Mata uang kripto

Mau Coba Jadi Penambang Bitcoin? Cobain 10 Aplikasi ini.

Rekomendasi 10 aplikasi yang bisa anda gunakan untuk menambang bitcoin, aplikasi miner bitcoin dan software mining terbaik saat ini yang bisa digunakan oleh siapa saja yang ingin menjadi bitcoin miner.

Di zaman yang sudah modern seperti ini, ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk tetap produktif tanpa harus keluar rumah, salah satunya yaitu dengan berinvestasi. Namun terkadang berinvestasi terhalang karena perlunya modal, sedangkan bagi orang yang tidak memiliki modal, investasi bukanlah pilihan.

Anda tentu sudah pernah mendengar tentang bitcoin bukan? Bagi yang belum tahu, bitcoin ini adalah sebuah mata uang kripto, nah ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan bitcoin ini salah satunya yaitu dengan cara menambang bitcoin, ada beberapa software untuk menambang bitcoin yang bisa digunakan yaitu:

1. CGMiner

Tampilan kegiatan penambangan dari aplikasi CGMiner
Aplikasi CGMiner

Salah satu aplikasi mining terbaik yang cukup populer untuk melakukan penambangan Bitcoin adalah CGMiner, bahkan komunitas crypto menganggap aplikasi ini sebagai aplikasi terbaik lho. Software CGMiner ini bisa dijalankan di berbagai sistem operasi mulai dari Linux, Windows maupun Mac. dan hardware untuk melakukan penambangan yang kompatibel seperti ASIC, GPU dan juga FPGA.

Dan CGMiner ini adalah salah satu aplikasi andalan para penambang yang sudah professional. Software mining bitcoin terbaik ini mampu mendeteksi kelanjutan dari sebuah blok baru, melakukan penskalaan menuju tingkat hash di berbagai ukuran dan juga tanpa adanya penundaan, serta aplikasi ini juga memiliki kemampuan antar muka dari jarak jauh.

Untuk dapat menggunakan CGMiner secara gratis, anda bisa mengunduhnya di GitHub. Aplikasi ini memiliki kelebihan dan juga kekurangan, meskipun sumbernya terbuka dan dapat dioperasikan di berbagai sistem operasi seperti Linux, Mac dan juga WIndows, ditambah lagi algoritma yang digunakan adalah NeoScrypt serta kompatibel di berbagai hardware seperti FPGA, GPU dan juga ASIC, namun software mining terbaik ini tidak direkomendasikan untuk penambang amatir karena tampilan antar mukanya cukup membingungkan ditambah lagi aplikasi ini tidak akan bisa diinstal di Windows 10 dan aplikasi konsol seperti GUI masih kurang.

2. Kryptex

Halaman utama dari website Kryptex dan untuk mendaftar Kryptex
Tampilan website Kryptex

Software mining terbaik selanjutnya adalah Kryptek. Setelah anda melakukan pemasangan software kryptek pada perangkat anda, maka benchmarknya akan menentukan apakah perangkat anda ini bisa digunakan untuk aktivitas penambangan atau tidak. Kryptek adalah sebuah software yang digunakan untuk menambang mata uang kripto dan membayar anda dalam mata uang dollar ataupun bitcoin.

Aktivitas penambangan dengan menggunakan Kryptek ini tidak membutuhkan dompet bitcoin, karena uang hasil penambangan akan disimpan di akun Kryptek anda. Penarikan dapat dilakukan dengan menggunakan kartu bank atau dengan mata uang kripto bitcoin dan biaya penarikan sangat rendah. 

Untuk menjalankan aplikasi kryptek ini anda bisa menggunakan perangkat komputer dengan sistem operasi Windows 7, Windows 8 atau Windows 10 dan semuanya harus 64 bit. Untuk mendapatkan aplikasi ini anda harus membayar dan harganya sangat beragam, mulai dari 203$ per bulan untuk Kryptex Miner, dan $265$ untuk Kryptex pro, dan aplikasi program Kryptex ini bisa dijalankan pada beberapa komputer sekaligus.

Kelebihan dari aplikasi ini yaitu adanya update yang dilakukan secara rutin, mode lite, navigasi yang sangat mudah karena pengaturannya mudah dan sederhana. Namun aplikasi ini juga memiliki kekurangan seperti harganya yang cukup mahal dan tiap level berbeda, hanya bisa digunakan untuk menambang bitcoin saja, mode lite tidak bisa digunakan untuk GPU dan keuntungan yang didapat menggunakan aplikasi ini cukup rendah.

