Bursa & SahamInvestasi

Memahami Lebih Dalam Tentang Sekuritas Dan Cara Memilih Sekuritas Yang Tepat

Membahas tentang definisi sekuritas, perusahaan sekuritas, dan cara memilih perusahaan efek di indonesia agar investasi dalam sekuritas ekuitas dan portofolio anda tetap aman.

Mengenal Sekuritas

Bagi mereka yang sudah terbiasa dengan investasi di bidang saham, maka sudah tidak asing lagi dengan sekuritas. Lalu apa itu sekuritas? Sekuritas adalah sebuah surat tanda hutang bagi perusahaan publik dan dapat dicairkan. Dan untuk bisa mengakses pasar modal kita memerlukan sebuah perusahaan sekuritas atau lebih dikenal dengan perusahaan pialang saham.

Jadi perusahaan sekuritas adalah sebuah perusahaan yang membantu investor agar bisa masuk dan melakukan transaksi di bursa saham. Indonesia memiliki bursa saham yang kita kenal dengan BEI atau IDX.  BEI hanya menerima perusahaan-perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar di BEI dan juga berada di bawah pengawasan OJK. Jadi bagi anda calon investor, sebaiknya pilih saja perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dan untuk daftar lebih rinci anda bisa melihatnya di website resmi IDX.

Lini Usaha Perusahaan Sekuritas

Setelah memahami apa itu perusahaan sekuritas, sekarang kita akan bahas terkait bisnis yang dilakukan perusahaan sekuritas ini, apa sebenarnya fungsi dan peran perusahaan sekuritas ini. Berikut adalah 2 fungsi dari sebuah perusahaan sekuritas, yaitu :

1. Penjamin Emisi Efek

perusahaan ini juga bertugas membantu sebuah perusahaan yang ingin melakukan IPO atau Initial Public Offering. Dengan bahasa yang mudah dipahami atau dengan kata lain  perusahaan sekuritas ini yang akan menjadi penjamin efek dan membantu perusahaan-perusahaan yang akan melakukan go public dan menawarkan saham perdananya kepada masyarakat luas di bursa.

2. Perantara Perdagangan Efek

Perusahaan sekuritas ini memiliki bisnis yaitu membantu para investor untuk memasuki bursa, atau lebih dikenal dengan perantara perdagangan efek. Dan hanya perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar di BEI saja yang bisa menjadi perantara efek. Dan investor yang ingin berinvestasi di bidang saham atau produk derivatif lainnya harus melalui perusahaan sekuritas untuk memiliki akun dan melakukan pendaftaran.

Perusahaan Sekuritas Yang Ada Di Indonesia

Pengertian perusahaan sekuritas dan perusahaan efek di Indonesia memang sedikit membingungkan, namun perlu diketahui bahwa kedua perusahaan ini sangat berbeda. Jika perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang tugasnya membantu investor agar bisa melakukan investasi dalam sekuritas ekuitas, sekaligus membantu perusahaan efek yang ingin menjual sekuritas sahamnya. Jadi dengan kata lain, perusahaan sekuritas ini menjadi pialang atau mediator agar investor bisa bertemu dengan perusahaan efek. Dan tepat bertemunya pemilik modal atau investor ini dengan perusahaan efek yang memberikan penawaran jenis sekuritas disebut dengan bursa.

Ada beberapa contoh perusahaan sekuritas yang bisa membantu anda agar bisa mengakses bursa dan melakukan transaksi disana, yaitu :

  1. PT. Mirae Asset Sekuritas
  2. TriMegah Sekuritas
  3. PT.BNI Sekuritas

Dan masih banyak lagi, umumnya perusahaan ini memiliki nama belakang sekuritas sebagai tanda bahwa perusahaan tersebut bergerak sebagai penyedia layanan perantara perdagangan di bursa efek. Dan perusahaan sekuritas yang ada di Indonesia ada yang berasal dari indonesia dan juga ada perusahaan sekuritas asing yang beroperasi di Indonesia.

