Bursa & Saham

Indonesia Capital Market Directory

Memahami fungsi penting dari Capital Market Directory sebagai alat bantu para investor untuk membeli saham yang tepat, dan juga menentukan apakah saham tersebut layak dijadikan instrumen investasi yang bisa menguntungkan dimasa yang akan datang.

Pentingnya Memahami Tentang Indonesia Capital Market Directory

Indonesia Capital Market Directory atau ICMD adalah sumber daya yang bisa dijadikan referensi bagi para investor saham untuk mengetahui laporan keuangan dan juga data keuangan perusahaan-perusahaan yang sahamnya di jual di Bursa Efek Indonesia (BEI). Semua data yang ada di ICMD merupakan data yang valid dan juga bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan juga analisis fundamental saham.

Contoh Pencarian Data ICMD di Web IDX
Contoh Pencarian Data ICMD di Web IDX

Pentingnya Indonesia Capital Market Directory Bagi Investor

Indonesia Capital Market Directory atau ICMD memiliki fungsi yang cukup penting bagi investor dalam mengambil keputusan atau pembelian atau penjualan sahamnya. Pada ICMD anda bisa menemukan data keuangan perusahaan-perusahaan emiten yang sahamnya tentu sudah terdaftar di Bursa. Berikut ini unsur-unsur yang biasanya ada pada ICMD yaitu:

1. Peringkat Industri (Ranking by Industry)

Maksud dari peringkat industri adalah peringkat suatu perusahaan emiten yang berada pada satu jenis industri atau lini bisnis yang sama. Contohnya kelompok perusahaan properti memiliki rangking tertentu, seperti perusahaan properti A memiliki peringkat lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan properti B, sehingga dari data tersebut investor sudah mengetahui saham perusahaan properti mana yang seharusnya mereka beli. Karena ICMD juga tidak akan memberikan peringkat tanpa dasar yang kuat termasuk data-data intern perusahaan juga menjadi pertimbangan untuk memberikan peringkat pada sebuah perusahaan emiten tersebut. 

2. Daftar Sejarah (Listing History)

Meskipun ranking juga bisa menentukan layak atau tidaknya sebuah saham untuk dibeli di market, ada pertimbangan lain yang bisa menjadi bahan acuan bagi para investor untuk membeli sebuah saham perusahaan, yaitu daftar sejarah perusahaan. Pada ICMD atau Indonesia Capital Market Direktori, anda bisa melihat sejarah perusahaan melakukan IPO atau go public dan juga sejarah saham perusahaan sampai bisa listing di Bursa Efek Indonesia. Dan melihat apakah benar perusahaan tersebut masih terdaftar di BEI atau tidak?

Dengan mengetahui sejarah perusahaan dan juga sejarah listingnya, maka kita bisa mengetahui bagaimana kinerja perusahaan dan juga sistem pengelolaan internal perusahaan tersebut. Dengan demikian maka para investor bisa terhindar dari investasi bodong. Membeli saham tanpa mengetahui faktor fundamental saham tersebut sangat beresiko.

3. Klasifikasi Perusahaan (Company Classification)

Klasifikasi perusahaan atau Company Classification adalah gambaran dari perusahaan-perusahaan dalam ICMD, sehingga anda bisa mendapatkan data perusahaan yang valid dan lengkap hanya dari satu sumber terpercaya seperti ICMD ini. Dan klasifikasi perusahaan termasuk unsur yang cukup penting yang bisa anda ambil manfaatnya dari ICMD dibandingkan jika anda mencari sendiri dari sumber yang yang belum tentu valid tentunya.

Perbedaan Antara Indonesia Capital Market Directory

Ilustrasi Laporan Keuangan
Ilustrasi Laporan Keuangan

Laporan Tahunan Perusahaan Dengan Laporan Keuangan

Meskipun nampak sama, namun Indonesia Capital Market Directory berbeda dengan laporan tahunan perusahaan dan juga laporan keuangan perusahaan. Mari kita bahas lebih dalam untuk mengetahui letak perbedaannya pada tabel berikut ini :

JenisPembuatIsiFungsi
ICMDInstitut Riset Ekonomi dan KeuanganDaftar perusahaanKlasifikasi PerusahaanRangking PerusahaanSejarah listingMemberikan informasi yang akurat kepada investor terkait perusahaan-perusahaan yang go public dan sebagai alat bantu analisis bagi investor saham.
Laporan KeuanganDibuat oleh perusahaan terkait  sesuai dengan periode akuntansiLaporan arus kasLaporan rugi labaLaporan perubahan modalLaporan dari auditor independenSerta catatan tambahan sebagai pelengkap informasiSebagai media untuk melihat kondisi kesehatan perusahaan secara umum dan juga kinerja manajemen perusahaan.
Laporan TahunanDibuat oleh perusahaan emiten sebagai produk internal perusahaanProfil dan sejarah perusahaanTata kelola perusahaanLaporan manajemenData perusahaan terkaitLaporan ikhtisar pembagian sahamBerisi tentang sejarah dan literatur menyangkut perusahaan yang dapat digunakan sebagai sarana bagi investor untuk melakukan penilaian terhadap perusahaan tersebut sebelum mengambil keputusan investasi. 

Cara Mendapatkan Data dari Indonesia Capital Market Directory (ICMD)

Untuk mendapatkan data perusahaan secara lengkap, praktis dan tentunya valid, berikut ini langkah yang harus anda lakukan untuk mendapatkan data dari ICMD :

1. Buka website resmi IDX

Langkah awal yang harus anda lakukan yaitu mengunjungi website resmi Indonesian Stock Exchange atau IDX melalui https://www.idx.co.id/ . Dan IDX merupakan bursa resmi di Indonesia, semua perusahaan emiten yang legal pasti terdaftar di IDX atau BEI ini. Dan broker saham yang anda gunakan untuk mengakses bursa ini juga harus dipastikan terdaftar di BEI juga.

2. Cari “Perusahaan Tercatat”

Setelah halaman resmi IDX terbuka, pilih “Perusahaan Tercatat” lalu cari “Profil Perusahaan Tercatat”. Setelah halaman tersebut terbuka, maka anda bisa melihat semua daftar perusahaan dengan kode perusahaan, nama perusahaan dan juga tanggal pencatatan akan nampak disana. Jika anda kesulitan menemukan nama perusahaan yang anda inginkan, maka anda bisa menggunakan fitur “Cari” atau cari nama perusahaan berdasarkan kode.

3. Mencari Dengan Kode Saham

Jika anda hafal dengan kode saham perusahaan yang ingin anda cari, maka anda bisa melakukannya dengan mudah, tinggal klik saja abjad sesuai dengan kode awal perusahaan yang anda inginkan.

4. Mencari ICMD dari Web IDX

Untuk mendapatkan data ICMD melalui web IDX, anda harus masuk ke halaman resmi IDX, lalu pilih Perusahaan Tercatat, lalu pilih Laporan Keuangan dan Tahunan. Kemudian masukkan nama atau kode perusahaan, serta tahun dan juga periode yang anda inginkan. Kemudian klik Cari. Maka anda akan menemukan data ICMD perusahaan yang anda inginkan.

Abdurrahman Wahid II

Abdurrahman sudah menggeluti dunia investasi dari tahun 2010 dan terus menggali pengetahuan di dunia investasi dan keuangan dari berbagai sumber.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button