InvestasiOpsi biner

Mengenal Instrumen Investasi Binary Option

Saat ini masyarakat kita sudah mulai melek investasi, ditambah lagi kemajuan teknologi memberikan pengaruh yang besar terhadap pola pikir masyarakat. Internet dan gadget bukan lagi barang mewah, hampir semua orang baik di kota maupun di desa memilikinya. Dan kemudahan arus informasi melalui internet inilah yang membuat pola pikir masyarakat semakin berkembang. Banyak dari mereka yang semula tidak mengetahui apa-apa tentang investasi dan instrumen investasi. Hal dasar tentang investasi yang semula mereka ketahui hanya sebatas tabungan dan deposito saja. Namun saat ini sudah berubah. Masyarakat sudah mulai terbiasa dengan investasi menggunakan platform seperti saham, obligasi, pasar uang, pasar modal, forex bahkan binary option.

Meskipun pemerintah sudah berulang kali memblokir website-website jenis investasi binary options, namun masih saja banyak orang yang trading binary. Dan platform ini semakin populer. Binary option adalah instrumen investasi jangka pendek, karena transaksinya yang hanya berlangsung dalam hitungan menit saja. Selain itu, trading binary option tidak memerlukan modal yang besar, deposit minimum hanya 10$ saja. Dan rata-rata mereka adalah trader pemula yang ingin mengetahui cara bermain trading online namun menggunakan akun riil.

Mengenal Binary Options Lebih Dalam

Seperti kata dasarnya binary option terdiri dari 2 kata yaitu Binary dan Option. Jika diterjemahkan secara terpisah, Binary adalah sebuah bilangan sedangkan option adalah pilihan. Namun binary option memiliki arti tersendiri yaitu suatu instrumen investasi dimana trader menebak arah pergerakan pasar, yaitu apakah harga akan naik atau harga akan turun. Jika prediksi trader benar, maka trader tersebut akan mendapatkan keuntungan, dan jika salah maka akan mendapatkan kerugian. 

Dan salah satu daya tarik trading di binary option adalah waktu yang diperlukan untuk trading tidaklah lama, anda bisa mendapatkan keuntungan atau kerugian hanya dengan 1 menit saja. Namun ada juga trader binary yang menggunakan durasi waktu yang cukup lama untuk trading binary option, misalnya 1 jam, hal ini dikarenakan sangat sulit baginya untuk membaca kemana arah pergerakan pasar jika durasi yang dibutuhkan dalam trading hanya 1 menit saja

Mempelajari Trading Sebelum Membuka Akun Riil

Trading option adalah kegiatan perdagangan option dimana seorang trader hanya perlu memilih harga naik atau harga turun dengan batasan waktu tertentu. Bermain trading tanpa mengetahui cara main trading sama dengan judi. Meskipun nampak mudah, namun faktanya kita harus mengenal konsep dan praktek trading binary option itu apa agar kita mengetahui cara trading binary option yang benar sehingga kita bisa menghasilkan keuntungan dari trading binary tersebut.

Pada dasarnya hampir semua platform perdagangan binary option memberikan media bagi pemula untuk mempelajari trading tanpa harus mengeluarkan uang sedikitpun, salah satunya yaitu memanfaatkan akun demo. Akun demo dapat digunakan untuk pemula sebagai media belajar dan juga merasakan trading yang sebenarnya. Karena pada demo akun biasanya sudah dilengkapi dengan saldo virtual yang dapat anda gunakan untuk melakukan transaksi perdagangan.

Selain demo akun, anda juga dapat mempelajari cara bermain trading dengan baik menggunakan video-video yang dapat anda tonton di internet. Jangan tergiur ingin mendapatkan uang dengan cepat, sehingga anda memutuskan untuk membuka akun riil tanpa memiliki pengetahuan dasar trading. Belajar binary option dengan baik, pelajari juga panduan trading dan pahami dengan baik apa itu binary. Anda juga bisa mengikuti komunitas-komunitas binary trading indonesia untuk mendapatkan info-info terbaru mengenai binary trading dan belajar dari mereka yang sudah berpengalaman.