3. BeMine

BeMine perusahaan penamabangan bitcoin berbasis Cloud Mining asal Rusia
Perusahaan BeMine

Setelah kita bahas tentang software mining, sekarang ada cloud mining terbaik yaitu BeMine. BeMine ini menyediakan layanan Cloud Mining di negara-negara CIS dan RUsia. Dan merupakan Pioneer untuk sistem penambangan Cloud mining ASIC. Dan sangat berbanding terbalik dengan sistem penjualan kontrak pada penambangan. Para pengguna BeMine bisa menyimpan dan juga membeli seperangkat alat penambang tanpa harus melakukan pengawasan secara langsung ketika kegiatan pembelian tersebut terjadi. Bukan hanya itu saja, saat kegiatan pemeliharaan ASIC, melakukan konfigurasi, pemasangan dan juga pemindahan tidak perlu adanya pengawasan.

Jika anda tertarik dan ingin membeli semua fitur yang ditawarkan oleh BeMine yaitu menambangan ASIC, maka anda juga bisa membeli sahamnya, karena 1/100 ASIC dijual oleh BeMine dengan harga yang rasional. Dan anda bisa mendapatkan pengalaman menambang koin yang menyenangkan. 

Karena BeMine merupakan sebuah Cloud Mining, maka sistem operasi Linux, Mac dan Windows bisa digunakan untuk menambang, sedangkan untuk harganya sangat beragam, mulai dari yang paling murah untuk 1/100 sebesar $52 yaitu Bitmain Antminer T17+, dan Bitmain Antminer T19 untuk 1/100 dengan harga $176 dan yang terakhir tipe Bitmain Antminer S19 untuk 1/100 harganya $240.

Kelebihan cloud mining ini yaitu anda tidak perlu diragukan keamanannya dan harganya masih dibawah rata-rata, namun untuk akun pribadi tingkat keamanannya masih lemah, dan hati-hati terhadap resiko scam yang mungkin saja terjadi.

4. ECOS

Tampilan halaman utama dari website Ecos
Website ECOS

Sama seperti BeMine, ECOS juga merupakan penyedia layanan cloud mining, dan dikhususkan bagi pelanggannya yang menyukai cloud mining mata uang kripto, dan ECOS termasuk penyedia layanan cloud mining yang terpercaya karena sudah memiliki status hukum yang jelas dan resmi. Dan perusahaan ini termasuk perusahaan yang cukup terkenal dan teratas juga, dan sayangnya hanya bisa digunakan untuk aktivitas penambangan cryptocurrency bitcoin saja.

Jika anda tertarik menggunakan layanan jasa cloud mining dari ECOS ini, harga layanan untuk kontrak penambangan yang ditawarkan masih wajar, yaitu sekitar $125  untuk harga terendahnya dan berlaku selama 6 sampai dengan 50 bulan, dan ada beberapa fitur yang disediakan seperti deposit dan juga penarikan. Sistem operasi yang bisa digunakan untuk cloud mining ini mulai dari Linux, Windows dan juga Mac.

Keunggulan dari aplikasi cloud mining ECOS ini adalah harganya yang sangat terjangkau dan pembayaran dilakukan setiap hari, banyak promosi dan juga kegiatan lelang setiap minggunya, dan penarikan minimal bisa dilakukan mulai dari 1,001 BTC. Tapi meskipun begitu, kadang ada saja kendala pada saat melakukan penarikan, dan sayangnya layanan pelanggannya kurang ramah plus resiko scam tetap ada. Jadi tetap hati-hati dan waspada.

5. Cudo Miner

Aplikasi penambangan bitcoin Cudo Miner
Aplikasi Cudo Miner

Nah kalau Cudo Miner ini adalah aplikasi miner bitcoin yang bisa melakukan kegiatan penambangan secara otomatis sehingga kita tidak perlu melakukan konfigurasi secara manual lagi. Dengan performanya yang optimal yaitu mencapai 95% aplikasi ini bisa bekerja dan mampu mengoptimalkan tingkat keuntungan. Aplikasi ini bisa digunakan di berbagai sistem operasi seperti Linux, Windows dan juga CudoOS. Dan aplikasi cocok sekali digunakan oleh semua penambang, baik penambang baru maupun penambang yang sudah professional. 

