Bursa & SahamInvestasi

Mari Kenali Lebih Dalam Perusahaan Tbk Di Indonesia

Membahas lebih dalam tentang apa itu perusahaan Tbk dan daftar perusahaan yang sudah Tbk di Indonesia, Perseroan publik yang sahamnya bisa dimiliki dan beberapa daftar dan contoh perusahaan terbuka di Indonesia.

Ciri Perusahaan Tbk yang Ada di Indonesia

Perusahaan Tbk adalah badan hukum atau perusahaan dalam bentuk perseroan dimana sahamnya dijual ke public. Di Indonesia ada banyak sekali perusahaan yang sudah Tbk. Daftar perusahaan terbuka di Indonesia dapat anda lihat daftarnya di bursa efek dan untuk memastikan apa itu perusahaan Tbk tidaklah sulit, anda hanya perlu melihat nama perusahaannya, cirinya yaitu biasanya di belakang nama perusahaan tersebut dibubuhi dengan Tbk. Namun masih banyak ciri perusahaan Tbk di Indonesia. Mari kita kaji lebih dalam tentang perusahaan Tbk di Indonesia lebih dalam lagi.

Ciri-ciri Perusahaan Tbk

Berikut ini adalah ciri-ciri umum yang biasanya dimiliki oleh perusahaan terbuka yang ada di Indonesia antara lain :

1. Dewan direksi sebagai pemimpin

Dewan direksi merupakan pimpinan tertinggi yang mengelola sebuah perusahaan perseroan terbatas, sedangkan pihak komisaris sebagai pengawas tertinggi.

2. Tujuannya terarah dengan jelas.

Sebuah perseroan memiliki tujuan yang jelas karena memiliki tanggung jawab yang berat, bukan hanya kepada kepada pemegang saham saja, namun juga kepada public. Karena perusahaan ini didirikan dengan status hukum yang jelas.

3. Saham sebagai sumber modal

Karena modal untuk mendirikan perusahaan ini berasal dari dana dari hasil penjualan saham yang disetorkan oleh para pemegang saham, maka pengelolaannya harus jelas dan dapat dipertanggungjawabkan. Dan kepemilikan perusahaan berdasarkan besarnya saham yang dimiliki. Pemilik saham terbesar memiliki hak atas keputusan yang akan diambil untuk kemajuan perusahaan.

4. Dividen sebagai keuntungan yang harus dibagi

Saat perusahaan memiliki kinerja yang baik dan mampu mencetak profit, dan para pemegang saham memiliki hak atas dividen, dividen akan dibagikan setiap tahun selama perusahaan menghasilkan profit.

5. Tidak mendapatkan fasilitas dari negara

PT Tbk di Indonesia tidak mendapatkan fasilitas apapun dari negara kecuali perusahaan tersebut merupakan milik negara dimana sahamnya sebagian bisa dijual ke masyarakat, namun pengelolaannya tetap independen.

6. Pemegang saham yang terbatas

Biasanya perusahaan ini memiliki batasan jumlah saham yang bisa dimiliki oleh publik, sebagian besar dimiliki oleh pendiri, namun tidak pendiri juga bisa menjual sahamnya kepada orang lain, namun karena perusahaan ini merupakan perusahaan terbuka jadi tentu sahamnya tidak hanya dimiliki satu orang saja.

7. RUPS sebagai media untuk mengambil keputusan

Semua hal yang terjadi di sebuah perusahaan terbuka harus dimusyawarahkan bersama. Cara mengambil keputusannya yaitu dengan melakukan RUPS, semua keputusan hasil RUPS wajib dipatuhi oleh semua pihak yang terlibat dan pengelola perusahaan.

8. Imbuhan Tbk dibelakang nama perusahaan

Tbk atau terbuka merupakan ciri yang paling mudah dikenali oleh masyarakat umum untuk mengetahui apakah perusahaan itu adalah perusahaan terbuka atau tertutup.

Beberapa Contoh PT Terbuka Yang Terkenal di Indonesia

Setelah memahami pengertian Tbk pada perusahaan, maka berikut ini ada beberapa daftar perusahaan Tbk di Indonesia, dan bisa menjadi contoh saham perusahaan yang bisa anda miliki. Jadi dengan memiliki gambaran umum tentang contoh perusahaan terbuka dan tertutup anda bisa mengetahui contoh perusahaan publik mana yang sahamnya bisa dibeli dan yang mana yang tidak dibeli.

1. PT. Astra International Tbk

Perusahaan ini memiliki lini bisnis yang banyak dan beragam dan anak perusahaannya juga mengelola berbagai jenis bisnis seperti pabrik otomotif sampai dengan pertanian. Untuk info lebih lanjut tentang perusahaan Astra ini, silahkan klik disini.

