Crypto exchange coinmarketsMata uang kripto

Mari Mengenal Ethereum Classic

Mengenal lebih jauh tentang Ethereum classic dan sejarah tentang etherium classic. Dan juga bagaimana Ethereum classic tersebut bisa terbentuk sehingga menjadi salah satu cryptocurrency yang cukup terkenal saat ini.

Ethereum Classic dan Sejarahnya

Jika kita berbicara tentang ethereum classic, maka tidak akan lepas dari sejarahnya yang berkaitan erat dengan The DAO. The Dao adalah sebuah perusahaan yang menjalankan kegiatan organisasi yang terdesentralisasi dan berjalan dengan menggunakan kode dan program tertentu. Dan dari the Dao inilah terciptanya ethereum classic, dan perusahaan ini sudah terstruktur oleh sebuah program, jadi saat melakukan pengambilan keputusan The DAO sama sekali tidak membutuhkan seorang pimpinan dan dokumen tertentu yang lazimnya pada sebuah perusahaan. Langkah yang diambil oleh DAO yaitu :

  1. Untuk menjalankan sebuah perusahaan, para developer akan menciptakan smart contract program.
  2. Sistem IPC atau Initial coin offering adalah salah satu langkah yang digunakan untuk memperoleh dana, dan para investor bisa menyetorkan dana yang mereka miliki dan ditukar dengan jumlah coin tertentu sebagai bukti kepemilikan perusahaan.
  3. Setelah ICO berhasil dan perusahaan mendapatkan dana baru perusahaan DAO mulai beroperasi.
  4. Dan setiap dana yang digunakan dari hasil penjualan coin tersebut harus dengan persetujuan para anggota dan dilakukan secara voting. Dana tersebut biasanya digunakan untung mengembangkan projek-projek perusahaan.

Sejak 30 April 2016 DAO mulai melakukan ICO dan memilih platform Ethereum dan berlangsung selama 28 hari. Bahkan ICO ini dianggap cukup berhasil dan bisa mengumpulkan dana sekitar 150 juta USD dan diikuti oleh lebih dari 11 ribu partisipan, meskipun saat ICO ini berlangsung banyak ahli yang mengatakan bahwa pemrograman sangat rentang dengan hacking dan masih banyak kelemahan di dalamnya.

Harga Ethereum Classic dan Cara Membelinya

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membeli Ethereum dengan mudah.

Agharta sebagai hard fork ethereum classic
Agharta sebagai hard fork ethereum classic

Menggunakan Rupiah 

Bagi anda yang tinggal di kawasan Indonesia, salah satu cara untuk membeli Ethereum Classic  di Indodax. Adapun beberapa langkah yang harus dilakukan adalah:

  • Memiliki akun di Indodax dengan melakukan pendaftaran.
  • Lakukan verifikasi melalui email dan juga gunakan kartu identitas anda seperti KTP atau passport.
  • Lakukan deposit dengan mentransfer sejumlah uang ke platform tersebut.

Setelah aku anda sudah siap digunakan dan deposit berhasil masuk ke akun anda, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah :

  • Klik “Spot Market”
  • Kemudian carilah pasangan aset ETC/IDR dalam daftar IDR market.
  • Lakukan pembelian Ethereum sesuai dengan harga atau price yang sedang berlaku di market.
  • Ikuti langkah – langkah yang ada dan melakukan konfirmasi atas pembelian Ethereum classic yang anda lakukan.

Menggunakan Cryptocurrency Lainnya

Jika anda sudah memiliki mata uang kripto seperti bitcoin, Theter (USDT) dan mata uang jenis blockchain lainnya, maka akan lebih mudah bagi anda untuk membeli Ethereum classic. Anda hanya membutuhkan exchanger seperti Binance, Toko Crypto maupun Indodax. Anda hanya perlu melakukan pembelian sesuai dengan pasangan aset yang anda miliki, misalnya anda memiliki Theter (USDT) maka anda hanya perlu mencari pasangan USDT – ETC.

Ethereum Classic koin
Ethereum Classic koin

Menyimpan Ethereum Classic Dengan Aman

Untuk menyimpan ethereum classic dengan aman maka anda membutuhkan ethereum classic wallet. Dan dengan memiliki private key maka anda memiliki tanggung jawab terhadap keamanan dompet ethereum anda. Ada banyak sekali pilihan dompet yang bisa anda gunakan untuk menyimpan Ethereum Classic anda. Dan untuk melakukan trading sebaiknya anda selalu update terhadap Ethereum Classic News agar anda bisa menjual dan membeli diwaktu yang tepat. Untuk menyimpan Ethereum Classic anda agar aman, anda bisa menggunakan Hardware dompet seperti Ledger dan Trezor.

Video Tentang Ethereum Classic VS Ethereum 

Untuk memahami lebih jauh tentang Ethereum Classic dan juga Ethereum anda bisa menonton Videonya secara lengkap melalui link berikut ini

Ethereum Classic dan Hasil Percabangan Dari Ethereum

Jika banyak dari kalian yang masih bingun tentang apa itu ETC? ETC atau Ethereum Classic merupakan rantai asli dengan semua kekurangan yang ada tanpa adanya perubahan sama sekali. Kapitalisasi pasar saat ini berada pada urutan ke 16 berdasarkan website Coinmarketcap.com dengan harga saat artikel ini ditulis ada di kisaran 71$ perkepingnya. Meskipun ETC memiliki jumlah yang sama besar dengan ETH atau Ethereum namun perbedaan diantara keduanya tetap ada, karena pengembang asli dari Ethereum Classic sudah meninggalkannya untuk sebuah rantai baru. Dan baik Ethereum maupun Ethereum Classic tentu memiliki masing-masing penggemarnya dan sepertinya persaingan keduanya masih sama-sama kuat.

