Mata uang kripto

Apa Itu Polkadot dan Bagaimana Cara Kerjanya

Membahas tentang cryptocurrency polkadot dan juga cara kerjanya, serta bagaimana cara untuk mendapatkan polkadot dan juga legalitas polkadot sebagai cryptocurrency di Indonesia.

Apa itu Polkadot? Simak Penjelasan Lengkap Mengenai Polkadot!

Polkadot adalah sebuah jaringan yang terhubung dan terbentuk oleh beberapa protokol blockchain menjadi satu. Dibuat oleh Gavin Wood yang merupakan seorang ilmuwan komputer asal Inggris yang juga ikut mendirikan Ethereum. Polkadot adalah platform yang memungkinkan berbagai blockchain mentransfer nilai dan berbagi fitur unik saat menggunakan satu saluran yang aman. Wood melihat jaringan Polkadot sebagai jawaban untuk peningkatan jaringan 2.0 Ethereum yang saat ini sedang dikembangkan.

Polkadot telah memusatkan perhatiannya untuk menjadi jaringan yang sepenuhnya skalabel dan heterogen yang berfokus pada penciptaan teknologi multi-rantai. Web3 Foundation  yang merupakan sebuah organisasi asal Swiss yang menjalankan jaringan ini telah menggambarkan Polkadot sebagai “blockchain generasi berikutnya.” Untuk memahami tentang polkadot lebih jauh, mari kita bahas tentang polkadot lebih rinci lagi.

1. Definisi dan Cara Kerja Polkadot

Polkadot adalah sebuah perangkat lunak yang berupaya memberi insentif kepada jaringan komputer global untuk mengoperasikan blockchain dimana penggunanya dapat meluncurkan dan mengoperasikan blockchain mereka sendiri. Polkadot adalah salah satu dari sejumlah blockchain bersaing dengan tujuan untuk menumbuhkan ekosistem cryptocurrency, contoh cryptocurrency lainnya yaitu Ethereum (ETH), Cosmos (ATOM) dan EOSIO (EOS).

Polkadot diluncurkan pada tahun 2020, jaringan Polkadot ini memungkinkan pembuatan tiga jenis blockchain, yaitu:

  • Relay Chain yaitu blockchain Polkadot utama, yang merupakan tempat transaksi diselesaikan. Untuk mencapai kecepatan yang lebih besar, rantai relai memisahkan penambahan transaksi baru dari tindakan validasi transaksi tersebut. Model ini memungkinkan Polkadot memproses lebih dari 1.000 transaksi per detik, menurut pengujian 2020.
  • ParaChains, para chains ini merupakan blockchain khusus yang menggunakan sumber daya komputasi rantai yang fungsinya untuk mengonfirmasi bahwa transaksi akurat.
  • Bridges memungkinkan jaringan Polkadot berinteraksi dengan blockchain lainnya. Pekerjaan sedang dilakukan untuk membangun jembatan dengan blockchain seperti EOS, Cosmos, Ethereum dan Bitcoin, yang memungkinkan token ditukar tanpa pertukaran pusat.

2. Dilema Keamanan Polkadot dan Anonimitas Penggunanya

Untuk masalah keamanan, polkadot merupakan cryptocurrency yang cukup aman. Polkadot siap untuk melanjutkan misinya dalam mengembangkan jaringan blockchain yang beroperasi dengan cepat untuk melakukan verifikasi data dan transfer nilai dalam pencariannya pada internet yang terdesentralisasi.

Polkadot juga meluncurkan jaringan meluncurkan ‘Bridge’  dimana jaringan ini berfungsi untuk menghubungkan jaringan eksternal ke ekosistemnya. Bridge akan memastikan memastikan transfer nilai dan data yang cepat dan aman melalui aturan yang dapat dioperasikannya.

Polkadot juga menjamin keamanan para penggunanya, ada beberapa alasan yang membuat polkadot berbeda dengan sistem blockchain lain yaitu:

  • Memiliki skala yang sangat besar.
  • Memiliki desain yang cukup spesifik
  • Kebebasan dalam mengatur sistemnya.
  • Upgrade blockchain yang sangat mudah.

3. Bagaimana Cara Mendapatkan Polkadot?

Ada beberapa cara untuk bisa mendapatkan polkadot, salah satunya membeli Polkadot (DOT). Anda bisa membeli Polkadot di berbagai exchanger terkenal di dunia seperti Binance ataupun exchanger lokal seperti Indodax. Saat ini harga Polkadot harganya mencapai $28,90 per koinnya dengan kapitalisasi pasar sebesar $28,603,224,582.

Selain membeli polkadot di exchanger, cara lain untuk mendapatkan Polkadot adalah dengan cara melakukan penambangan. Jika Anda ingin menambang Polkadot, maka perlu diingat bahwa sebelum Anda melakukannya, luangkan waktu terlebih dahulu untuk meneliti apakah dengan melakukan penambangan akan menghasilkan keuntungan bagi Anda. Harga polkadot dapat berfluktuasi dan jumlah penambang juga berperan besar dalam peluang Anda untuk menghasilkan keuntungan. 

Dengan harga DOT saat ini, pertimbangkan berapa uang yang harus anda siapkan untuk membuat rig penambangan. Perangkat keras yang paling kuat untuk menambang adalah ASIC yang harganya saat ini sangat mahal. Jika menambang dengan komputer, GPU tidak akan menghasilkan jumlah yang besar tetapi hal itu mungkin jika anda ingin memulai menambang Polkadot. Selain itu anda juga bisa mendapatkan polkadot dengan cara farming. Ada beberapa exchanger besar yang menawarkan sistem farmin pada setiap cryptocurrency.

4. Legalitas Penggunaan Polkadot dan Cryptocurrency Lain di Indonesia

Untuk masalah legalitas cryptocurrency, anda bisa dengan bebas melakukan trading cryptocurrency di Indonesia. Pemerintah Indonesia juga tidak melarang yang mengakui bahwa cryptocurrency mungkin bisa menjadi mata uang baru di masa depan, dan mengizinkannya sebagai aset digital yang bisa anda gunakan untuk melakukan investasi atau menjadi salah satu instrumen investasi bagi anda.

Namun pemerintah Indonesia tetap pada prinsipnya yang melarang dengan keras penggunaan cryptocurrency sebagai bayar. Jika anda ingin membayar apapun itu di Indonesia, maka anda harus menggunakan rupiah. Sikap tegas pemerintah masih sangat wajar, di tengah hiruk pikuk nya cryptocurrency, masih sangat rawan terjadinya kejahatan dengan menggunakan mata uang kripto ini, misalnya dengan menggunakan mata uang kripto untuk melakukan pencucian uang ataupun melakukan pendanaan untuk kegiatan terorisme.

Abdurrahman Wahid II

Abdurrahman sudah menggeluti dunia investasi dari tahun 2010 dan terus menggali pengetahuan di dunia investasi dan keuangan dari berbagai sumber.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock detected

Please, disable the adblocker. Otherwise, we will not be able to show all the beauty of the content on this page