Pilih Broker Yang Memiliki Legalitas Resmi

Salah satu hal yang sangat penting dalam trading binary options adalah memilih broker yang tepat. Bila perlu carilah broker yang sudah memiliki izin dari pemerintah atau lembaga pemerintah seperti OJK dan juga Bappebti. Namun sayangnya untuk trading binary, belum ada broker yang memiliki izin dari pemerintah Indonesia. Entah karena masalah internal perusahaan yang tidak mau mengurus perizinan di Indonesia, atau pemerintah Indonesia yang tidak mengizinkan jenis binary investment ada di Indonesia.

Salah satu alasannya karena trading binary seperti di olymp trade halal atau haram masih belum ada kejelasan dari pemerintah, karena penduduk Indonesia yang mayoritas muslim, tentu ini menjadi suatu hal yang penting dan harus diatur. Ditambah lagi trading binary dan cara trading dengan iq option menggunakan batasan waktu kadaluarsa. Dan untuk trading yang benar kita membutuhkan waktu yang cukup untuk menganalisis arah pergerakan pasar. Durasi waktu trading di binary options biasanya mulai dari 1 menit dan maksimal 1 jam.

Karena belum ada satupun platform trading binary Option yang diberikan izin oleh pemerintah, namun masih banyak orang yang tetap memiliki cara trading di iq option. Dan pemerintah juga sudah banyak memblokir website resmi broker binary ini. Namun tak menyurutkan niat para trader untuk tetap melakukan trik trading iq option dan mengakses websitenya menggunakan VPN dan lain sebagainya.

Meskipun tidak ada broker binary option yang memiliki legalitas di Indonesia, dan anda masih ingin trading binary options, maka hal yang paling penting yang perlu kita ketahui adalah sistem pembayaran yang mereka miliki, serta mencari tahu tentang pengalaman-pengalaman para trader yang pernah trading binary options tersebut. Apakah terdapat masalah dalam penarikan uang, dan permasalahan-permasalahan lainnya yang dianggap bisa merugikan trader. Jika anda bergabung dalam sebuah forum diskusi tentang trading binary, para trader tersebut tidak segan-segan membagikan pengalaman trading mereka dan broker yang mereka gunakan.

Pelajari Teknik Trading  dengan menggunakan Indikator Pendukung

Kegiatan trading binary option tentu sangat menyenangkan jika anda memiliki pengetahuan dasar trading dan juga mengetahui teknik analisis arah pergerakan pasar. Ada 2 teknik analisa yang biasanya digunakan dalam trading yaitu :

  1. Analisis Teknikal yaitu analisis yang digunakan oleh trader dengan menggunakan chart dengan time frame tertentu, dan dipadukan dengan indikator-indikator pembantu seperti moving average, RSI, MACD dan lain sebagainya, serta membandingkan pola grafik di masa lalu. Pola-pola tersebut bisa menunjukkan kemana arah pergerakan pasar akan berlanjut, sehingga anda bisa mengambil keputusan yang tepat saat trading.
  2. Analisis Fundamental yaitu analisis terkait berita-berita ekonomi, politik dan isu-isu internal suatu negara. Jika anda hendak melakukan trading pada pasangan mata uang tertentu, tentu anda harus hati-hati terhadap isu-isu kedua negara yang pasangan mata uangnya hendak anda perdagangkan. Terkadang isu-isu tersebut bisa memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap arah pergerakan pasar. Dan perlu diketahui, analisis teknikal tidak akan berguna disaat sebuah berita penting terkait suatu negara dirilis. Jadi anda harus tetap update terhadap berita terbaru.

