Mata uang kripto

Memilih Dompet Bitcoin Di Indonesia 2021

Cryptocurrency wallet yang wajib diketahui oleh para pecinta bitcoin, beberapa daftar dompet bitcoin Indonesia yang wajib diketahui oleh investor bitcoin, cara membuat dompet bitcoin dengan mudah dan informasi terkait crypto wallet lainnya.

Bitcoin menjadi salah satu mata uang crypto yang paling populer saat ini, dan secara global perekonomian juga ikut berubah. Apalagi internet dan teknologi berkembang dengan pesat dan alat investasi juga sudah berubah, kepopuleran mata uang digital tidak dapat dibendung lagi dan investasi di dunia mata uang digital semakin diminati. Namun anda perlu mengetahui informasi terkait dompet digital untuk menyimpan aset digital yang anda miliki, apa itu wallet bitcoin?, apa itu bitcoin address, cara membuat bitcoin wallet, dan bagaimana cara menggunakan bitcoin wallet?. Ini adalah daftar-daftar wallet bitcoin yang ada di Indonesia. Kita akan bahas permasalahan ini lebih dalam lagi.

Indodax sebagai Digital Asset Exchanger Indonesia
Indodax Crypto Asset Wallet

1. Indodax

Indodax menjadi perusahaan penyedia bitcoin wallet yang sangat terkenal di Indonesia. Mungkin sebagian dari anda sudah mengetahui tentang Indodax wallet karena Indondax adalah pioneer exchanger crypto wallet yang ada di Indonesia. Lalu apakah Indodax terpercaya? Jawabannya tentu terpercaya, karena Indodax sudah memiliki izin dari pemerintah Indonesia. Bukan hanya sekedar menjadi exchanger, Indodax juga menyediakan layanan bitcoin account, dan salah satu cara membuat bitcoin address dengan mudah yaitu melalui Indodax. Karena dengan mendaftar di Indodax, maka anda akan mendapatkan bitcoin wallet secara otomatis. Dan anda juga bisa withdraw bitcoin menggunakan exchanger ini. Anda bisa mengakses websitenya Indodax disini.

2. Trezor

Trezor adalah salah satu dompet bitcoin yang bisa dipercaya karena keamanannya yang tinggi. Bahkan Trezor menjadi dompet bitcoin terbaik. Trezor ini menjadi dompet digital dalam bentuk fisik, namun anda bisa mengaksesnya dengan menggunakan komputer, tablet maupun smartphone. Bukan hanya untuk bitcoin saja, Trezor juga menjadi wallet ethereum terpercaya. Dan cara transfer bitcoin ke wallet juga dapat dilakukan dengan Trezor.

Trezor sebagai Hardware bitcoin wallet yang aman
Trezor bitcoin wallet

3. Electrum

Electrum wallet menjadi pilihan banyak orang karena electrum merupakan jenis dompet bitcoin yang cukup sederhana namun fokusnya pada kecepatan tiap transaksinya membuat banyak orang memilih electrum. Anda bisa menjalankan electrum melalui Android, Mac, Linux, dan juga windows tentunya. Electrum juga bisa dijalankan dengan sumber daya yang sangat rendah dan frase rahasia digunakan untuk memulihkan dompet setelah server jauh yang digunakan untuk melakukan aktivitas bitcoin. Untuk menemukan informasi lengkap tentang Electrum anda bisa klik disini.

Electrum sebagai dompet digital aset kripto
Electrum wallet Bitcoin

4. Exodus

Exodus dompet untuk mata uang kripto
Exodus Dompet Bitcoin

Hampir mirip dengan Electrum, exodus memiliki tampilan yang jauh lebih intuitif dan juga menarik. Dan keamanan yang diberikan oleh dompet bitcoin Exodus ini sangatlah tinggi. Dan bisa membuat portofolio grafik dari mata uang digital, karena teknologinya yang sudah terintegrasi dengan Trezor. Bukan hanya bitcoin wallet saja, anda juga bisa mendapatkan litecoin wallet dan wallet coin lainnya. Anda bisa melakukan aktivitas menyimpan atau menukar bitcoin menggunakan aplikasi. Anda bisa mengakses website resmi Exodus disini.

5. KeepKey Wallet

Keepkey untuk menyimpan saldo bitcoin anda
KeepKey Hardware Bitcoin wallet

Salah satu dompet wallet bitcoin terpercaya adalah KeepKey Wallet. Dan respon positif didapatkan oleh KeepKey Wallet dari penggemar mata uang digital, karena mereka bisa menyimpan saldo bitcoin dengan membuat akun wallet di KeepKey Wallet dan sama dengan Indodax yang memiliki dukungan terhadap erc wallet Indondax, KeepKey Wallet juga mendukung token ERC20. Tampilan antar mukanya yang sangat mudah dipahami pengguna baru juga menjadi daya tarik tersendiri, selain teknologinya yang sudah terintegrasi dengan ShapeShift. Informasi terkait KeepKey Wallet bisa anda temukan pada website resminya KeepKey Wallet.