Jenis Sekuritas

Sekuritas adalah sebuah instrumen keuangan yang menjadi sebuah bukti bahwa investor tersebut memiliki bukti atas kepemilikan sebuah perusahaan publik, bukti tersebut biasanya berupa saham ataupun obligasi. Berikut ini jenis-jenis sekuritas yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Ekuitas

Jenis sekuritas berbentuk ekuitas ini contohnya seperti saham, dan saham ini menjadi bukti kepemilikan atas perusahaan publik tersebut. Saham ini juga dibagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu saham preferen dan saham biasa. Jika anda memiliki saham preferen maka otoritas kepemilikan perusahaan anda lebih tinggi dibandingkan dengan saham biasa. Semakin besar saham yang anda miliki atas sebuah perusahaan publik, maka semakin besar pengaruh anda terhadap perusahaan tersebut. Dan balas jasa dalam saham disebut dengan dividen yang akan dibagikan setiap tahunnya kepada setiap pemegang saham. Besarnya dividen tergantung pada besar saham yang anda miliki..

2. Utang

Salah satu contoh sekuritas dalam bentuk utang ini adalah obligasi. Dan biasanya pada obligasi sudah tertera tanggal jatuh temponya. Dan balas jasa untuk pemegang obligasi yaitu berupa bunga.

Bagaimana Bentuk Sekuritas?

Diatas sudah dijelaskan tentang pengertian sekuritas, namun tahukah anda bagaimana bentuk dari sekuritas itu sendiri? Ada 3 jenis bentuk sekuritas yaitu:

  • Sertifikat atas nama
  • Sertifikat atas rujuk
  • Sertifikat global dan efek tanpa warkat

Jadi bentuk sekuritas itu ada yang memiliki bentuk fisik dan ada yang tidak, jenis sekuritas yang tidak memiliki bentuk fisik yaitu efek tanpa warkat karena transaksinya hanya dilakukan secara online dalam bentuk settlement pemindahbukuan.

Beberapa Pihak Yang Terlibat Dalam Perusahaan Sekuritas

Dalam pasar modal perusahaan sekuritas memiliki peran yang sangat penting, seperti sekuritas yang berasal dari kata sekuritas yang artinya surat berharga, pengertian sekuritas dalam pasar modal juga berarti surat berharga, surat ini bisa berupa obligasi, reksadana, saham dan produk derivatif lainnya, tapi transaksi yang terjadi di bursa tidak dapat dilakukan atas nama pribadi anda, melainkan harus melalui perusahaan sekuritas itu sendiri, dan tiap transaksi yang terjadi akan ditulis berdasarkan perusahaan sekuritas yang menaungi anda sebagai investor. Oleh sebab itu perusahaan sekuritas yang terdaftar di BEI biasanya memiliki kode-kode perusahaan.

Dan di dalam sebuah perusahaan sekuritas, terdapat pihak yang terlibat dan sering disebut sebagai pialang atau broker. Broker ini bertugas sebagai perantara dalam setiap transaksi yang dilakukan oleh investor. Namun broker tidak memiliki wewenang secara langsung untuk melakukan jual atau beli saham dengan menggunakan akun investor. Broker boleh memberikan rekomendasi serta informasi terhadap sebuah perusahaan efek, analisa sahamnya, reputasi perusahaan dan lain sebagainya sebagai data pendukung.

Semakin baik analisa dan juga informasi yang diberikan oleh broker kepada para investor, maka akan semakin baik pula citra perusahaan sekuritas tersebut. Karena bagaimanapun juga investor membutuhkan informasi yang akurat terhadap perusahaan emiten dan sebagai bahan pertimbangannya untuk membeli saham sebuah perusahaan. Jadi jika analisa pasar yang diberikan oleh broker akurat, maka semakin baik reputasi broker itu dimata investor.

Tips Dan Trik Dalam Memilih Sebuah Perusahaan Sekuritas

Dalam melakukan investasi di bidang saham dan sekuritas lainnya, hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah memilih perusahaan sekuritas. Karena perusahaan sekuritas inilah yang akan menjadi jembatan bagi anda agar bisa memasuki pasar. Tanpa jasa perusahaan sekuritas, maka anda tidak akan memiliki akses ke bursa meskipun dana investasi yang anda miliki tidak sedikit. Jadi jangan pernah remehkan peranan perusahaan sekuritas ini. Karena perannya yang sangat penting bagi investor, maka memilih perusahaan sekuritas juga tidak mudah, namun ada beberapa tips yang bisa anda ikuti untuk menemukan perusahaan sekuritas yang anda inginkan.

