple  Vs Bitcoin

ripple bitcoin
sumber: https://www.investopedia.com/tech/whats-difference-between-bitcoin-and-ripple/

JIka dibandingkan dengan bitcoin, ripple vs Bitcoin sangat berbeda, bitcoin memiliki suplai yang terbatas, sedangkan xrp coin jumlahnya tidak tidak terbatas karena perusahaan mempunyai kendali atas xrp dan bisa mencetaknya kembali. Sedangkan BTC jumlahnya terbatas dan tidak tahu pasti siapa penciptanya. Berdasarkan ripple xrp news 90% ripple coin dimiliki penciptanya, oleh karena itu pencipta ripple coin memiliki kendali yang kuat atas koin tersebut, dan tak jarang, meskipun banyak sekali ripple coin news yang baik tapi tidak mampu membuat harga ripple naik.

Hal ini dikarenakan si pemilik ripple khususnya Jed McCaleb melakukan dumping atas harga ripple. Dan dia mempunyai kekuatan untuk itu, disaat harga ripple cryptocurrency mulai naik, Jac McCaleb menjual xrp yang dimilikinya dalam jumlah yang besar, sehingga harga xrp sulit naik. Bahkan Jed McCeleb menjual koin xrp sampai ratusan juta dollar setiap kuarter. Sampai akhirnya para founder xrp membuat suatu kesepakatan, bahwa mereka hanya bisa menjual xrp yang mereka miliki dengan jumlah yang terbatas, sehingga mereka tidak bisa lagi menggerakkan harga xrp secara signifikan. Untuk mengenal lebih jauh tentang para pendiri XRP anda bisa mencari biografi mereka di google. Dan fungsi biografi untuk mengetahui siapa dibalik pendirian xrp, anda  juga bisa mengenal xrp melalui xrp ripple news.

Sedangkan bitcoin merupakan mata uang crypto market cap terbesar, dengan jumlahnya yang terbatas, wajar jika harga bitcoin sangat tinggi. Ripple vs Bitcoin memang bukan lawan yang sebanding. Ripple market cap berada di urutan no 6 sedangkan market coin cap untuk bitcoin berada di urutan no 1 dan terbesar di dunia namun ripple bitcoin memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing baik sumber daya yang mereka gunakan, maupun nilai investasi dimasa depan.

Masa Depan Ripple

Berdasarkan xrp analysis dan ripple coinmarketcap maka optimisme para ripple army terhadap ripple blockchain merupakan hal yang wajar. Marketcap xrp itu sangat besar meskipun harga xrp sangat rendah. Dan dengan teknologi yang dimilikinya XRP mengklaim bahwa mereka mampu menyelesaikan transaksi hanya dalam waktu 4 detik saja. Dan mungkin saja ripple Bank Indonesia bisa bekerja sama di kemudian hari. Ripple juga mengklaim bahwa mereka melayani ribuan institusi keuangan di dunia dan lebih dari 55 negara di dunia. Bukan hanya Bank of America saja yang sudah menggunakan teknologinya, bahkan Standard  Chartered, NIUM, CIMB Bank dan SBI Remit juga menjadi klien mereka dan Mojaloop serta Bill & Melinda Gates juga menjadi partners mereka.

Ripple ini sebenarnya memiliki teknologi yang dikhususkan untuk institusi keuangan, jadi wajar jika fokus mereka hanya pada partner-partner yang memiliki kebutuhan transfer lintas batas dengan waktu singkat. Perputaran uang yang sangat cepat membuat kegiatan ekonomi semakin berkembang dan berjalan lancar. Jadi wajar para ripple army percaya bahwa investasi di xrp akan memberikan keuntungan bagi mereka di masa depan.

Bahkan dengan banyaknya jumlah ripple army di Indonesia membuat peluang usaha baru yang merujuk pada sasaran pasarnya yaitu ripple army, kita dapat menemukan beragam aksesoris seperti kaos, topi dan baju bertuliskan ripple di marketplace seperti bukalapak. Dan hal ini menjadi salah satu bukti bahwa ripple juga memiliki arti peminat di bukalapak. Dan semua investor ripple berharap dengan teknologi yang dimiliki oleh ripple dan kepercayaan dari berbagai partner dan juga pelanggan, ripple dapat terus berkembang. Namun anda tetap harus bijak dalam berinvestasi. Baik itu di bitcoin, ripple, etherium, Cardano dan koin-koin lainnya. Pilihlah koin yang menurut anda memiliki peluang besar di masa depan sehingga bisa memberikan keuntungan dalam jangpa pendek dan juga jangka panjang.

Abdurrahman Wahid II

Abdurrahman sudah menggeluti dunia investasi dari tahun 2010 dan terus menggali pengetahuan di dunia investasi dan keuangan dari berbagai sumber.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button