6. Blockchain

Blockchain sebagai dompet bitcoin anda
Dompet Bitcoin Blockchain

Rasanya Blockchain sudah banyak dikenal dikalangan para pecinta mata uang digital. Karena e wallet bitcoin ini sangat populer. Wallet bitcoin yang berasal dari Luxembourg ini hadir sejak bulan Agustus tahun 2011 lalu, artinya sudah 10 tahun lalu sejak diluncurkan. Blockchain menjadi bit wallet yang menyediakan wallet address dan menjadi wallet untuk semua coin. Biaya transaksi yang murah membuat Blockchain masuk menjadi daftar bitcoin wallet yang terpercaya. Bukan hanya masuk kedalam daftar bitcoin wallet terpercaya di Indonesia namun hampir diseluruh dunia. Cara membuat akun wallet Blockchain ini juga sangat mudah bahkan pengguna baru sekalipun dapat buat wallet bitcoin di Blockchain dengan mudah dan berhasil. Informasi terkait blockchain bisa anda temukan dengan membuka website resmi Blockchain.

7. Coinbase

Jika anda bingung dan tidak tahu cara membuat wallet nxt atau mencari wallet dogecoin terbaik maka jawabannya adalah Coinbase. Dan cara bikin wallet bitcoin di Coinbase juga mudah, namun sayangnya coinbase belum memberikan layanan penarikan dalam bentuk rupiah atau penarikan langsung ke bank lokal yang ada di Indonesia. Jadi Coinbase ini hanya bisa menjadi dompet digital tempat menyimpan set digital yang anda miliki, sedangkan untuk melakukan penarikan, anda membutuhkan jasa exchanger. Tidak perlu khawatir soal keamanan, karena coinbase merupakan salah satu bitcoin core wallet dengan tingkat keamanan yang tinggi, meskipun tidak menyediakan layanan penarikan dana, namun anda bisa melakukan transaksi pengiriman, penerimaan dan menyimpan aset digital anda di Coinbase. Dan jika anda ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap lagi terkait Coinbase, anda bisa mengakses langsung website resmi Coinbase.

Bitcoin wallet coinbase untuk menyimpan uang digital anda
Bitcoin wallet coinbase untuk menyimpan uang digital anda

8. Luno

Luno untuk menyimpan aset kripto anda
Bitcoin Wallet Luno

Luno masuk kedalam daftar wallet pendatang baru, namun jangan meremehkan Luno, meskipun baru di dunia dompet bitcoin, Anda bisa mempercayakan Luno sebagai dompet bitcoin yang terpercaya. Ketika anda membuka akun di Luno, maka dompet bitcoin otomatis akan tersedia, jadi anda tidak perlu bingung lagi mencari daftar bitcoin Indonesia yang memiliki wallet terpercaya karena ada banyak sekali. Pengguna Luno juga sudah menyebar di berbagai negara di dunia dan memiliki cabang di beberapa negara di dunia seperti Afrika Selatan, Singapura dan juga Inggris. Luno juga bisa diakses dengan menggunakan aplikasi di android maupun dengan menggunakan browser, dan anda juga bisa menarik dana anda dari Luno langsung ke bank lokal anda. Dan info lebih detail tentang wallet ini bisa anda dapatkan dengan mengunjungi langsung halaman website Luno.

9. Trezor One

Trezor One Dompet
Trezor One Dompet

Trezor sendiri adalah sebuah hardware elektronik yang harganya berada di kisaran Rp.1.700.000-an sampai dengan Rp.2.500.000-an. Dan keamanan Trezor One ini didukung oleh Copay dan Electrum. Dan banyak orang mengira bahwa Trezor One ini merupakan sebuah aplikasi maupun software, browser mining maupun situs dompet/wallet digital. Namun Trezor One memang digunakan oleh trader untuk melakukan transaksi perdagangan multi digital aset karena sangat fleksibel. Ada beberapa jenis mata uang yang dapat disimpan di dompet bitcoin terpercaya seperti trezor ini antara lain Ethereum, Zcash, Dogecoin, Litecoin dan tentunya juga Bitcoin.

Investasi Cryptocurrency Dan Mendapatkan Dompet Digital

Untuk melakukan investasi dalam bentuk aset kripto hal yang perlu anda lakukan adalah anda harus memiliki dompet atau wallet yang bisa digunakan untuk menyimpan aset digital yang anda miliki tersebut. Cara membuat wallet tidaklah sulit, anda hanya perlu melakukan registrasi di salah satu exchanger. Dengan memiliki akun di exchanger maka anda akan mendapatkan bitcoin address. Bitcoin address adalah sebuah alamat dompet digital bitcoin yang digunakan untuk menyimpan dan juga menerima transfer dari pengguna bitcoin lain. 