Bermain Trading Binary Option, Nampak Mudah Tapi Sulit

Sebelum melakukan trading binary option, satu hal yang perlu anda kuasai adalah anda harus memahami apa itu binary option dan apa itu trading binary option. Dan anda juga harus memiliki pengetahuan dasar trading tersebut. Jika anda akan trading binary option tanpa memiliki pengetahuan dasar trading dan hanya menebak-nebak saja kemana arah pergerakan pasar, maka sama saja anda berjudi.

Jika kita buka aplikasi binary option seperti Iq Option, kita bisa melihat bahwa cara trading iq option dan broker option yang lain hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut ini :

  1. Menentukan pasangan aset yang akan diperdagangkan
  2. Menentukan besarnya jumlah modal yang akan digunakan
  3. Menentukan durasi waktu atau batas waktu kadaluarsa dalam trading, batas waktu ini bervariasi mulai dari 1 menit, 5 menit, 30 menit dan juga 1 jam.
  4. Klik tombol hijau jika prediksi anda harga akan naik, dan tekan tombol merah jika prediksi harga akan turun.
  5. Tunggu sampai batas waktu kadaluarsa, dan anda akan mengetahui hasil trading anda, apakah anda rugi atau untung. Jika durasi waktu yang anda pilih 1 menit, maka trading akan berakhir dalam kurun waktu 1 menit.

Jadi trading binary option memang memungkinkan anda untuk mendapatkan keuntungan hanya dalam kurun waktu 1 menit saja, namun hal ini juga berlaku sebaliknya, anda bisa mengalami kerugian dalam kurun waktu 1 menit saja. Oleh sebab itu, untuk meminimalisir kerugian, anda harus memahami apa itu trading option, apa itu iq option dan bagaimana cara trading agar tetap untung. Dan trading di binary option ini tidak semudah yang kita bayangkan. Tanpa analisis, mungkin anda kebetulan akan mendapatkan keuntungan, namun kerugian akan lebih mengancam anda.

Investasi atau Judi?

Karena cara kerja binary option terkesan hanya menebak-nebak saja apakah harga akan naik atau akan turun, dan sebagai trader kita hanya perlu menunggu sampai waktu yang ditentukan habis, maka sekilas trading binary sangat mirip dengan judi. Namun apakah mungkin trading binary tidak hanya sekedar menebak-nebak saja, namun bisa dipelajari seperti instrumen investasi lainnya?

Jawabannya bisa. Namun untuk trading di binary option pilihlah waktu kadaluarsa terlama misalnya 1 jam. Dengan time frame 1 jam, maka mungkin bagi seorang trader untuk melakukan analisis arah pergerakan pasar, kemana arah pasar akan bergerak. Namun jika anda memilih batas waktu minimal seperti 1 menit, rasanya sulit untuk memprediksi arah pergerakan pasar jika waktu yang disediakan untuk trading hanya 1 menit saja.

Pemula Sering Terjebak

Daya tarik yang membuat banyak orang terutama pemula dalam trading adalah kemudahan dalam mendapatkan akun trading dan juga malas belajar. Binary option ini hadir karena banyaknya orang yang tidak bisa melakukan trading forex karena minimnya modal yang mereka miliki. Dan binary option merupakan solusi bagi mereka yang ingin trading dengan modal minim. Untuk dapat trading di binary option anda hanya perlu mendepositkan uang sebesar 10$ saja.

Dengan modal yang minim tersebut, banyak sekali pemula yang tidak mau belajar dan ingin langsung terjun dengan menggunakan akun riil sehingga mereka tidak segan-segan mendepositkan uang dengan nominal terkecil yaitu 10$ saja. Namun pada akhirnya mereka akan mengalami kerugian. Karena trading bukan permainan, setiap trader wajib mempelajari sistem binary terbaik dan yang paling cocok bagi mereka agar sukses dalam trading binary option tersebut.

