Berita

Ahok Mengaku Merugi, 3 Anak Perusahaan Pertamina Berniat Melantai di Bursa Tahun Ini

Pertamina dikabarkan merugi sebesar 11 triliun rupiah tahun lalu yang diakibatkan oleh pandemi Covid 19. Dan saham pertamina sepenuhnya dipegang oleh pemerintah, namun 3 anak perusahaannya berencana IPO dan melisting sahamnya di bursa.

Perusahaan Terkemuka

Nama Perusahaan pertamina semakin mentereng setelah mantan Bupati DKI Jakarta masuk ke jajaran komisaris perusahaan energi tersebut. Seperti yang kita tahu, bahwa PT. Pertamina (Persero) adalah perusahaan energi milik pemerintah dan sampai saat ini harga saham pertamina tidak diketahui karena tidak ada pemegang saham pertamina. Saham pertamina Tbk tidak terlisting di bursa karena perusahaan ini bukan perusahaan terbuka atau Tbk. Jadi jika anda mempertanyakan harga saham pertamina hari ini atau harga saham pertamina per lot, dan cara membeli saham pertamina maka jawabannya tidak ada, karena sahamnya tidak dijual untuk umum.

Namun bagi anda penggemar saham energi, ada berita menarik yaitu pertamina melalui anak perusahaannya akan melakukan IPO, jadi jangan salah paham, buka IPO saham Pertamina, tapi anak perusahaannya, jadi bagi anda yang berharap menjadi pemegang saham PT. Pertamina. Saham PT. Pertamina memang tidak bisa anda beli dan harga saham pertamina 2020 juga tidak diketahui, namun tahukah anda bahwa Pertamina malah menjadi pemilik saham TPPI, bahkan 51% saham dikuasainya dari perusahaan tersebut.

Mengapa Saham Pertamina Tidak Dijual?

Pertamina sampai saat ini Pertamina masih menjadi perseroan tertutup. Jadi anda tidak akan menemukan harga saham Pertamina Tbk. Tbk yang tersemat diberbagai nama perusahaan itu menjadi sebuah kode bahwa saham perusahaan tersebut bisa dibeli masyarakat. Jadi Pertamina Tbk sampai saat ini tidak ada ya. Jadi tidak ada alasan bilang pertamina mau dijual karena kalian tentu sudah mengetahui Pertamina milik siapa? Ya, sepenuhnya milik pemerintah kita. Lantas mengapa saham pertamina tidak dijual? Padahal banyak juga orang yang tertarik untuk membeli sahamnya.

Hal ini terbukti bahwa hasil pencarian di google tidak jauh-jauh dari pertanyaan seputar saham pertamina, seperti harga saham pertamina 2020, harga saham pertamina per lot, dan bahkan mereka mencari kode saham PT Pertamina. Sampai jungkir balik pun kalian tidak akan bisa menemukan kode saham pertamina. Karena kode pertamina itu tidak ada. Kode itu akan ada jika perusahaan ini merubah kepemilikan perusahaan dari tertutup menjadi terbuka, sehingga listing saham pertamina IDX bisa ditemukan. Dan jika itu terjadi maka mungkin harga 1 lot saham pertamina juga bisa jadi tinggi karena harga saham pertamina per lembarnya juga bisa jadi tinggi, Ambisi masyarakat yang ingin memiliki saham pertamina juga menjadi pertimbangan PT Pertamina yang hingga saat ini tidak menjual sahamnya ke publik.

Perusahaan plat merah ini akan sangat sensitif jika terbuka untuk umum, karena banyak sekali gosip beredar keterkaitan dengan mafia migas hingga pertamina di jual. Padahal Pertamina tidak dijual sampai saat ini. Pemilik saham pertamina adalah Pemerintah. Namun melalui anak perusahaannya, pertamina berencana melakukan IPO untuk anak perusahaannya tersebut. Pakar saham Indonesia juga menyambut baik keinginan pertamina belanja investor untuk anak perusahaannya. Tapi perlu digaris bawahi, saham anak perusahaan pertamina yang akan dijual, bukan saham pertamina dijual. Jadi jangan mencari tahu lagi tentang kode pertamina, harga saham pertamina hari ini atau harga saham PT Pertamina ya, karena itu tidak ada.

Tapi masih banyak kok perusahaan energi yang menjual sahamnya ke publik, dan anda juga bisa memilikinya dengan mudah. Tidak usah terlalu berambisi dengan saham BUMN saja. Tapi masih banyak juga saham BUMN yang terdaftar di Bursa, seperti dari sektor keuangan dan perbankan, Bank BRI, Bank Mandiri dan Bank BNI sahamnya sudah terlisting di bursa, anda bisa memilikinya kapanpun anda mau. Atau menunggu sampai pertamina berhasil melakukan IPO atas beberapa anak perusahaannya ke bursa? Hal ini boleh juga, sambil menunggu pertamina melakukan IPO untuk beberapa anak perusahaannya, anda juga bisa mencari tahu tentang anak perusahaannya tersebut, bocorannya dari pak Erik Tohir, tahun ini baru 2 perusahaan yang akan IPO, yang 2 lagi mungkin tahun depan. Ayo pilih saham PT Pertamina Geothermal Energy atau PT Pertamina International Shipping (PIS)?

Abdurrahman Wahid II

Abdurrahman sudah menggeluti dunia investasi dari tahun 2010 dan terus menggali pengetahuan di dunia investasi dan keuangan dari berbagai sumber.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button