Tersedia untuk sistem manajemen jarak jauh, Cudo Miner ini merupakan aplikasi miner cryptocurrency dengan algoritma yang canggih dan dilengkapi dengan overlocking GPU fitur. Dengan sistem manajemen jarak jauh yang dimilikinya memungkinkan penambang yang menggunakan aplikasi ini bisa mengendalikan kegiatan penambangan secara jarak jauh, memantau hashrate, status kesehatan perangkat, suhu, transaksi dan juga pendapatan. Dengan menggunakan Cudo Miner maka sistem pembayaran yang diterima bisa dalam bentuk Bitcoin, Monero, Ravencoin dan juga Ethereum. Sistem operasi yang bisa menggunakan aplikasi ini adalah Ubuntu, Mac, Linux dan juga Windows.

Aplikasi Cudo Miner ini bisa didapatkan secara gratis, namun anda harus membayar komisi sebesar 1,5% untuk setiap 10 BTC. Keunggulan yang dimiliki aplikasi ini adalah adanya otentikasi multifaktor dan mendukung ASIC, GPU dan CPU, sistem pengaturan dan dapat menyesuaikan kontrol GPU. Dapat melakukan pengalihan koin secara otomatis agar keuntungan maksimal bisa dicapai. Sedangkan sisi kekurangannya pemasangan aplikasi ini cukup rumit dan adanya biaya penarikan apalagi jumlah minimal penarikannya juga cukup tinggi.

6. Awesome Miner

Tampilan aplikasi Awesome Miner
Aplikasi Awesome Miner

Untuk anda pengelola rig penambangan bitcoin dengan berbagai jenis misalnya FPGA dan ASIC, maka anda bisa menggunakan Awesome Miner. Karena Awesome miner ini cukup kuat untuk memenuhi kebutuhan anda. Banyak sekali jenis mesin pemanbang yang support dengan Awesome Miner ini seperti XMRig AMD Miner, SgMiner, Bminer dan Ccminer, ditambah lagi banyak juga lho algoritma penambang bitcoin yang kompatibel dengan Awesome Miner ini seperti Zcash, SHA-256, X11, dan juga Scrypt.

Sayangnya Awesome Miner ini hanya bisa digunakan dalam sistem operasi Linux dan Windows saja, tapi tetap bisa diakses melalui komputer bahkan smartphone dan tablet. Untuk berlangganan Awesome Moner ini, ada beberapa jenis layanan yang mereka tawarkan, ada yang gratis anda juga yang berbayar. Yang berbayar paling murah harganya $4 dan ada juga yang harganya $36.

Meskipun Awesome Miner bisa mendukung banyak sekali jenis mesin penambang, yaitu lebih dari 50 jenis mesin dan bisa diakses dari mana saja dengan menggunakan smartphone, namun sayangnya tidak disarankan untuk para miner baru karena konfigurasi harus dilakukan dengan benar, tidak banyak fitur yang disediakan dan tidak kompatibel untuk MacOS.

7. Hashflare

Sistem penambangan berbasis cloud dari Hashflare
Cloud Mining Hashflare

Hashflare juga termasuk dalam kategori sistem penambangan cloud. Dan layanan Hashflare ini menyediakan sistem penambangan untuk 5 jenis mata uang kripto seperti Bitcoin, DASH, ZCASH, Ethereum dan Litecoin. Jadi anda bisa mengatur hashrate sesuai dengan kegiatan penambangan yang akan anda lakukan.

Untuk memulai melakukan penambangan dengan menggunakan Hashflare anda tidak memerlukan modal yang besar, semua keuntungan yang anda dapatkan akan didistribusikan di Hashrate, dan sistem pembayarannya juga sangat transparan disertai dengan sistem pembayaran yang berbeda. Anda bisa dengan mudah melihat berapa keuntungan yang berhasil anda dapatkan karena statistik dan penambangan waktu dapat dilihat dengan mudah. Ada beberapa sistem operasi yang bisa menggunakan layanan Hashflare ini seperti Android, Mac, Linux dan juga Windows.