Namun tak jarang mereka masih tetap penasaran dan melakukan pengisian ulang deposit untuk melakukan trading. Terutama bagi mereka yang ingin menjadi kaya hanya dalam waktu yang sangat singkat. Tapi mereka lupa bahwa mereka tetap perlu mengisi pengetahuan tentang trading dan hal-hal apa saja yang perlu dipelajari agar sukses dalam trading. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan membuka akun riil, sebaiknya gunakan akun demo untuk berlatih. Pelajari teknik-teknik dalam trading, pelajari sistem trading saham, belajar iq option dan  trik iq option agar anda mengetahui cara Iq option bekerja sehingga anda berhasil menjadi seorang trader.

Pro Kontra Trading Binary

Binary Option memang menarik perhatian banyak orang, terutama saat sosok fenomenal Budi Setiawan yang selalu wara-wiri di berbagai platform sosial media mengiklankan salah satu broker binary option. Dan banyak sekali orang yang mulai penasaran apakah benar  kehidupan Budi Setiawan yang mengiklankan trading Binary seperti yang ada pada konten? Banyak orang yang penasaran dan banyak juga yang mencibir bahwa kehidupan aslinya tidak seperti itu, karena trading binary tidak semudah yang dibayangkan banyak orang.

Namun dengan adanya pro dan kontra tersebut, maka banyak orang mulai mencoba dan tertarik untuk trading Binary. Bahkan banyak dari mereka yang mencoba mencari panduan trading binary option di internet. Dan biasanya sebagian trader yang juga merupakan influencer mereka akan membuat konten khusus trading, memberikan gambaran tentang trading binary tersebut, sebagian dari mereka berhasil dan memberikan tanggapan positif tentang trading binary, namun ada sebagian dari mereka yang tidak menyarankan untuk trading binary.

Sampai saat ini pemerintah tidak memberikan izin kepada broker-broker binary untuk beroperasi di Indonesia. Salah satu alasan yang mendasarinya bahwa trading di binary menggunakan durasi yang sangat singkat. Dan sangat sulit untuk melakukan analisis pergerakan harga jika waktu trading dibatasi, misalnya hanya 1 menit saja. Bahkan trader profesional terkadang merubah strategi tradingnya jika harga pasar berbalik melawan dan mengancam kerugian. Tapi di binary option, trader tidak bisa meminimalisasi kerugian. Trading akan selesai dengan sendirinya sesuai batas waktu yang dipilih oleh trader sejak awal.

Instrumen Investasi Dengan Resiko Tinggi

Salah satu hal yang harus menjadi pertimbangan bagi seorang trader binary option adalah tingkat resikonya. Binary option merupakan instrumen investasi singkat dengan tingkat resiko yang sangat tinggi. Namun seperti biasa, investasi dengan resiko tinggi biasanya memberikan tingkat return yang tinggi pula. Sayangnya return yang tinggi tersebut bisa didapatkan oleh orang-orang yang benar-benar memiliki pengetahuan tentang trading. Bagi pemula atau orang yang hanya ingin coba-coba kecil kemungkinan untuk berhasil.

Investasi harus dipelajari, apapun instrumennya. Kita tidak bisa hanya ikut-ikutan saja, jika anda memang tidak memiliki cukup waktu untuk belajar, namun memiliki dana yang cukup untuk investasi, maka pilihlah instrumen investasi yang cukup aman, misalnya reksadana, dimana anda bisa melakukan investasi dan menyerahkan dana yang anda miliki untuk dikelola oleh seorang manajer investasi.

Jangan memilih instrumen investasi yang beresiko jika anda malas belajar karena kerugian pasti menanti anda. Pilihlah jenis investasi yang aman, masih banyak instrumen investasi dengan return yang lumayan namun resiko rendah seperti emas, properti, reksadana, leading, tabungan dan juga deposito. Bijaklah dalam berinvestasi dan memilih investasi, karena masa depan anda, ada di tangan anda dan instrumen investasi yang anda pilih.

Abdurrahman Wahid II

Abdurrahman sudah menggeluti dunia investasi dari tahun 2010 dan terus menggali pengetahuan di dunia investasi dan keuangan dari berbagai sumber.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock detected

Please, disable the adblocker. Otherwise, we will not be able to show all the beauty of the content on this page