Cara mengetahui bitcoin address anda harus masuk ke akun anda, disana tersedia banyak sekali alamat berbagai macam koin yang sudah disediakan oleh exchanger, Blockchain bitcoin wallet itu sudah dibuat secara otomatis saat anda membuat akun di exchanger. Dan masing-masing akun akan memiliki alamat yang berbeda-beda jadi cara bikin wallet bitcoin ini tidaklah sulit, dan cara menyimpan bitcoin juga sangat mudah, bitcoin yang masuk ke akun anda akan secara otomatis tersimpan di wallet bitcoin anda. Dan untuk mencari  bitcoin bisa dilakukan dengan cara trading atau perdagangan maupun menambang bitcoin otomatis dengan menggunakan perangkat komputer seperti kartu grafis atau VGA Card.

Menyimpan Bitcoin Offline dan Online

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dompet digital aset itu bisa digunakan untuk menyimpan bitcoin baik secara offline maupun online.

Digital wallet untuk menyimpan aset digital anda
Digital Wallet Untuk Bitcoin

1. Dompet Aset Digital Online

Untuk menyimpan bitcoin secara online anda harus tahu cara daftar wallet bitcoin di exchanger seperti Indodax atau Luno dan masih banyak lagi. Kelebihan bitcoin wallet online ini adalah anda bisa mengaksesnya kapanpun dan dimanapun, sehingga anda bisa melakukan aksi buy and sell kapan saja saat anda anggap harga sudah naik. Karena aset digital jenis blockchain seperti bitcoin ini harganya sangat fluktuatif.

2. Dompet Aset Digital Offline

Sedangkan untuk menyimpan bitcoin secara offline bisa dilakukan dengan menggunakan Trezor atau Trezor one. Dan hati-hati saat melakukan transfer antar wallet bitcoin, pastikan wallet yang digunakan adalah wallet yang sejenis, anda tidak bisa melakukan cara transfer dogecoin ke bitcoin, karena dogecoin hanya bisa dikirim ke dogecoin wallet, sedangkan bitcoin hanya bisa di transfer ke bitcoin wallet, dan jika hal ini anda lakukan, maka sudah dipastikan aset anda akan hilang.

Jenis-Jenis Cryptocurrency Wallet

Ada beberapa jenis cryptocurrency wallet yang ada saat ini, anda bisa menemukan wallet ethereum terbaik maupun bitcoin terbaik, karena ada banyak sekali pilihan yang ada. Dan anda bisa mempertimbangkan wallet mana yang sesuai dengan kebutuhan anda. Ini adalah beberapa jenis crypto wallet yang tersedia saat ini, antara lain :

1. Hardware Wallet

Dompet ini berbentuk perangkat keras yang bisa menyimpan aset digital yang anda miliki. Dompet ini akan menyimpan public address anda dan juga private key yang anda miliki. Hardware ini memiliki layar OLED dan bentuknya seperti USB. Meskipun lebih sering digunakan untuk menyimpan aset digital secara offline, namun benda ini juga bisa digunakan untuk transaksi secara online. Benda ini juga sering kali disebut cold storage karena aman dan tidak mudah di hack. Dan bisa menyimpan berbagai jenis aset kripto sekaligus, contohnya seperti Ledger Nano dan Trezor.

2. Dompet Kertas

Dompet kertas atau paper wallet merupakan jenis dompet bagi pengguna yang rapi dan teliti. Karena sangat berisiko dan harus hati-hati dalam menyimpannya, karena private key anda dan juga public address anda, jika anda kehilangan dompet address ini dan ditemukan oleh orang lain, maka anda bisa kehilangan semua aset digital anda yang ada pada dompet tersebut. Anda bisa mendapatkan layanan dompet kertas ini dari BitcoinPaperWallet.com atau BitAddress.org.

3. Desktop Wallet

Desktop wallet atau dompet desktop adalah sejenis perangkat lunak atau software yang bisa dipasang di komputer anda, dan hanya bisa diakses pada komputer yang sudah dipasang perangkat lunak tersebut. Jenis dompet ini termasuk aman namun hati-hati jika komputer anda di hack atau terkena virus. Beberapa contoh dompet jenis desktop ini adalah Exodus dan Misk.

4. Mobile Wallet

Dompet selular ini dianggap paling praktis, karena bisa diinstal pada perangkat mobile anda seperti handphone cerdas dan juga tablet. Anda hanya perlu memasang aplikasi mobile wallet ini dan juga membuat akun pada aplikasi tersebut. Kelebihan bitcoin wallet jenis mobile ini yaitu bisa anda akses kapan saja, karena biasanya handphone akan selalu bersama anda kemana saja anda pergi. Contoh jenis wallet ini adalah Trust Wallet dan juga Copay.

5. Web Wallet

Dompet jenis website ini sangat mudah dijumpai dan termasuk dompet panas dan bisa diakses dengan menggunakan browser apapun. Jenis dompet ini merupakan salah satu dompet mata uang kripto yang dianggap kurang aman, karena rawan terhadap peretasan.

Abdurrahman Wahid II

Abdurrahman sudah menggeluti dunia investasi dari tahun 2010 dan terus menggali pengetahuan di dunia investasi dan keuangan dari berbagai sumber.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock detected

Please, disable the adblocker. Otherwise, we will not be able to show all the beauty of the content on this page