Bursa & SahamInvestasi

Investasi Lewat Saham BUMN

Melirik beberapa saham BUMN yang bisa kamu miliki untuk investasi. Mencari tahu saham BUMN apa saja yang di jual di BEI dan yang tidak bisa kamu miliki karena tidak diprivatisasi oleh pemerintah.

Abdurrahman Wahid II

Berinvestasi memang merupakan hal yang harus dimulai sedini mungkin, agar anda bisa hidup lebih aman dan memiliki kebebasan finansial di masa yang akan datang. Saat ini mulai banyak orang yang melakukan investasi di berbagai bidang, membeli saham-saham BUMN merupakan cara yang cukup baik untuk investasi, terutama BUMN Tbk yang berarti saham BUMN tersebut boleh dibeli oleh semua orang. Daftar harga saham BUMN yang akan anda beli dapat anda lihat di BEI dan jika kode saham perusahaan BUMN yang anda cari tidak ada, kemungkinan perusahaan tersebut bukanlah perusahaan terbuka, sehingga sahamnya tidak diperjualbelikan, contoh kode saham BUMN yang tidak bisa anda temukan adalah kode saham Pertamina, kode saham PLN, kode saham PT. KAI, saham Angkasa Pura saham PTPN dan saham inalum di bursa tidak bisa anda temukan.

Di BUMN ada yang namanya saham mayoritas atau bahkan semua saham perusahaan itu dimiliki sepenuhnya oleh pemerintah seperti pemegang saham Pertamina, saham Hutama Karya, dimana perusahaan ini sahamnya tidak bisa dibeli. Saham pertamina sampai hari ini seluruhnya dimiliki oleh pemerintah, jadi jika kalian cari kode saham pertamina di BEI, anda tidak akan menemukannya. Kode saham PT Pertamina tidak pernah ada, grafik saham Pertamina juga tidak ada. Pertamina saham seluruhnya milik negara yang dikelola oleh pemerintah, jadi jangan pusing nyari nama saham pertamina di bursa lagi ya, karena memang tidak ada.

Beli Saham BUMN 

Meskipun ada beberapa saham BUMN yang tidak bisa dibeli, tidak perlu khawatir, karena daftar saham BUMN yang masih bisa dibeli juga masih banyak, bahkan saham tersebut termasuk saham BUMN terbaik dan juga saham BUMN termurah misalnya  saham wijaya karya beton, saham konstruksi bumn ini masih sangat murah dan bisa untuk investasi atau saham bukit asam hari ini juga masuk dalam jajaran daftar perusahaan bumn di BEI yang tergolong murah. Bukit Asam sahamnya layak dibeli saat ini karena harganya masih murah, ditambah  lagi perusahaan tambang BUMN menjadi salah satu pilihan perusahaan bagi investor untuk berinvestasi, harga saham PT Bukit Asam masih sekitar Rp.2.230 per lembarnya. Atau yang lebih murah lagi harga saham krakatau steel saat ini adalah Rp.490 saja pe lembarnya.

Jika anda ingin membeli beberapa saham  dari perusahaan BUMN di bursa, anda bisa melihat daftar perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI. Anda juga bisa melihat daftar kode saham dan daftar perusahaan terbuka di indonesia maupun mengenai perusahaan yang akan IPO 2021. Saat ini banyak sekali saham bumn yang mulai dialihkan dari pemerintah ke masyarakat umum proses ini disebut privatisasi. Perusahaan persero dimana modal perusahaan BUMN itu berbentuk saham dan sebagian modalnya dimiliki masyarakat dan sebagian besar lagi dimiliki negara negara.

Jadi setelah dilakukan privatisasi, banyak dari daftar perusahaan persero tersebut sahamnya bisa dibeli oleh semua orang. Misalnya saham Krakatau Steel dan saham Perusahaan Gas Negara. Namun ada banyak juga perusahaan BUMN yang tetap milik pemerintah seutuhnya, dan pemerintah tidak ada niat membuat perusahaan tersebut di privatisasi, mungkin dengan alasan bahwa perusahaan ini memang digunakan untuk melayani masyarakat seperti saham KAI atau PLN. Harga saham PLN memang tidak diketahui dan mencari pln idx juga tidak akan ditemukan karena bukan perusahaan terbuka dan PLN sahamnya tidak dijual. Jika anda ingin membeli saham Bank BUMN cari Bank BUMN yang terdaftar di BEI, karena banyak sekali daftar BUMN terbaik yang nama-nama sahamnya masuk dalam list BUMN yang bisa anda beli di bursa.

Jadi sebelum membeli saham, sebaiknya anda mengecek kode saham atau nama-nama saham tersedut di IDX, Perusahaan yang masuk list BUMN di BEI sahamnya bisa anda miliki, namun jika daftar nama saham yang anda inginkan tidak ada. Artinya perusahaan itu merupakan perusahaan tertutup, jadi anda tidak akan bisa membeli sahamnya. Karena ada banyak BUMN yang seluruh sahamnya dimiliki pemerintah, salah satunya yaitu Perusahaan Listrik Negara.

Abdurrahman Wahid II

Abdurrahman sudah menggeluti dunia investasi dari tahun 2010 dan terus menggali pengetahuan di dunia investasi dan keuangan dari berbagai sumber.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock detected

Please, disable the adblocker. Otherwise, we will not be able to show all the beauty of the content on this page