Aktivitas Pelayanan di kantor OJK
Aktivitas Pelayanan di kantor OJK

1. Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

OJK atau Otoritas Jasa Keuangan memiliki tugas untuk melindungi masyarakat. Karena OJK bertugas mengawasi semua lembaga keuangan yang ada di Indonesia, tujuannya adalah untuk mengurangi tingkat penipuan dengan alasan investasi. Meskipun masyarakat sering kali diedukasi tentang keberadaan OJK ini, tapi masih saja banyak orang yang tertipu dengan investasi bodong. Bukan mendapatkan untung dari investasi, malah uang yang diinvestasikan dibawa kabur oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi pastikan bahwa perusahaan sekuritas yang anda pilih sudah terdaftar di OJK ya.

2. Kemudahan Dalam Bertransaksi

Perusahaan sekuritas saat ini sudah berkembang, dan memilih sekuritas yang baik juga tidak sulit. Semua kemudahan dalam bertransaksi dengan menggunakan aplikasi. Portofolio anda akan senantiasa berada dalam genggaman anda, jadi anda bisa mengeceknya secara berkala hanya menggunakan smartphone tanpa repot-repot lagi mengunjungi kantor perusahaan sekuritas tersebut. Karena sistem transaksi sudah bisa dilakukan secara online, dan nilai aset seta portofolio anda juga bisa dipantau secara langsung, kapanpun dan dimanapun anda menginginkannya.

3. Memberikan Riset Pasar Yang Baik

Riset pasar memang tidak selalu tepat, karena banyak sekali faktor yang akan mempengaruhi pergerakan harga saham. Namun perlu anda ketahui, sebuah perusahaan sekuritas yang baik, akan memberikan layanan berupa informasi dan juga rekomendasi terhadap saham-saham yang memiliki potensial, sehingga para investor bisa mendapatkan keuntungan dari transaksi saham sekuritas tersebut. Memang ada beberapa perusahaan sekuritas yang tidak melakukan riset secara rinci, namun hanya mengambil kesimpulan dari riset-riset yang dilakukan perusahaan sekuritas lainnya. Tugas anda sebagai investor adalah memilih dan menyaring semua informasi yang tepat, karena bagaimanapun juga anda yang bertanggungjawab atas portofolio yang anda miliki.

4. Fee

Fee atau biaya juga menjadi pertimbangan bagi para investor, semakin kecil fee yang dikenakan, maka semakin besar investor untuk memilih perusahaan sekuritas tersebut, namun bukan hanya perkara fee saja, banyak faktor-faktor yang lain yang akan mempengaruhinya seperti reputasi perusahaan sekuritas tersebut.

5. Layanan Pelanggan atau Customer Service

Layanan pelanggan memiliki peranan yang sangat penting bagi para investor. Perusahaan sekuritas harus memiliki layanan pelanggan yang menguasai produk-produk investasi, baik secara teknis maupun non teknis, sehingga jika investor menanyakan sesuai terkait trading dan juga produk investasi, mereka bisa memberikan informasi secara rinci dan mudah dipahami.

Kesimpulan

Setelah membaca semua artikel diatas, maka anda tentu sudah memahami arti sekuritas itu sendiri, dan juga memahami bagaimana proses investasi pada sekuritas, dan juga beberapa contoh sekuritas yang bisa anda beli di bursa. Untuk mencari informasi terkait profil perusahaan tercatat anda bisa melihat info secara rinci di website resmi Bursa Efek Indonesia. Karena perusahaan sekuritas yang terdaftar akan dengan mudah anda temukan namanya di bursa. Jadi tetap hati-hati ya dalam memilih perusahaan sekuritas untuk investasi anda.
Dan untuk memastikan perusahaan sekuritas yang anda pilih sebagai partner anda dalam berinvestasi di pasar modal, pastikan perusahaan tersebut terdaftar dan dibawah pengawasan OJK. Biasanya perusahaan sekuritas yang terdaftar sudah memiliki kode perusahaan yang bisa anda lihat juga di Bursa Efek Indonesia. Jadi dengan membeli saham sebuah perusahaan publik, artinya anda memiliki perusahaan tersebut beserta pabrik dan juga semua bisnisnya, namun perlu diingat persentase besarnya kepemilikan perusahaan dipengaruhi oleh besarnya saham yang anda miliki. Jangan lupa memulai investasi sejak dini ya, untuk kebebasan keuangan dimasa yang akan datang.

Abdurrahman Wahid II

Abdurrahman sudah menggeluti dunia investasi dari tahun 2010 dan terus menggali pengetahuan di dunia investasi dan keuangan dari berbagai sumber.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock detected

Please, disable the adblocker. Otherwise, we will not be able to show all the beauty of the content on this page