Untuk biaya layanan dalam penambangan Hashflare ini dibanderol dengan harga terendah yaitu $1.80 dengan Hashrate minimal 1 MH/s dan pembayaran akan otomatis dilakukan dengan menggunakan Bitcoin. Dengan harga yang rendah dan tidak adanya biaya tersembunyi lainnya namun ada kekurangannya, yaitu jumlah penarikan minimalnya cukup tinggi dan juga dikenai biaya transfer serta kontrak minimal 1 tahun.

8. Bitminter

Tampilan software bitminter yang sedang bekerja
Software Bitminter

Jika anda mencari kumpulan mining yang lengkap, maka jawabannya ada pada Bitminter. Dan software Bitminter ini dikembangkan secara profesional sehingga mudah di navigasikan. Software ini sudah teruji dan sistem pembayaran berdasarkan proporsi terharsh. Dengan sejarah panjangnya di industri penambangan. Banyak sekali penambang professional yang menjadi bagian dari tim.

Pembayaran akan otomatis dilakukan jika anda sudah mencapai jumlah minimum pembayaran. Anda hanya memerlukan alamat bitcoin atau alamat email beserta kata sandinya. Pool mining Bitminter ini bisa digunakan di berbagai perangkat keras atau hardware seperti GPU dan juga ASIC. Aplikasi ini bisa bekerja dengan baik di perangkat eksternal ASIC seperti Butterfly labs, Chili, Antminer dan juga Block Erupter USB.

Ada beberapa sistem operasi yang mendukung software Bitminter ini seperti Mac OS X, Windows dan juga Linux dengan biaya penambangan yang berlaku adalah 1%. Keunggulan software ini adalah instalasi yang sangat mudah dilakukan, pengoperasian juga mudah, GUI juga mudah dan bisa di cek kapan saja perkembangannya, namun tetap saja software ini memiliki kekurangan yaitu pool sangat terbatas, jumlah minimal penarikan yang tinggi serta penarikan cukup sulit dilakukan.

9. EasyMiner

Tampilan halaman utama EasyMiner
EasyMiner Website

Jika anda mencari pembaruan software untuk front end dengan sumber terbuka yang berbasis GUI yang cukup bagus, maka jawabannya adalah EasyMiner. Software ini juga bisa digunakan pada CGMiner dan BFGMiner. Dengan antar mukanya yang sangat bersih, serta integrasinya dengan dompet cryptocurrency akan mempermudah anda dalam melakukan penambangan berbagai jenis mata uang kripto seperti Litecoin maupun Bitcoin tapi dengan syarat sistem operasi yang digunakan haruslah Windows dan hardware yang digunakan haruslah ASIC.

Mode “Penghasil Uang” dapat anda gunakan saat mengoperasikan software ini untuk menambang Litecoin. Atau anda juga bisa mengumpulkan mata uang kripto anda sendiri dengan menggunakan mode “Solo” tapi harus disesuaikan algoritma hashnya. Untuk menggunakan software easy miner ini sistem operasi yang harus digunakan adalah windows dan juga Linux. Sedangkan untuk biaya, software ini bisa digunakan secara gratis.

Sama seperti software penambang lainnya, pasti memiliki kekurangan dan juga kelebihan. Software ini tidak dianjurkan untuk pengguna baru karena sistem instalasinya sangat rumit dan banyak sekali pengaturan yang harus disesuaikan. Namun software ini bisa anda dapatkan secara gratis, mendukung Bitcoin dan juga Litecoin dan anda bisa memilih sendiri algoritma hash khusus yang anda inginkan.

10. BTCMiner

Tampilan halaman utama dari BTCMiner
BTCMiner Website

Jika anda ingin menjadi penambang bitcoin yang sudah memiliki dompet dan juga alamat Bitcoin, memiliki hardware FPGA untuk melakukan penambangan, sambungan internet dan juga software penambang BTCMiner, maka anda sudah bisa melakukan kegiatan penambangan Bitcoin. BTCMiner ini merupakan software dengan sumber terbuka untuk penambangan Bitcoin ZTEX USB – FPGA Modules. Perangkat ini memungkinkan anda untuk membangun sebuah cluster FPGA namun dengan biaya yang sangat rendah dengan perangkat seperti hub USB dan sudah digunakan oleh banyak orang yaitu sekitar 142.315 orang pengguna.