RUPS Astra International Tbk
RUPS Astra International Tbk

2. PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk

Perusahaan finance satu ini menjadi perusahaan finance yang cukup terkenal dan merupakan salah satu perusahaan perusahaan terbuka, yang dimaksud perusahaan terbuka adalah perusahaan yang sahamnya bisa anda miliki karena dijual ke publik.

3. Bank Rakyat Indonesia Tbk

Bank ini menjadi salah satu daftar perusahaan BUMN. Nama perusahaannya juga sudah dikenal di penjuru Indonesia. Meskipun milik pemerintah, namun sahamnya dijual dan bisa dimiliki publik. Bank yang memiliki jangkauan paling luas sampai ke pelosok negeri yang berfokus untuk membantu perekonomian masyarakat terutama di desa.

4. PT. Gudang Garam Tbk

Salah satu perusahaan rokok terkenal di Indonesia ini telah menjadi perusahaan harga sahamnya termasuk tinggi, yaitu kisaran harga Rp.32.900 per lembar saham saat artikel ini ditulis. Untuk informasi lebih jauh tentang perusahaan ini anda bisa mengunjungi website perusahaan disini.

5. PT. Semen Indonesia Tbk

Perusahaan ini adalah salah satu perusahaan Tbk dan merupakan produsen semen yang cukup besar di Indonesia. Perusahaan ini juga adalah salah satu BUMN dimana lebih dari 50% sahamnya dimiliki oleh negara dan sisanya boleh dimiliki oleh umum. Perusahaan ini semula bernama PT. Semen Gresik kemudian diubah menjadi BUMN dan namanya diganti menjadi PT. Semen Indonesia.

Perusahaan Tbk dan Laporan Keuangannya.

Ilustrasi laporan keuangan Perusahaan Tbk
Ilustrasi laporan keuangan Perusahaan Tbk

Laporan keuangan merupakan salah satu unsur yang paling penting bagi sebuah perusahaan perseroan terbuka, karena laporan keuangan tersebut bisa dijadikan barometer bagi para pemegang saham dan juga investor untuk mengambil keputusan investasi. Biasanya laporan keuangan akan di kisaran bulan Januari, februari sampai maret. Sedangkan dividen akan dibagikan setiap tahun bisa saja pada bulan Mei, Juni ataupun Juli tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan tersebut.

Semakin bagus laporan keuangan sebuah perusahaan terbuka maka menginterpretasikan bahwa kinerja perusahaan semakin baik dan manajemen perusahaan mampu menjalankan perusahaan dengan baik pula. Dan hal ini juga bisa mempengaruhi tingkat harga saham di pasar. Oleh sebab itu perusahaan terbuka akan senantiasa bekerja untuk memenuhi target yang dibuatnya agar perusahaan semakin sehat.

Kesimpulan

Dengan memahami pengertian perusahaan Tbk yang sudah diterangkan diatas, maka anda tentu mengetahui ciri-ciri perusahaan perseroan terbuka dan bisa membedakan mana perusahaan terbuka dan mana perusahaan tertutup. Secara sederhana tentu kita langsung bisa mengenali mana perusahaan terbuka dan mana bukan perusahaan terbuka dari imbuhan Tbk yang biasanya disematkan pada nama belakang perusahaan tersebut.

Jadi dengan mengetahui ciri-cirinya, maka anda tidak akan kebingungan lagi untuk mencari daftar perusahaan terbuka yang sahamnya bisa anda miliki atau tidak, namun tidak semua perusahaan Tbk merupakan perusahaan yang sehat dan sahamnya bisa anda gunakan untuk investasi. Mengenali masing-masing perusahaan sebelum melakukan investasi lebih baik, baca dan cermati laporan keuangannya dan bandingkan laporan keuangannya dari tahun ke tahun, agar anda mengetahui apakah progres dan kinerja perusahaan tersebut semakin baik dari tahun ke tahun atau tidak.

Jangan membeli saham tanpa melakukan analisa, jika anda tidak memiliki kemampuan menganalisa saham sebuah perusahaan, maka sebaiknya anda serahkan kepada ahlinya saja, atau pelajari terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli saham dari perusahaan terbuka, karena tidak semua perusahaan terbuka itu sehat, bahkan banyak juga perusahaan yang terdelisting dari bursa. Jadi berhati-hatilah dalam memilih saham perusahaan.

Abdurrahman Wahid II

Abdurrahman sudah menggeluti dunia investasi dari tahun 2010 dan terus menggali pengetahuan di dunia investasi dan keuangan dari berbagai sumber.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock detected

Please, disable the adblocker. Otherwise, we will not be able to show all the beauty of the content on this page