Crypto exchange coinmarketsMata uang kripto

Mengenal Lebih Jauh Tentang Bitcoin dan Fungsinya

Memahami Bitcoin sebagai mata uang kripto yang sangat populer saat ini, serta fungsi dan kegunaan bitcoin sebagai media investasi dan juga sebagai aset digital yang banyak digemari investor muda saat ini.

Arti Atau Definisi dan Cara Kerja Bitcoin

Bitcoins adalah mata uang kripto atau cryptocurrency yang memiliki dominasi terbesar saat ini, sampai saat artikel ini dibuat, harga mata uang bitcoin berada di kisaran harga 667 jutaan per koinnya atau setara dengan 46.000$ per kepingnya. Dan bitcoin menjadi Big coin karena dominasinya yang besar jika dibandingkan dengan set kripto lainnya yang diperdagangkan di exchanger.

Lalu bagaimana cara kerja bitcoin itu sendiri? Bitcoin menjadi salah satu mata uang kripto yang terdesentralisasi. Orang yang ingin menggunakan bitcoin baik sebagai media investasi aset digital ataupun untuk tujuan tertentu lainnya harus memiliki dompet digital yang masuk dalam jaringan peer to peer. Untuk lebih memahami tentang bitcoin secara teknik, anda bisa membacanya informasi tentang dari mana bitcoin berasal dan juga apa yang dimaksud dengan bitcoin di wikipedia.

Blockchain

Ketika berbicara tentang aset digital seperti bitcoin tentu akan sangat erat kaitannya dengan blockchain. Blockchain sendiri adalah sebuah teknologi penyimpanan data secara digital dan berkaitan antara satu block dengan block lainnya, sehingga setiap transaksi yang terjadi akan tersimpan pada blok tersebut yang lebih dikenal dengan buku besar. Buku besar ini berisi hash data dan juga histori hash sebelumnya.

Alur kerja pada bitcoin
Alur kerja pada bitcoin

Terdiri Dari Kunci Publik dan Kunci Pribadi

Jika kita akan melakukan transaksi bitcoin misalnya pengiriman antar bitcoin kita membutuhkan kunci publik atau alamat bitcoin yang akan dituju, alamat ini berupa paduan angka dan huruf yang cukup panjang, kesalahan dalam 1 huruf atau satu angka saja bisa menyebabkan bitcoin anda hilang dan tidak bisa kembali ke alamat asal pengirim, oleh sebab itu, jika akan melakukan transaksi menggunakan bitcoin sebaiknya perhatikan secara detail alamat yang dituju atau kunci publik yang akan dituju.

Kegiatan Penambangan Bitcoin

Penambang bitcoin menggunakan kekuatan komputasi mereka untuk menghasilkan bitcoin, saat ini kegiatan penambangan bitcoin sudah banyak dilarang diberbagai negara karena penggunaan listrik yang tidak ramah lingkungan, karena kegiatan penambangan ini membutuhkan banyak energi listrik, sedangkan energi listrik saat ini banyak dihasilkan dari sumber energi batu bara yang sering kali dianggap dapat merusak lingkungan.

Antara Pengguna Anonim dan Keamanan Bitcoin

Setelah memahami arti bitcoin dan penggunaan bitcoin, penjelasan tentang bitcoin dan cara kerjanya dapat anda lihat pada link berikut ini. Seperti yang kita ketahui dari penjelasan diatas bahwa fungsi bitcoin salah satunya adalah sebagai media investasi dan juga aset digital. Meskipun banyak sekali pro kontra terkait penggunaan bitcoin sebagai sarana pengganti uang dan alat pembayaran, banyak sekali negara yang menentang keberadaan bitcoin, hal ini terkait dengan keamanan yang terjamin di Bitcoin sampai pada identitas penggunanya.

Artinya semua pengguna bitcoin identitasnya terlindungi, karena transaksi pada bitcoin hanya menggunakan dompet digital yang berisi kunci publik dan kunci pribadi saja tanpa ada data dari pengirim maupun penerimanya. Dan ini tidak hanya berlaku bagi Indonesian saja namun semua pengguna bitcoin di seluruh dunia. Karena anonim penggunanya ini maka bitcoin sangat rentan digunakan untuk transaksi ilegal seperti pencucian uang dan juga terorisme.

Kelebihan Bitcoin

Bitcoin bukan hanya sebagai mata uang digital saja, namun sudah menjadi bigcoin yang ada di dunia, lantas apa bitcoin memiliki kelebihan sehingga membuat banyak orang yang tertarik menggunakan bitcoin?, jawabannya tentu saja bitcoin memiliki kelebihan, banyak juga orang yang melakukan permainan bitcoin untuk menghasilkan uang dan pengguna bitcoins Indonesia juga tidak sedikit. Adapun beberapa kelebihan bitcoin yaitu :

1. Transaksi Aman Dengan Biaya Murah

Transaksi menggunakan Bitcoin sangat terproteksi dengan baik, cepat dan juga biayanya murah, artinya penggunaan bitcoin lebih efisien dan juga efektif.