Banyaknya orang memilih Bitcoins Miner karena BTC Miner memiliki fitur yang keren seperti alat pengukur kesalahan. Jadi perangkat ini bisa memilih hash tinggi untuk frekuensi penambangannya. Sistem operasi yang bisa menjalankan software BTC Miner ini hanya Windows dan Linux dan aplikasi BTC Miner bisa anda download secara gratis.

Karena gratis tentu ada saja kekurangan dari software ini yang perlu diwaspadai oleh penggunanya seperti informasi yang sangat terbatas, sistem instalasi yang cukup rumit sehingga tidak dianjurkan untuk pengguna baru dan penarikannya cukup lama. Sedangkan kelebihannya selain gratis, software ini bisa digunakan dengan mode hemat daya, bisa mengendalikan banyak sekali papan FPGA, skala frekuensi yang dinamis dan juga adanya penawaran Bitstream yang bisa digunakan.

Memilih Aplikasi Bitcoin Mining

Setelah membahas tentang beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk menambang bitcoin, sekarang saatnya kita bahas bagaimana caranya memilih aplikasi yang tepat untuk menambang bitcoin, yaitu :

1. Carilah aplikasi yang bisa mendukung kegiatan penambangan beberapa jenis cryptocurrencies.

2. Tampilan antar muka secara grafis (GUI) ramah pengguna.

3. Mudah digunakan dan juga mudah dipasang serta dilengkapi dengan navigasi.

4. Mendukung di berbagai sistem operasi yang berbeda, sehingga bisa dijalankan di berbagai jenis perangkat seperti komputer, smartphone dan juga tablet.

5. Kompatibel dengan berbagai hardware atau perangkat keras seperti GPU, FPGA dan juga ASIC.

6. Terdapat fitur otomatis sehingga mempermudah anda membuat rig secara otomatis dan biaya yang rendah dengan hashrate yang tinggi.

7. Fitur yang bisa dikostumisasi sehingga peluang anda untuk mendapatkan keuntungan lebih tinggi.

Kesimpulan

Setelah membaca penjelasan tentang berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk menambang bitcoin dan juga bagaimana memilih aplikasi tersebut, maka kita dapat mengetahui bahwa aktivitas penambangan itu biasanya dilakukan oleh orang-orang yang memang sudah tidak asing dengan berbagai perangkat penambangan yang ada. Karena banyak sekali aplikasi yang tersedia itu sulit diinstal atau dipasang.

Ditambah lagi, kegiatan penambangan ini sebenarnya membutuhkan modal yang cukup besar, karena perangkat komputer yang dibutuhkan untuk kegiatan penambangan ini biasanya komputer dengan spesifikasi tinggi, ditambah lagi perangkat keras yang dibutuhkan juga tergolong mahal. Seperti kartu grafis yang saat ini langka di pasaran yang membuat harganya melambung tinggi. Tingginya harga kartu grafis dipasaran ini juga dipengaruhi oleh banyaknya kegiatan penambangan yang terjadi belakangan ini, sehingga tak jarang para penambang bitcoin tersebut memborong kartu grafis yang ada dipasaran sehingga menyebabkan kelangkaan kartu grafis saat ini. Dan harga kartu grafis saat ini naik 2 kali sampai 3 kali lipat dari harga yang seharusnya.

Jadi, jika anda memutuskan untuk menjadi seorang penambang, modal yang anda butuhkan sangat banyak, bukan hanya modal produksi saja yang perlu dipersiapkan, namun modal pengetahuan juga penting, mengingat aplikasi penambang bitcoin itu tergolong rumit untuk dioperasikan oleh orang awam, sehingga para penambang bitcoin biasanya orang yang mengerti dan memahami bagaimana sistem kerja software yang mereka gunakan tersebut, ditambah lagi biaya operasional seperti listrik yang tentunya nonstop digunakan. Oleh sebab itu pilihlah aplikasi yang memiliki tingkat hash yang tinggi, dan sistem pembayaran yang cepat sehingga kegiatan penambangan tersebut memberikan keuntungan yang sebanding bagi anda yang melakukan kegiatan penambangan tersebut.

Abdurrahman Wahid II

Abdurrahman sudah menggeluti dunia investasi dari tahun 2010 dan terus menggali pengetahuan di dunia investasi dan keuangan dari berbagai sumber.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock detected

Please, disable the adblocker. Otherwise, we will not be able to show all the beauty of the content on this page