Investasi

Mengenal Lebih Jauh Soal Real Estate Dan Perbedaannya Dengan Properti

Informasi seputar bisnis real estate, definisi real estate, Investasi di bidang real estate serta pilihan real estate dan pilihan investasi yang aman bebas inflasi serta bisa memberikan pendapatan pasif.

Tentang Real Estate

Tahukah kalian apa itu real estate? Dan mengapa real estate sering dikatakan juga sebagai properti, dan apakah ada perbedaan properti dan real estate itu sendiri? Jawabannya tentu berbeda. Definisi real estate atau pengertian real estate adalah tanah dengan semua yang ada diatasnya, termasuk bangunan dan sumber daya yang ada pada tanah tersebut. Sementara pengertian properti lebih pada bangunan yang ada pada sebuah lahan atau sebidang tanah tersebut. Jadi sudah jelas bukan perbedaan arti real estate dengan properti itu sendiri.

Ilustrasi gambar properti
Ilustrasi gambar properti

Contoh Dari Real Estate

Real estate ini merupakan sebuah bisnis yang memberikan keuntungan dan pendapatan pasif bagi pemiliknya. Bisnis real estate adalah sebuah bisnis yang berkaitan dengan tanah atau gedung dan juga bangunan diatasnya. Jika real estate lebih mengacu pada bentuk fisik bangunannya, namun properti lebih mengarah pada bentuk kepemilikannya. Contoh Real estate seperti gedung, kondominium, apartemen, gudang, dan juga tanah. Sedangkan contoh properti seperti kepemilikan rumah, kepemilikan apartemen, dan bentuk bangunan lainnya.

Jenis-Jenis Real Estate

Berdasarkan jenisnya, real estate ini terbagi menjadi 2 jenis berdasarkan jenis penggunaannya, yaitu:

1. Real estate komersial

Real estate komersial yaitu real estate untuk kegiatan komersial atau bisnis, misalnya ruko, hotel, gedung perkantoran dan juga gudang.

2. Real estate residential

Real estate residensial yaitu berupa tempat tinggal, contohnya rumah, apartemen, kondominium, rusun dan juga rumah kontrakan.

Siapapun anda bisa terjun di bisnis ini. Perusahaan real estate yaitu perusahaan yang melakukan pemasaran terhadap sebuah aset real estate, bisa dalam bentuk penjualan maupun sewa menyewa. Biasa perusahaan real estate di Indonesia dengan cara melakukan pemasaran properti sekaligus real estate. Anda bisa melihat daftar perusahaan properti pada website BEI.

Orang agen properti yang sedang memegang kunci rumah
Ilustrasi kunci rumah

Bedanya Dengan Properti

Jika real estate adalah bentuk fisik seperti gedung atau bangunan, dan juga lahan. Sedangkan properti mengacu kepada kepemilikan bangunan beserta tanahnya seperti rumah, gedung, ruko maupun gedung. Oleh sebab itu, ada perusahaan yang khusus properti namun ada juga perusahaan realty. Realty adalah real property atau real estate properti, dimana perusahaan ini merupakan perusahaan pemasaran terhadap real estate dan juga properti, baik sewa menyewa maupun jual beli.

Ilustrasi harga real estate yang semakin naik
Ilustrasi harga real estate yang semakin naik

Investasi Pada Real Estate Atau Properti dan Keuntungannya

Sudah sejak lama banyak sekali orang yang berinvestasi di bidang real estate dan juga properti, hal ini dikarenakan investasi di bidang realestate seperti tanah dan juga bangunan nilainya bisa naik berkali kali lipat. Dan banyak sekali perusahaan publik dengan label tbk di belakangnya yang menjalankan bisnis real estate dan juga properti. Bahkan terkadang bisnisnya hanya membantu pemilik properti melakukan pemasaran, agen properti tersebut akan mencari pemilik rumah atau properti yang akan di jual atau sale, dan membuat iklan pemasaran dengan bahasa yang menarik.

Bisnis sebagai agen properti merupakan salah bisnis yang sangat menjamur saat ini, hal ini dikarenakan kebutuhan masyarakat akan properti dan juga real estate sangat meningkat. Bagi masyarakat dengan penghasilan rendah sulit memiliki properti karena harganya yang mahal. Sedangkan bagi orang memiliki penghasilan tinggi, biasanya mereka membeli properti dengan tujuan investasi, misalnya membeli ruko untuk disewakan, karena harga sewa ruko per tahunnya sangat tinggi, dan biasanya orang akan menyewa ruko lebih dari satu tahun.

Memiliki properti seperti rumah atau ruko memang menguntungkan. Dan ruko yang dibelinya tersebut bisa disewakan sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan dari uang sewa tersebut setiap bulannya. Dan tentunya membutuhkan modal yang besar untuk memilikinya, karena saat ini harga properti dan juga real estate tidaklah murah. Bahkan banyak orang yang membeli properti dengan cara mencucinya ke bank sampai dengan puluhan tahun lamanya.

Ilustrasi investasi di real estate dan keuntungannya
Investasi Real Estate

Sebenarnya tidak masalah membeli properti dengan cara dicicil, hal ini malah menguntungkan karena anda bisa mencicilnya namun sudah bisa menggunakan bangunannya, apalagi bisa anda miliki dengan cara mencicil tapi bisa anda sewakan kembali, sehingga pendapatan sewa yang bisa digunakan untuk membayar cicilan properti tersebut setiap bulannya. Jadi anda bisa memiliki properti namun orang lain yang membayarnya dari hasil sewa yang anda lakukan. Jadi anda bisa mendapatkan pendapatan pasif dari investasi ini.

Abdurrahman Wahid II

Abdurrahman sudah menggeluti dunia investasi dari tahun 2010 dan terus menggali pengetahuan di dunia investasi dan keuangan dari berbagai sumber.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock detected

Please, disable the adblocker. Otherwise, we will not be able to show all the beauty of the content on this page