2. Pertumbuhannya Sangat Besar

Bitcoin menjadi mata uang digital dengan pertumbuhan yang sangat besar, penggunanya menyadari bahwa sistem kerjanya bitcoin lebih cepat dibandingkan dengan transfer kawat melalui bank sehingga manfaat bitcoin sangat terasa di dunia digital saat ini

3. Tanpa Perantara Pemerintah dan Bank Tradisional

Karena bitcoin bekerja secara peer to peer dan terdesentralisasi, mata uang digital ini beredar tanpa adanya peran pemerintah dan juga transfer antar negara bisa dilakukan tanpa peran bank tradisional sama sekali.

Kelemahan Bitcoin

Setiap mata uang digital pasti memiliki kekurangan dan juga kelebihan, jika anda berkecimpung di dunia investasi dan aset digital seperti bitcoin, maka anda tidak akan asing dengan berita tentang bitcoin setiap harinya, dan pastinya anda juga sudah mengetahui info seputar bitcoin dan update tentang bitcoin Indonesia. Namun bagi pengguna baru tentu masih bingung tentang pengertian bitcoin itu sendiri, apa itu bitcoin indonesia dan cara terjitu yaitu mencari penjelasannya di Internet. Kelemahan bitcoin yaitu :

1. Harga yang fluktuatif

Bitcoin diperdagangkan di exchanger dan harganya juga naik dan turun setiap harinya, artinya bagi spekulan dan investor tentu ini memiliki peluang menguntungkan, karena bisa mengambil untung dari fluktuasi harga, namun jika disimpan dalam jangka waktu yang lama tentu sangat berisiko, harga bisa saja melambung tinggi, namun bisa juga turun drastis.

2. Keterbatasan dalam penggunaan

Seperti yang kita ketahui, bahwa banyak negara di dunia melarang bitcoin sebagai alat pembayaran, oleh sebab itu penggunaan bitcoin sangat dibatasi oleh pemerintah, namun wacana untuk menggunakan bitcoin sebagai alat pembayaran masih tetap ada dan mungkin saja terjadi dimasa depan.

3. SIPC tidak melindungi

SIPC sebagai organisasi proteksi investasi bahkan tidak melakukan proteksi terhadap bitcoin, hal ini mungkin saja erat kaitannya dengan regulasi dari pemerintah sendiri terkait penggunaan bitcoin.

4. Berisiko tinggi terhadap aksi peretasan

Karena bitcoin adalah aset digital dan mata uang digital, maka jika dompet bitcoin anda tidak terproteksi dengan baik, maka akan sangat mudah diretas, dan pencurian bitcoin lebih mudah dilakukan daripada melacak jejak pencurinya, karena semua identitas pemilik bitcoin terproteksi dengan baik.

Aksi hacker melakukan pencurian bitcoin
Aksi hacker melakukan pencurian bitcoin

Cara Mendapatkan Bitcoin

Salah satu cara mudah untuk mendapatkan bitcoin ataupun coin lainnya seperti bcha coin singkatan dari bitcoin cash bisa dibeli di exchanger. Salah satu exchanger terbesar di dunia adalah Binance. Atau anda juga bisa melakukan penambangan, namun penambangan membutuhkan modal yang tidak sedikit, selain itu penambangan bitcoin juga membutuhkan energi listrik yang tidak sedikit, oleh sebab itu banyak orang memilih untuk menjadi trader.

Antara KoinWorks dan Bitcoin

Banyak orang yang salah paham keterkaitan apa itu btc dan koinworks, padahal keduanya sangat berbeda, koinworks itu adalah aplikasi P2P lending yang produknya tidak ada kaitannya dengan bitcoin maupun koin apapun.

Transaksi di KoinWorks Dengan Bitcoin

Koinworks tidak adalah P2P lending yang berasal dari Indonesia, dan mengikuti legalitas yang ada di Indonesia, dan tentu saja semua transaksi yang terjadi menggunakan rupiah bukan bitcoin atau mata uang digital lainnya.

Penggunaan Bitcoin Serta Cryptocurrency dan Legalitasnya

Kegiatan perdagangan bitcoin dan juga cryptocurrency lainnya legal di Indonesia, namun dengan catatan, bitcoin sebagai aset digital, bukan sebagai alat tukar atau alat pembayaran, dan di Indonesia sudah ada beberapa exchanger yang memiliki legalitas resmi.

Abdurrahman Wahid II

Abdurrahman sudah menggeluti dunia investasi dari tahun 2010 dan terus menggali pengetahuan di dunia investasi dan keuangan dari berbagai sumber.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock detected

Please, disable the adblocker. Otherwise, we will not be able to show all the beauty of the content on this page