DAO – Decentralised Autonomous Organisation

Dao merupakan sebuah organisasi yang sudah terdesentralisasi, yang tujuannya adalah sebagai penyedia dana untuk pengembangan aplikasi yang terdesentralisasi melalui jaringan Ethereum. Platform ini didasarkan dari smart contract dimana sebuah perjanjian antara dua belah pihak atau lebih yang sudah diprogramkan. Karena semua aktivitas terkait pengembangan harus melalui voting dari para anggotanya, maka untuk menjadi anggota dan memiliki hak suara, anda harus memiliki Token DAO, dan token ini bisa dibeli dengan menggunakan mata uang crypto Ethereum asli. 

Peretasan DAO

Peretasan DAO pernah terjadi, tak tanggung-tanggung sepertiga dana yang tersimpan dalam kotak pintar DAO berhasil dicuri. Jumlahnya sekitar 50$ dolar, Jumlah yang tidak sedikit tentunya. Jadi untuk meninggalkan kontrak DAO ada 2 tahapan yang harus dilalui yaitu pengguna akan menerima koin ETH yang sudah disumbangkan sebelumnya, lalu transaksi ini baru dicatat di buku besar, namun sebelum transaksi tersebut berhasil dicatat, peretas berhasil menarik sejumlah ETH yang disumbangkannya dan ini terjadi berulang-ulang.

Sistem DAO yang ada pada Ethereum
Sistem DAO yang ada pada Ethereum

Peretasan DAO Dan Hal Apa Yang Bisa Dilakukan

Banyak orang yang berpikir bahwa serangan peretas terhadap DAO menjadi akhir bagi Ethereum. Bahkan mereka menjualnya saat harga EThereum anjlok sampai 20$ perkepingnya. Dan komunitas Ethereum melakukan diskusi dan mendapatan 3 pendekatan yang bisa dilakukan yaitu : 

  1. Survival Of Fittest

Hal ini berarti yang kuat yang akan menang, maka hal terbaik adalah tidak melakukan apapun dan ideologi yang digunakan yaitu “Kode adalah hukum”, jadi jika anda membuat suatu kode buruk, maka anda akan dihukum.

  1. Percabangan Lunak (Soft Fork)

Sebenarnya Ethereum Classic memang ditujukan untuk pengguna pemula yang ingin memahami tentang Ethereum, Classic adalah masa lampau jadi mempelajari tentang soft fork merupakan langkah awal yang memang harus dilakukan. 

  1. Percabangan Keras (Hard Fork)

Ethereum memang terdiri dari ETC hard fork dan Soft Fork. Apa itu hard fork? ETC hardfork digunakan untuk merubah blockchain yang ada pada ethereum dan blockchain apapun. Hardfork yang ada pada jaringan Ethereum digunakan untuk membagi blockchain. Dengan terbaginya blockchain ini maka rantai lama dan rantai baru tidak akan sama lagi. 

Kontroversi Percabangan Ethereum

Ide dibalik percabangan Ethereum ini hadir berasal dari komunitas Ethereum sendiri. Hal ini dilakukan agar tidak ada otoritas tunggal yang bisa mengendalikannya. Dengan ideologi bahwa kode adalah hukum maka mereka tetap memutuskan untuk menggunakan software lama atau EThereum Classic. Sedangkan bagi komunitas yang menuntut untuk pengembalian dana atas serangan DAO yang pernah terjadi beralih ke rantai baru yang saat ini kita kenal dengan ETH atau Ethereum.

Ethereum (ETH)

ETH menjadi mata uang kripto dengan kapitalisasi no 2 terbesar setelah bitcoin. Harga satu koin ETH ini sekarang berada di kisaran harga 3.100$ perkepingnya. Dan hal ini tentu sangat berbeda jauh dengan ETC atau EThereum Classic. Kapitalisasi Ethereum saat ini sebesar $370,015,009,647. Sedangkan ETC atau Ethereum Classic hanya sebesar $9,165,270,901 saja.

Perbandingan kekuatan ETH vs ETC
Perbandingan kekuatan ETH vs ETC

Kekuatan Ethereum dan Ethereum Classic

Berikut ini beberapa kekuatan yang dimiliki oleh Ethereum dan juga Ethereum Classic yaitu :

ETH (Ethereum)

  1. Pengembangnya masih berkomitmen atas roadmap awal.
  2. Tingkatan Hashnya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan ETC.
  3. Enterprise Ethereum Alliance adalah kelompok perusahaan besar di dunia bahkan bank-bank di dunia juga banyak yang ikut bereksperimen dengan jaringan Ethereum.

Ethereum Classic

  1. Tetap setia pada visi aslinya.
  2. Investor memiliki potensi sangat tinggi meskipun investasi di proyek yang juga tinggi resikonya. Barry Silbert dari Grayscale Investment Trust menjadi tokoh yang cukup berpengaruh di proyek ini.
Koin Ethereum Classic dan juga Ethereum
Koin Ethereum Classic dan juga Ethereum

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas, sekarang anda sudah mengetahui perbedaan antara kedua koin ini. Meskipun berasal dari tempat yang sama, nampaknya Ethereum saat ini jauh lebih besar dibandingkan Ethereum Classic, meskipun Ethereum Classic lebih dulu diciptakan. Semoga pembahasan tentang Ethereum Classic dan juga Ethereum ini bisa menambah pengetahuan anda tentang cryptocurrency.

Abdurrahman Wahid II

Abdurrahman sudah menggeluti dunia investasi dari tahun 2010 dan terus menggali pengetahuan di dunia investasi dan keuangan dari berbagai sumber.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock detected

Please, disable the adblocker. Otherwise, we will not be able to show all the beauty of the content on this page